Keefektifan Metode Think, Pair, and Share dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan CD Interaktif Materi Bangun Ruang Kelas V
Main Article Content
Abstract
Prestasi belajar siswa kurang memuaskan adalah alasan diadakannya penelitian ini. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui: ketuntasan keaktifan, ketrampilan proses dan prestasi belajar siswa,
tingkat pengaruh keaktifan dan ketrampilan proses terhadap prestasi belajar pada pelajaran Matematika
Metode Think, Pair and Share berbantuan CD interaktif materi Bangun Ruang, serta untuk menyelidiki
apakah dengan pembelajaran tersebut prestasi belajar siswa lebih baik dari pada prestasi belajar siswa
dengan metode Ekspositori. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa SD Mangunkusuman 4
Kota Tegal kelas V. Data dikumpulkan dengan pengamatan, tes dan dokumen. Data dianalisis dengan uji t
satu sampel, analaisis regresi dan uji banding t dua sampel.
Hasil penelitian diperoleh hasil rata-rata keaktifan 85,10%, hasil rata-rat ketrampilan proses
belajar 83,38%, hasil prestasi belajar kelas eksperimen 79,90% secara uju statistic adalah tuntas, ada
pengaruh positif keaktifan dan ketrampilan proses secara bersama terhadap prestasi belajar sebesar
52,40%, rataan prestasi belajar kelas eksperimen sebesar 79,90% dan kelas control sebesar 68,21% secara
uji statistic bahwa rataan prestasi belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas control. Hasil
tersebut menunjukkan pembelajaran adalah efektif
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Effect of Instructions on Spatial Visualisation
Ability in Civil Engineering Students.
International Education Journal, 3 (1), 1-12.
http://iej.cjb.net. (12 Januari 2010 ).
Arikunto, S. 2003. Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Aunurrahman. 2008. Belajar dan Pembelajaran.
Bandung : Alfabeta.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud dan Rineka
Cipta.
Hantoro, Gunawan Ari, dkk. 2007. Alat Peraga
Interaktif Matematika Bangun Ruang
(CDROM). Bina Sumber Daya Mipa.
Neill, Joyce H. and Payne, Pamela R. 2006.
Cooperative Learning Groups. International
Early Childhood Conference On Children with
Special Needs.
Penilaian Mutu Pendidikan Indonesia. (http://w
ww.mandikdasmen.depdiknas.go.id/
docs/dir 2.pdf). ( 31 Januari 2008 ).