Main Article Content

Abstract

GURU sebagai tenaga profesional harus trus
melakukan perubahan-perubahan atau
penyesuaian dalam strategi, pendekatan, dan
teknologi pembelajaran. Sebagaimana
dikemukakan oleh Gerstnet, dkk (Supriadi,
2003: 4) bahwa peran guru pada abad ke-21
di antaranya adalah “teacher as learning –
who always improve and renew treri
knowledge”.
Hal tersebut dapat dilakukan dengan
mengintegrasikan teknologi dalam proses
pembelajaran. Dengan memanfaatkan
teknologi, menurut Centron (1988), proses
belajar untuk menguasai ilmu pengetahuan
dan teknologi semakin cepat dan hemat
waktu dan prosesnya akan semakin
individual sesuai dengan kebutuhan setiap
siswa, tetapi sekaligus massal.

Keywords

Efektifitas Pembelajaran Multimedia

Article Details

References

  1. Anggoro, Toha, M., “Pendidikan Jarak Jauh dan Penerapannya di Indonesia”, [On-line].
  2. Tersedia: http://202.159.18.43/jsi/3/toha.htm [20 Juli 2004]
  3. Centron, MJ. (1998),”An American Renaissance in the Year 2000”, The Futurist. July-August.
  4. Chaeruman, AU, (2004),”Integrasi Teknologi Telekomunikasi dan Informasi (TTI) ke dalam
  5. Pembelajaran”, Makalah Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran “Menghadapi
  6. Tantangan Daya Saing SDM Nasional dan Internasional”, Jakarta: UT, PUSTEKKOM,
  7. IPTPI.
  8. Kusumah,Y., Tapilouw, M., Wahyudi, D., Cunayah (2003),”Desain dan Pengembangan Model
  9. Bahan Ajar Matematika Interaktif Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kemampuan