Main Article Content

Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan dasar kita dewasa khususnya dalam pembelajaran adalah adri sudut PBM di kelas yang dibangun oleh guru dalam pelajaran IPS ini cenderung terbatas pada penguasaan materi pelajaran atau bertumpu pada pengembangan aspek kognitif tingkat rendah. Untuk itu perlunya menerapkan metode pembelajaran inkuiri sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS. Tujuan metode inkuiri ialah mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan yang dibutuhkan dengan memberikan permasalahan – permasalahan untuk dipecahkan. Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran taraf tinggi karena memerlukan pemecahan masalah yang kompleks dan menuntut/mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pila. Metode pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir siswa dalam pembelajaran IPS di SD adalah di bangun atas dua sisi, yaitu sisi proses belajar sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan sisi hasil belajar untuk mengkontruksi pengetahuan atau penguasaan materi pembelajaran yang baru.

Keywords

Pembelajaran Inkuiri Kemampuan Berpikir

Article Details

References

  1. Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  2. M.D. Dahlan. 1980. Model-model Mengajar. Bandung: Diponegoro
  3. Murray Print. 1993. Curriculum, Development and Design. Australia: Allen Unwin Ptd Ltd. New South Wales
  4. Nana Syaodih Sukmadinata. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Nana Syaodih Sukmadinata. 2001. Pengembangan Kurikulum. Teori dan praltek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya