Main Article Content

Abstract

Lingkungan belajar merupakan manifestasi mahasiswa dalam proses belajar. Kecerdasan emosional melatih kemampuan
mahasiswa untuk mengelola perasaannya, memotivasi dirinya, kesanggupan untuk tegar dalam menghadapi frustasi,
kesanggupan mengendalikan dorongan dan menunda kepuasaan sesaat, mengatur suasana hati yang reaktif, serta mampu
berempati dan bekerja sama dengan orang lain sehingga dapat mendukung seorang mahasiswa untuk menghadapi stres
kuliah dan mencapai tujuan serta cita-citanya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah lingkungan belajar dan
kecerdasan emosional mahasiswa berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap stres kuliah pada mahasiswa
Pendidikan Ekonomi, FKIP-UPS Tegal.Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa FKIP-Universitas Pancasakti Tegal.
Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Responden penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII
(delapan) sebanyak 87 mahasiswa yang tersebar pada tiga kelas. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan alat
statistik, yaitu uji F untuk mengetahui secara keseluruhan pengaruh dari semua variabel independent secara simultan
tehadap variabel dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Belajar dan Kecerdasan Emosional secara
simultan berpengaruh terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti
Tegal. Pengujian ini menunjukkan hasil yang signifikan dan berarti dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar yang baik
dapat mengurangi stres kuliah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap stres kuliah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP
Universitas Pancasakti Tega

Keywords

Lingkungan Belajar Kecerdasan Emosional Stres Kuliah

Article Details

References

  1. Ariyanti, Ika M P 2005, Pengaruh Kecerdasan
  2. Emosional Mahasiswa Akuntansi
  3. Terhadap Stres Kuliah, Skripsi Fakultas
  4. Ekonomi, UPN “Veteran”, Yogyakarta.
  5. Bulo, William 2002, Pengaruh Tingkat
  6. Pendidikan Tinggi Terhadap
  7. Kecerdasan Emosional, Skripsi Fakultas
  8. Ekonomi, Universitas Gadjah Mada,
  9. Yogyakarta
  10. Cooper, R.K. dan Sawaf A 1998, Executive EQ:
  11. Kecerdasan emosional dalam
  12. Kepemimpinan Organisasi,
  13. (Terjemahan T. Hermaya), Jakarta: PT
  14. Gramedia Pustaka Utama.
  15. Goleman, Daniel 2000, Working With Emotional
  16. Intelegence, (Terjemahan Alex Tri
  17. Kantjono W) Jakarta: PT Gramedia
  18. Pustaka Utama.
  19. Handoko, T. Hani 2000, Manajemen Personalia
  20. dan Sumberdaya Manusia, Edisi 2,
  21. Yogyakarta: BPFE.
  22. Hanifah, Syukriy Abdullah 2001, Pengaruh
  23. Perilaku Belajar Terhadap Prestasi
  24. Akademik Mahasiswa Akuntansi, Media
  25. Riset Akuntansi, Auditing dan
  26. Informasi, Volume 1, No. 3, 63-86.
  27. Hardjana, Agus 1994, Stres Tanpa Distres,
  28. Yogyakarta: Kanisius.
  29. Juliana 2004, Pengaruh Kecerdasan Emotional
  30. Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa
  31. Akuntansi, Skripsi Fakultas Ekonomi,
  32. UPN “Veteran”, Yogyakarta.
  33. Singgih, Santoso 2001, SPSS Versi 10.0
  34. Mengelola Data Statistik Secara
  35. Profesional, Jakarta: PT Gramedia
  36. Pustaka Utama.
  37. Sugiyono 1991, Metode Penelitian Bisnis,
  38. Bandung: Alfabeta.
  39. Suryaningsum, Sri, Sucahyo Heriningsih dan
  40. Afifah Afuwah (2004), Pengaruh
  41. Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap
  42. Kecerdasan Emosional Mahasiswa, SNA
  43. VII, Denpasar Bali.
  44. Suryaningsum, Sri, Sucahyo Heriningsih 2005
  45. Kajian Empiris Atas Pengaruh
  46. Kecerdasan Emosional Mahasiswa
  47. Akuntansi Terhadap Stres Kuliah,
  48. Siposium Nasional Mahasiswa Dan
  49. Alumni Pascasarjana Ilmu-Ilmu
  50. Ekonomi, MM UGM.
  51. Sutrisno, Hadi 1991, Statistika, Edisi ke 6, Jilid
  52. ke 2, Yayasan Penerbitan Fakultas
  53. Psikologi Universitas Gadjah Mada,
  54. Yogyakarta.
  55. Suwardjono 1991, Perilaku Belajar di Perguruan
  56. Tinggi, Jurnal Akuntansi, edisi Maret,
  57. Yogyakarta: STIE YKPN.
  58. Trisnawati, Eka Indah. Suryaningsum, Sri.
  59. 2003, Pengaruh Kecerdasan Emosional
  60. Terhadap Tingkat Pemahaman
  61. Akuntansi, SNA VI, Surabaya.
  62. Yulianti 2002, Kecerdasan Emosional dan Stres
  63. Kerja, Tesis. Pascasarjana. MM UGM.