Validitas Modul Ajar IPA Terintegrasi dengan Permainan "Egrang Batok Kelapa" Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi
Main Article Content
Abstract
Adanya keterbaruan bentuk rencana pembelajaran berupa modul ajar serta adanya proses pembelajaran berdiferensiasi pada penerapan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka. Pembelajaran pada kurikulum merdeka memastikan proses pembelajaran berpusat pada peserta didik. Salah satu point penting dalam kurikulum merdeka yaitu modul ajar. Modul ajar berperan penting dalam keberhasilan proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kelayakan modul ajar ipa terintegrasi dengan permainan “egrang batok kelapa” berbasis pembelajaran berdiferensiasi. Metode penelitian ini merupakan perancangan tahap awal dari kegiatan Research and Development (R&D). Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif yang mengacu pada model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yang diperoleh skor dari lembar validasi yang memperoleh rata-rata persentase akhir sebesar 93,3% dengan kriteria sangat layak, nilai reliabilitas sangat tinggi sebesar 967,3%, hasil uji kepraktisan memperoleh persentase sebesar 94%, serta hasil uji keterbacaan oleh peserta didik memperoleh persentase 98%dan data kualitatif diperoleh dari saran dan masukan dari validator. Beradasarkan penilaian validator menyatakan bahwa modul ajar IPA terintegrasi dengan permainan “Egrang Batok Kelapa” berbasis pembelajaran berdiferensiasi layak sebagai modul ajar proses pembelajaran IPA peserta didik kelas VIII SMP/MTs.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Alanur, S. N., Jamaludiin, J., & Amus, S. (2023). Analiisiis Profiil Peilajar Pancasiila Dalam Buku Teiks Peindiidiikan Pancasiila Dan Keiwarganeigaraan Kuriikulum Meirdeika. Jurnal Peindiidiikan Keiwarganeigaraan, 7(1), 179–190. https://doii.org/10.31571/jpkn.v7ii1.5787
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101. https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2960
Barsiihanor, Hafiiz, A., KMR, G. N., & Budii, Ii. S. (2020). Peimbuatan Meidiia Peimbeilajaran Pop Up Book Bagii Guru Madrasah Iibtiidaiiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiirii), 4(4), 588–594. http://journal.ummat.ac.iid/iindeix.php/jmm
Bua, M. T., & Saputra, A. (2023). Peingeimbangan Modul Peimbeilajaran Beirbasiis Keiariifan Lokal pada Mata Kuliiah Keiteirampiilan Meinuliis dan Meimbaca SD. Jurnal Peimiikiiran dan Peingeimbangan Seikolah Dasar (JP2SD), 11(2), 196-208.
Cholilah, Mulik, Anggi Gratia Putri Tatuwo, Komariah, and Shinta Prima Rosdiana.2023. “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. ”Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran 1(02):56–67.doi:10.58812/spp.v1i02.110.
Deiwii, O. A., Hayatii, L., Hiikmah, N., & Sarjana, K. (2022). Peingeimbangan Bahan Ajar Iinteiraktiif Beirbasiis Canva Pada Mateirii Liingkaran. Journal of Classroom Actiion Reiseiarch, 5(3), 162–169. http://jppiipa.unram.ac.iid/iindeix.php/jcar/iindeix
Fadhliiana, & eit al. (2023). Analiisiis Niilaii-Niilaii Motiivasii Beilajar Pada Buku Siiswa Teima 4 Keiwajiiban Dan Hakku Keilas IiIiIi Madrasah Iibtiidaiiyah Teirbiitan Keimeinteiriian Peindiidiikan Dan Keibudayaan. Journal of Eiducatiional and Languagei Reiseiarch, 2, 911–924. https://bajangjournal.com/iindeix.php/JOEiL/artiiclei/viieiw/4796/3546
Fitri, A., Efriyanti, L., & Silmi, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Digital Informatika Jaringan Komputer Dan Internet Menggunakan Canva Di Sman 1 Harau. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 33-38.
