Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan bukti empiris mengenai: 1) expo kewirausahaan dapat membangkitkan minat berwirausaha mahasiswa, 2) expo kewirausahaan dapat membangkitkan pembentukan karakter kemandirian, 3) expo kewirausahaan secara simultan dapat membangkitkan minat berwirausaha dan pembentukan karakter kemandirian.


Jenis penelitian ini asosiatif kausal dan dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP, Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan jumlah responden sebanyak 67 mahasiswa yang sudah mengikuti mata kuliah praktik kewirausahaan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas digunakan sebagai uji instrumen. Uji normalitas, uji homogenitas varian dan homogenitas varian menjadi prasyarat kualitas data, sedangkan manova digunakan sebagai uji hipotesisnya.


Instrumen valid sebanyak 43 butir dengan reliabilitas masuk dalam kriteria cukup-tinggi.  Hasil uji normalitas menunjukkan hasil bahwa nilai signifikansi variabel XY1 sebesar 0,882 dan nilai signifikansi variabel XY2 sebesar 0,711. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa data residual berdistribusi normal. Hasil uji Levene menunjukkan  bahwa nilai signifikansi minat berwirausaha sebesar 0,576 dan signifikansi karakter kemandirian sebesar 0,457. Nilai keduanya >0,05 maka dapat dikatakan bahwa Y1 dan Y2 memiliki varian yang homogen, sehingga manova bisa dilanjutkan. Dilihat dari signifikansi Box’s M sebesar 0,227. Artinya nilai tersebut tidak signifikan atau > 0,05, sehingga covarian dinyatakan sama dan analisis maova dapat dilanjutkan. Hasil uji manova menyatakan bahwa: 1) expo kewirausahaan dapat membangkitkan minat berwirausaha mahasiswa, 2) expo kewirausahaan dapat membangkitkan karakter kemandirian mahasiswa, 3) minat berwirausaha dan karakter kemandirian mahasiswa dapat dibangkitkan melalui expo kewirausahaan

Keywords

expo kewiraushaan minar berwirausaha pembentukan karakter

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Antonic B, Hisrich R. 2003. Clarifying The Intrapreneurship Concept. Emerald Journal os Small Bussiness and Enterprose Development. Volume 10. Number 1
  3. Benninga, J.S. (1991). Moral, Character, and Civic Education in The Elementary School. New York : Teachers College Press
  4. Brookfield, Stephen. 2002. Understanding and Facilitating Adult Learning . Josey Bass Publisher: San Fransisco
  5. Casson M, Yeung B, Basu A, Wadeson N. 2006. The Oxford Handbook of Entrepreneurship. New York : Oxford University Press Inc.
  6. Darpujianto. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Motivasi Berwirausaha pada Mahasiswa STIE dan STMIK ‘ASIA’ MALANG. Jurnal JIBEKA Volume 8 No 1 Februari 2014
  7. Dewi, Neni. 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar pada Siswa SMA/K Negeri Kota Tegal. LPPM Universitas Pancasakti Tegal.
  8. Faridah, dkk. 2016. Studi Analisis Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dan Dampaknya terhadap Pembentukan Karakter Kemandirian serta Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan (Studi Kasus pada Siswa SMK Muhammadiyah Slawi). LPPM Universitas Pancasakti Tegal.
  9. Hilgard, E.R. & Bowers, G. 2004. Theory of learning: Century psycology series. New York: National Book Foundation.
  10. Hisrich, R. D, et al. 2008. Enterpreneuship, Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat
  11. Kolb, D.A. (1984). Experiential Learning. Englewood Cliffs, NJ:Prentice-Hall
  12. Rahardjo P. 2010. Hubungan Karakteristik Individu dengan Keputusan Menjadi Wirausaha Baru di Purwokerto (Studi Tentang Alternatif Karir Lulusan PT). PSYCHO IDEA, Tahun 8 No.1, Feb 2010
  13. Sagala, Syaiful.2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
  14. Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  15. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung:Alfabeta
  16. Sumahamijaya, Yasben dan Dana. 2003. Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewiraswastaan: Suatu Upaya Bagi Keberhasilan Program Pendidikan Berbasis Luas/ Broad Based Education dan Life Skills. Bandung: Angkasa
  17. Suryana. 2008. Kewirausahaan: Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses (cetakan ketiga). Jakarta: Salemba Empat
  18. Venesaar, Ene. 2006. Students’ Attitudes and Intentions toward Entrepreneurship at Tallinn University of Technology. TUTWPE Working Papers. (154), 97-114.
  19. www.bps.go.id diakses tanggal tanggal 22 Mei 2017 pukul 13.00
  20. Yahya, Kristina. 2011. Analisis Minat dan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa (Studi pada Program Studi Administrasi Bisnis Telkom University Angkatan 2011). Skripsi

Most read articles by the same author(s)