Penarapan Model Asisten Sebaya Pada Pelaksanaan Praktikum Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognetif Mahasiswa

Main Article Content

Wilda Amananti

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai kemampuan kognetif mahasiswa farmasi semester
3 tahun pelajaran 2015/2016 yang masih rendah pada mata kuliah praktikum Fisika
Farmasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan pembelajaran dengan
asisten sebaya pada pelaksanaan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan kognetif mahasiswa farmasi pada mata kuliah praktikum fisika
farmasi. Penerapan asisten sebaya pada pelaksanaan praktikum merupakan kegiatan
pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa yang pandai berpartisipasi untuk membantu
temannya yang mengalami kesulitan pada saat kegiatan praktikum. Setelah melakukan
kegiatan praktikum mahasiswa bersama dengan asisten sebaya berdiskusi mengenai hasil
percobaan. Kemudian mempresentasikan hasil percbaan yang telah dilakukan, dilanjutkan
dengan evaluasi diakhir pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Lokasi penelitian adalah Politeknik Harapan Bersama
Tegal dengan subyek penelitian mahasiswa semester 3 tahun ajaran 2015/2016. Data
hasil Hasil belajar kognetif diperoleh dari tes akhir siklus. Uji data statistika yang
digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kemampuan kognetif mahasiswa
adalah uji t (uji signifikansi) dan uji g(gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa
penerapan asisten sebaya pada pelaksanaan praktikum dalam pembelajaran dapat
meningkatkan kemampuan kognetif mahasiswa. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya
nilai rata-rata dan ketuntasan kemampuan kognetif mahasiswa pada setiap siklus.

Article Details

Section
Articles

References

Anni.C.T.2006. Psikologi Belajar.
Semarang:UPT Unnes Press
Anni.C.T.2010. Psikologi Belajar.
Semarang:UPT Unnes Press
Arjanggi, & Supriatin. 2010. Metode
pembelajaran tutor teman sebaya
Meningkatkan hasil belajar
berdasar regulasi-diri. Makara,
sosial humaniora, Vol 2: (91-97).
Arifin, Z. 2004. Evaluasi Pembelajaran
Prinsip Teknik Prosedur.
Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya
Arifin, & Khanafiyah. 2011. Penerapan
model pembelajaran aktif melalui
strategi Rotating trio exchange
untuk meningkatkan kemampuan
Analisis dan aktivitas belajar
siswa sma kelas x semester II
Pokok bahasan kalor. jurnal
Pendidikan Fisiska Indonesia, Vol
6: (97-100)
Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian.
Jakarta: Rineka Cipta
BSNP. 2006. Silabus BSNP. Jakarta:
Depdiknas
Djamarah. 2006. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. 2008. Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta: Bumi
Aksara
Hamalik, O. 2009. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Kurnianto, & Dwijananti. 2010.
Pengembangan kemampuan
menyimpulkan dan
Mengkomunikasikan konsep fisika
melalui kegiatan Praktikum fisika
sederhana. Jurnal Pendidikan
Fisiska Indonesia, Vol 6 : (91-97)
Marwoto, & Masturi.2010. Peningkatan
kualitas perkuliahan solusi deret
Melalui pendekatan teaching
assistant.Jurnal Pendidikan Fisika
Indonesia, Vol 6:20-25.
Morrison, F.J., & Smith.1995. Education
and Cognitive Development A
Natural Exsperiment. Journal of
Developmental psykology, Vol 5 :
(789-799).
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Bandung: Remaja
Rosda Karya
Nunung, V. 2003. Pengaruh Tutor
Sebaya Terhadap Hasil Belajar
Fisika. Semarang: Jurusan Fisika
Unnes
Rachman, M. 2009. Penelitian Tindakan
Kelas. Semarang: Unnes Press
Roestiyah, N.K..2008. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Rahayu. 2010. Pengaruh Model
Pembelajaran Tutor Sebaya Tipe
Peer Assisted Learning Strategies
(Pals) Pada Komunitas Belajar
Online Terhadap Hasil Belajar
Teknologi Informasi Dan
Komunikasi. Bandung. Jurusan
Ilmu Komputer UPI
Rooijakkers. Ad. 1993. Mengajar dengan
Sukses.Jakarta: Gramedia
Sudjana. 1989. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Sugiono. 2009. Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sukisno, & Muna.2009. Pengajaran
pokok bahasan pesawat
sederhana dengan metode
eksperimen pada siswa sekolah
dasar.Jurnal Pendidikan Fisika
Indonesia, Vol 5: (8-13).
Sunardi. 2009. Pembelajaran Ipa Fisika
Bilingual. Bandung: Yrama Widya
Surapranata. 2004. Panduan Penulisan
Tes Tertulis. Bandung: Remaja
Rosda Karya
Supiyanto. 2002. Fisika SMA untuk SMA
Kelas XI. Jakarta: Erlangga
Thammasena, B. 2009. Cognitive
development, Analytical Thinking
And Learning Satisfaction of
Second Grade Students Learned
Through Inquiry- Based Learning.
jurnal html, Vol 5, No. 10,
Tipler. 1998. Fisika untuk Sains dan
Teknik. Jakarta: Erlangga
Winkel, WS. 1996. Psikologi Pengajaran
edisi Revisi. Jakarta: Grasindo
Wiyanto. 2008. Menyiapkan Guru Sains
Mengembangkan Kompetensi
Laboratorium. Unnes Press:
Semarang