Main Article Content
Abstract
Lingkungan belajar merupakan manifestasi mahasiswa dalam proses belajar. Kecerdasan emosional melatih kemampuan
mahasiswa untuk mengelola perasaannya, memotivasi dirinya, kesanggupan untuk tegar dalam menghadapi frustasi,
kesanggupan mengendalikan dorongan dan menunda kepuasaan sesaat, mengatur suasana hati yang reaktif, serta mampu
berempati dan bekerja sama dengan orang lain sehingga dapat mendukung seorang mahasiswa untuk menghadapi stres
kuliah dan mencapai tujuan serta cita-citanya.Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah lingkungan belajar dan
kecerdasan emosional mahasiswa berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap stres kuliah pada mahasiswa
Pendidikan Ekonomi, FKIP-UPS Tegal.Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa FKIP-Universitas Pancasakti Tegal.
Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Responden penelitian ini adalah mahasiswa semester VIII
(delapan) sebanyak 87 mahasiswa yang tersebar pada tiga kelas. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan alat
statistik, yaitu uji F untuk mengetahui secara keseluruhan pengaruh dari semua variabel independent secara simultan
tehadap variabel dependent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Belajar dan Kecerdasan Emosional secara
simultan berpengaruh terhadap Stres Kuliah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti
Tegal. Pengujian ini menunjukkan hasil yang signifikan dan berarti dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar yang baik
dapat mengurangi stres kuliah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal.
Kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap stres kuliah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP
Universitas Pancasakti Tega
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Ariyanti, Ika M P 2005, Pengaruh Kecerdasan
- Emosional Mahasiswa Akuntansi
- Terhadap Stres Kuliah, Skripsi Fakultas
- Ekonomi, UPN “Veteran”, Yogyakarta.
- Bulo, William 2002, Pengaruh Tingkat
- Pendidikan Tinggi Terhadap
- Kecerdasan Emosional, Skripsi Fakultas
- Ekonomi, Universitas Gadjah Mada,
- Yogyakarta
- Cooper, R.K. dan Sawaf A 1998, Executive EQ:
- Kecerdasan emosional dalam
- Kepemimpinan Organisasi,
- (Terjemahan T. Hermaya), Jakarta: PT
- Gramedia Pustaka Utama.
- Goleman, Daniel 2000, Working With Emotional
- Intelegence, (Terjemahan Alex Tri
- Kantjono W) Jakarta: PT Gramedia
- Pustaka Utama.
- Handoko, T. Hani 2000, Manajemen Personalia
- dan Sumberdaya Manusia, Edisi 2,
- Yogyakarta: BPFE.
- Hanifah, Syukriy Abdullah 2001, Pengaruh
- Perilaku Belajar Terhadap Prestasi
- Akademik Mahasiswa Akuntansi, Media
- Riset Akuntansi, Auditing dan
- Informasi, Volume 1, No. 3, 63-86.
- Hardjana, Agus 1994, Stres Tanpa Distres,
- Yogyakarta: Kanisius.
- Juliana 2004, Pengaruh Kecerdasan Emotional
- Terhadap Perilaku Etis Mahasiswa
- Akuntansi, Skripsi Fakultas Ekonomi,
- UPN “Veteran”, Yogyakarta.
- Singgih, Santoso 2001, SPSS Versi 10.0
- Mengelola Data Statistik Secara
- Profesional, Jakarta: PT Gramedia
- Pustaka Utama.
- Sugiyono 1991, Metode Penelitian Bisnis,
- Bandung: Alfabeta.
- Suryaningsum, Sri, Sucahyo Heriningsih dan
- Afifah Afuwah (2004), Pengaruh
- Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap
- Kecerdasan Emosional Mahasiswa, SNA
- VII, Denpasar Bali.
- Suryaningsum, Sri, Sucahyo Heriningsih 2005
- Kajian Empiris Atas Pengaruh
- Kecerdasan Emosional Mahasiswa
- Akuntansi Terhadap Stres Kuliah,
- Siposium Nasional Mahasiswa Dan
- Alumni Pascasarjana Ilmu-Ilmu
- Ekonomi, MM UGM.
- Sutrisno, Hadi 1991, Statistika, Edisi ke 6, Jilid
- ke 2, Yayasan Penerbitan Fakultas
- Psikologi Universitas Gadjah Mada,
- Yogyakarta.
- Suwardjono 1991, Perilaku Belajar di Perguruan
- Tinggi, Jurnal Akuntansi, edisi Maret,
- Yogyakarta: STIE YKPN.
- Trisnawati, Eka Indah. Suryaningsum, Sri.
- 2003, Pengaruh Kecerdasan Emosional
- Terhadap Tingkat Pemahaman
- Akuntansi, SNA VI, Surabaya.
- Yulianti 2002, Kecerdasan Emosional dan Stres
- Kerja, Tesis. Pascasarjana. MM UGM.