Giyartini, R., Setiadi, P. M., Gandana, G., & Ayuningtias, A. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Tari Terpadu Berbasis Permainan Tradisional Sebagai Upaya Konservasi Local Indigenous Di Sekolah Indonesia Bangkok. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4082-4090.
Iirmawatii, Ii., Syahmanii, S., & Yuliinda, R. (2021). Peingeimbangan Modul IiPA Pada Mateirii Siisteim Organ Dan Organiismei Beirbasiis STEiM-Iinkuiirii untuk Meiniingkatkan Liiteirasii Saiins. Journal of Matheimatiics Sciieincei and Computeir Eiducatiion, 1(2), 64. https://doii.org/10.20527/jmsceidu.v1ii2.4048
Januartii, L., ‘Ardhuha, J., Veirawatii, N. N. S. P., & Gunawan, G. (2023). Valiidiitas Peirangkat Peimbeilajaran Beirbasiis Modeil Koopeiratiif Tiipei Group Iinveistiigatiion untuk Meiniingkatkan Hasiil Beilajar Fiisiika Peiseirta Diidiik. Eimpiiriiciism Journal, 4(1), 1–7. https://doii.org/10.36312/eij.v4ii1.1107
Jihan, I., Asbari, M., & Nurhafifah, S. (2023). Quo Vadis Pendidikan Indonesia : Kurikulum Berubah , Pendidikan Membaik ? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 02(05), 17–23.Kamar, K., Asbari, M., Purwanto, A., Nurhayati, W., Agistiawati, E., & Sudiyono, R. N. (2020). Membangun Karakter
Siswa Sekolah Dasar Melalui Praktek Pola Asuh Orang Tua Berdasarkan Genetic Personality. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 75. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.10196
Kahfi, A. (2020). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151.
Mahmudah, Istiyati, Sulistyowati Sulistyowati, and Jasiah Jasiah.2023. “Pendampingan Persiapan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di MI Fathul Iman Palangka Raya. ”Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia 3(2):727–32.doi:10.54082/jamsi.734.
Marsela, J., Kusriyah, M., Danil, M., Gadink, M., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Kelayakan Kegrafikan dalam Buku Teks Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas XII Kurikulum 2013 Revisi Terbitan Erlangga. Sajak: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Sastra, Bahasa, dan Pendidikan, 1(1), 168-177.
Millah, ES, Budipramana, LS, dan Isnawati. (2012). Pengembangan Buku Ajar Materi Bioteklogi di Kelas XII SMA IPIEMS Surabaya Berorientasi Sains, Teknologi, Lingkungan, dan Masyarakat (SETS). Jurnal Bio Edu, 1(1), 19-24
Mustiika, D., Hiidayat, B., Juliia Liingga, L., & Fajar Adii Putra, R. (2023). Peimbuatan Modul Ajar Kuriikulum Meirdeika Bagii Guru Seikolah Dasar Kota Peikanbaru. Jurnal Peingabdiian Masyarakat, 3(1), 109–115.
Ningrum, M., & Andriani, R. (2023). Kurikulum merdeka belajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi di Madrasah Ibtidaiyah. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 85-100.
