Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai kemampuan kognetif mahasiswa farmasi semester
3 tahun pelajaran 2015/2016 yang masih rendah pada mata kuliah praktikum Fisika
Farmasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan pembelajaran dengan
asisten sebaya pada pelaksanaan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan kognetif mahasiswa farmasi pada mata kuliah praktikum fisika
farmasi. Penerapan asisten sebaya pada pelaksanaan praktikum merupakan kegiatan
pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa yang pandai berpartisipasi untuk membantu
temannya yang mengalami kesulitan pada saat kegiatan praktikum. Setelah melakukan
kegiatan praktikum mahasiswa bersama dengan asisten sebaya berdiskusi mengenai hasil
percobaan. Kemudian mempresentasikan hasil percbaan yang telah dilakukan, dilanjutkan
dengan evaluasi diakhir pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Lokasi penelitian adalah Politeknik Harapan Bersama
Tegal dengan subyek penelitian mahasiswa semester 3 tahun ajaran 2015/2016. Data
hasil Hasil belajar kognetif diperoleh dari tes akhir siklus. Uji data statistika yang
digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kemampuan kognetif mahasiswa
adalah uji t (uji signifikansi) dan uji g(gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa
penerapan asisten sebaya pada pelaksanaan praktikum dalam pembelajaran dapat
meningkatkan kemampuan kognetif mahasiswa. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya
nilai rata-rata dan ketuntasan kemampuan kognetif mahasiswa pada setiap siklus.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Anni.C.T.2006. Psikologi Belajar.
- Semarang:UPT Unnes Press
- Anni.C.T.2010. Psikologi Belajar.
- Semarang:UPT Unnes Press
- Arjanggi, & Supriatin. 2010. Metode
- pembelajaran tutor teman sebaya
- Meningkatkan hasil belajar
- berdasar regulasi-diri. Makara,
- sosial humaniora, Vol 2: (91-97).
- Arifin, Z. 2004. Evaluasi Pembelajaran
- Prinsip Teknik Prosedur.
- Bandung: PT. Remaja
- Rosdakarya
- Arifin, & Khanafiyah. 2011. Penerapan
- model pembelajaran aktif melalui
- strategi Rotating trio exchange
- untuk meningkatkan kemampuan
- Analisis dan aktivitas belajar
- siswa sma kelas x semester II
- Pokok bahasan kalor. jurnal
- Pendidikan Fisiska Indonesia, Vol
- 6: (97-100)
- Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi
- Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
- Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian.
- Jakarta: Rineka Cipta
- BSNP. 2006. Silabus BSNP. Jakarta:
- Depdiknas
- Djamarah. 2006. Strategi Belajar
- Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan
- Pembelajaran. Jakarta: Bumi
- Aksara
- Hamalik, O. 2009. Proses Belajar
- Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
- Kurnianto, & Dwijananti. 2010.
- Pengembangan kemampuan
- menyimpulkan dan
- Mengkomunikasikan konsep fisika
- melalui kegiatan Praktikum fisika
- sederhana. Jurnal Pendidikan
- Fisiska Indonesia, Vol 6 : (91-97)
- Marwoto, & Masturi.2010. Peningkatan
- kualitas perkuliahan solusi deret
- Melalui pendekatan teaching
- assistant.Jurnal Pendidikan Fisika
- Indonesia, Vol 6:20-25.
- Morrison, F.J., & Smith.1995. Education
- and Cognitive Development A
- Natural Exsperiment. Journal of
- Developmental psykology, Vol 5 :
- (789-799).
- Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis
- Kompetensi. Bandung: Remaja
- Rosda Karya
- Nunung, V. 2003. Pengaruh Tutor
- Sebaya Terhadap Hasil Belajar
- Fisika. Semarang: Jurusan Fisika
- Unnes
- Rachman, M. 2009. Penelitian Tindakan
- Kelas. Semarang: Unnes Press
- Roestiyah, N.K..2008. Strategi Belajar
- Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Rahayu. 2010. Pengaruh Model
- Pembelajaran Tutor Sebaya Tipe
- Peer Assisted Learning Strategies
- (Pals) Pada Komunitas Belajar
- Online Terhadap Hasil Belajar
- Teknologi Informasi Dan
- Komunikasi. Bandung. Jurusan
- Ilmu Komputer UPI
- Rooijakkers. Ad. 1993. Mengajar dengan
- Sukses.Jakarta: Gramedia
- Sudjana. 1989. Penilaian Hasil Proses
- Belajar Mengajar. Bandung:
- Remaja Rosdakarya
- Sugiono. 2009. Metode Penelitian
- Pendidikan. Bandung: Alfabeta
- Sukisno, & Muna.2009. Pengajaran
- pokok bahasan pesawat
- sederhana dengan metode
- eksperimen pada siswa sekolah
- dasar.Jurnal Pendidikan Fisika
- Indonesia, Vol 5: (8-13).
- Sunardi. 2009. Pembelajaran Ipa Fisika
- Bilingual. Bandung: Yrama Widya
- Surapranata. 2004. Panduan Penulisan
- Tes Tertulis. Bandung: Remaja
- Rosda Karya
- Supiyanto. 2002. Fisika SMA untuk SMA
- Kelas XI. Jakarta: Erlangga
- Thammasena, B. 2009. Cognitive
- development, Analytical Thinking
- And Learning Satisfaction of
- Second Grade Students Learned
- Through Inquiry- Based Learning.
- jurnal html, Vol 5, No. 10,
- Tipler. 1998. Fisika untuk Sains dan
- Teknik. Jakarta: Erlangga
- Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran
- edisi Revisi. Jakarta: Grasindo
- Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains
- Mengembangkan Kompetensi
- Laboratorium. Unnes Press:
- Semarang