Main Article Content

Abstract

Pembelajaran di sekolah dasar kelas rendah membutuhkan motivasi yang tinggi. Pendidikan
di klas rendah ini innovasi dan kreatifitas sangat di perlukan untuk mewujudkan motivasi,
innovasi dan kreatifitas tersebut diperlukan berupa pendampingan pada guru sekolah dasar
dengan metode pembelajaran PAIKEM GEMBROT. Sistem pembelajaran PAIKEM GEMBROT
merupakan pembelajaran yang menyenangkan dengan media yang sederhana dan mudah
diadakan yaitu dengan media kertas atau semacamnya yang dibentuk dan dipotong sesuai
kreasi dan innovasi guru agar dapat menarik bagi siswa, kemudian diberi tulisan yang terdiri
dari satu kata saja dalam pokok bahasan tertentu kemudian kata tersebut dicari makna,
sinonim, antonim dan lain-lain, kemudian dilakukan berpasangan dimana siswa yang satu
mencari pasangan dengan siswa yang lain dipandu dan atau diawasi oleh guru di klas
rendah tersebut, Jadi intinya membantu siswa mempermudah pemahaman materi pokok
bahasan atau sub pokok bahasan sehingga siswa dapat memahami pokok bahasan tersebut
dan guru dapat mencapai tujuan pembelajaran pada pokok bahasan tersebut

Keywords

Pembelajaran di Kelas Rendah Bebasis Paikem Gembrot

Article Details

References

  1. Ahmad Muhsin Amrin. 2009. Cara
  2. Belajar Cerdas Dan Efektif, Bukan
  3. CAKRAWALA: Jurnal Penelitian dan Wacana Pendidikan
  4. Vol. 10, N0. 1. Mei 2016
  5. 29
  6. Keras Dan Melelahkan, Jogjakarta:
  7. Garai Ilmu
  8. Lif Khoiru Ahmadi & Sofan Amri.
  9. 2011. Paikem Gembrot. Jakarta :
  10. Prestasi Pustaka.
  11. I Nyoman Sudiana. 2006. Interaksi
  12. Belajar Mengajar Bahasa Dan
  13. Sastra Indonesia, Jakarta: PT.
  14. Alfina Primatama
  15. Isjoni. 2010. Cooperative Learning,
  16. Bandung: Alfabeta
  17. Muslim, Faisol. Jiyono. Masjudi. dan
  18. Bellen. 2001. Orientasi Program
  19. Manajemen Berbasis Sekolah
  20. (MBS). Jakarta:Unesco,-UnicefDepdiknas.
  21. Nana Syaodih Sukmadinata. 2005.
  22. Landasan Psikologi Proses
  23. Pendidikan Bandung: Remaja
  24. Rosda Karya
  25. Suparlan, dkk. 2008. Pembelajaran
  26. Aktif, Kreatif, Efektif, dan
  27. Menyenangkan. Bandung: PT.
  28. Genesindo
  29. Trianto. 2005. Model Pembelajaran
  30. Terpadu dalam Teori dan Praktik,
  31. Jakarta : Prestasi Pustaka.
  32. Utami, Dwi Tyas. 2010. Panduan
  33. PAIKEM PKn SD, Jakarta : Erlangga

Most read articles by the same author(s)