Niingtyas, A. S., Triiwahyuniingtyas, D., & Rahayu, S. (2020). Peingeimbangan Ei-Modul Bangun Datar Seideirhana Beirbasiis Probleim Baseid Leiarniing (PBL) Meinggunakan Apliikasii Kvsoft Fliipbook Makeir Untuk Siiswa Keilas IiIiIi. Seimiinar Nasiional PGSD UNIiKAMA, 4, 10–19. https://confeireincei.uniikama.ac.iid/artiikeil/
Nopeirii, H., Sarwanto, S., & Amiinah, N. S. (2021). Peingeimbangan Modul Iilustratiif Beirbasiis Iinkuiirii Teirbiimbiing Beirmuatan Peindiidiikan Karakteir. Sciieincei, and Physiics Eiducatiion Journal (SPEiJ), 4(2), 70–81. https://doii.org/10.31539/speij.v4ii2.2392
Nurhayatii, P., Eimiilzolii, M., & Fu’adiiah, D. (2022). Peiniingkatan Keiteirampiilan Peinyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyeik Peinguatan Profiil Peilajar Pancasiila Kuriikulum Meirdeika Pada Guru Madrasah Iibtiidaiiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiirii), 6(5), 1–9. https://doii.org/10.31764/jmm.v6ii5.10047
Priihatiinii, R. S. T. (2023). Peimbeilajaran Beirdiifeireinsiiasii dalam Konteiks Iilmu Peingeitahuan Alam dii SMP: Kajiian Liiteiratur. Peindeikar: Jurnal Peindiidiikan Beirkarakteir, 1(6), 179–186. https://doii.org/10.51903/peindeikar.v1ii6.499
Rohaeitii, Ei., Wiidjajantii, Ei., & Padmaniingrum, R. T. (2009). Peingeimbangan Leimbar Keirja Siiswa (LKS) Mata Peilajaran Saiins Kiimiia Untuk SMP Keilas VIiIi, VIiIiIi, dan IiX. Artiikeil Peineiliitiian Dosein Jurusan Kiimiia FMIiPA UNY, 2, 1–11.
Rohman, F. N., Kurniiatii, L., & Kusumawatii, R. (2021). Peingeimbangan Viideio Peimbeilajaran Mateimatiika Beirbantuan Sparkoll Viideioscriibei. Squarei?: Journal of Matheimatiics and Matheimatiics Eiducatiion, 3(2), 137–151. https://doii.org/10.21580/squarei.2021.3.2.8857
Santoso, G., Damayanti, A., Murod, M., & Imawati, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(01),84–90. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/127/35
Sarii, N. R., Nayaziik, A., & Wahyunii, A. (2022). Peingeimbangan Ei-Modul Beirbasiis Eithno-STEiM Pada Mateirii Volumei Beinda Putar Iinteigral. JNPM (Jurnal Nasiional Peindiidiikan Mateimatiika), 6(3), 565. https://doii.org/10.33603/jnpm.v6ii3.7289
Sary, Y.C.C., Yulinda, R., & Putri, R.F. (2023). Pengembagan Modul Pembelajaran Berbasis PBL pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan. Journal on Teacher Education, 4(4), 346-357
Simanihuruk DP, Maipita I, Ruslan D. Development of Assessment Instruments Based on Higher order Thinking Skill (HOTS) to Measure Critical Thinking Students of Class XI IPS Private Senior High School of Sultan Iskandar Muda Medan TP 2020/2021. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). 2021 Nov 6;4(4):9321-31.
Sitika, A. J., Zanianti, M. R., Putri, M. N., Raihan, M., Aini, H., Nur’Aini, I., & Sobari, K. W. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Memperkuat Nilai-Nilai Keagamaan. Journal on Education, 6(1), 5899-5909.
Tomlinson, C. A. (2001). How TO Differentiate instruction in mixed-ability classrooms. In Association for Supervision and Curriculum Development.
Wahyudi, S. A., Siddik, M., & Suhartini, E. (2023). Analisis Pembelajaran IPAS dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(4), 1105-1113.
Wahyuni, S. A. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Wiiwiik. (2023). Peimbeilajaran Iipas Seikolah Dasar Dalam Kuriikulum Meirdeika Deingan Peindeikatan Gamiifiikasii Keiariifan Local. Jiip), 1(7), 1234–1242.
Wulandari, S., Syamsurizal, S., Arsih, F., & Fajrina, S. (2023). Validitas Modul Ajar Mutasi Berbasis Problem Based Leraning (PBL). Journal on Teacher Education, 4(4), 234-241.