Metode Pembelajaran Inkuiri untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan dasar kita dewasa khususnya dalam pembelajaran adalah adri sudut PBM di kelas yang dibangun oleh guru dalam pelajaran IPS ini cenderung terbatas pada penguasaan materi pelajaran atau bertumpu pada pengembangan aspek kognitif tingkat rendah. Untuk itu perlunya menerapkan metode pembelajaran inkuiri sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS. Tujuan metode inkuiri ialah mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan yang dibutuhkan dengan memberikan permasalahan – permasalahan untuk dipecahkan. Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran taraf tinggi karena memerlukan pemecahan masalah yang kompleks dan menuntut/mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pila. Metode pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran IPS di SD adalah di bangun atas dua sisi, yaitu sisi proses belajar sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan sisi hasil belajar untuk mengkontruksi pengetahuan atau penguasaan materi pembelajaran yang baru.
Article Details
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
M.D. Dahlan. 1980. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro
Murray Print. 1993. Curriculum, Development and Design. Australia: Allen Unwin Ptd Ltd. New South Wales
Nana Syaodih Sukmadinata. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Nana Syaodih Sukmadinata. 2001. Pengembangan Kurikulum. Teori dan praltek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya