Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Penggunaan Multimedia Dewi Amaliah Nafiati
Main Article Content
Abstract
GURU sebagai tenaga profesional harus trus
melakukan perubahan-perubahan atau
penyesuaian dalam strategi, pendekatan, dan
teknologi pembelajaran. Sebagaimana
dikemukakan oleh Gerstnet, dkk (Supriadi,
2003: 4) bahwa peran guru pada abad ke-21
di antaranya adalah “teacher as learning –
who always improve and renew treri
knowledge”.
Hal tersebut dapat dilakukan dengan
mengintegrasikan teknologi dalam proses
pembelajaran. Dengan memanfaatkan
teknologi, menurut Centron (1988), proses
belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan
dan teknologi semakin cepat dan hemat
waktu dan prosesnya akan semakin
individual sesuai dengan kebutuhan setiap
siswa, tetapi sekaligus massal.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Tersedia: http://202.159.18.43/jsi/3/toha.htm [20 Juli 2004]
Centron, MJ. (1998),”An American Renaissance in the Year 2000”, The Futurist. July-August.
Chaeruman, AU, (2004),”Integrasi Teknologi Telekomunikasi dan Informasi (TTI) ke dalam
Pembelajaran”, Makalah Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran “Menghadapi
Tantangan Daya Saing SDM Nasional dan Internasional”, Jakarta: UT, PUSTEKKOM,
IPTPI.
Kusumah,Y., Tapilouw, M., Wahyudi, D., Cunayah (2003),”Desain dan Pengembangan Model
Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kemampuan