Penerapan Model "Contecstual Teaching Learning" dalam Peningkatan Life Skill Pelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai
penerapan model pembelajaran contecstual teaching learning yang dilaksanakan
oleh guru pada siswa dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan dan
kecakapan hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif karena
menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya, dan ditunjang
oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang
dikumpulkan. Populasi data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Jurusan
Akuntansi SMK Negeri I Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun Pelalajaran
2007/2008 sejumlah 100 siswa.
Pengolahan data dilakukan secara statistik dengan menggunakan rumus
koefesien product moment dengan angka kasar. Pengetesan signifikasi korelasi
dilakukan terhadap hipotesis nihil Ho yang berbunyi “tidak ada korelasi antara
variable X dan variable Y. Ho ditolak jika harga r sama atau melebihi harga kritik
r. Interpretasi terhadap korelasi product moment didasarkan atas tabel harga
kritik r product moment dan standar konservatif. Adapun hasil penelitian
menunjukkan harga kritik r = +0,760, oleh karena n yang diselidiki adalah 100,
sedangkan harga kritik r 95% = +0,195, maka harga r = +0,760 jauh melebihi
harga kritiknya.
Penerapan model pembelajaran Contecstual Teaching Learning dengan
peningkatan kecakapan hidup siswa kelas XII Jurusan Akuntansi pada SMK
Negeri I Dukuhturi Kabupaten Tegal terdapat korelasi dan meyakinkan.
Sedangkan berdasarkan standar konservatif menunjukan harga r sebesar +0,760
berada pada interval +0,600 sampai dengan +0,800 diinterpretasikan memiliki
nilai cukup tinggi, artinya bahwa pengaruh yang ditimbulkan dari penerapan
model pembelajaran Contecstual Teaching Learning terhadap peningkatan
kecakapan hidup (life skill) siswa kelas XII Jurusan Akutansi pada SMK Negeri I
Dukuhturi Kabupaten Tegal adalah berpengaruh cukup tinggi. Walaupun prestasi
hasil belajar dari penerapan model pembelajaran Contecstual Teaching Learning
berpengaruh cukup tinggi terhadap nilai kecakapan hidup siswa, namun agar
lebih obyektif dalam menilai kecakapan hidup hendaknya guru menitikberatkan
kompetensi belajar siswa sesuai dengan jurusan bidang/program keahlian
masing-masing siswa. dalam menempatkan siswanya pada perusahaan tempat
dilaksanakannya Praktek Kerja Industri (Prakerin).
Article Details
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Djamarah, Syaiful Bahri, 1995, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka
Cipta.
Dirjen Kelembagaan Agama Islam, 2004 Pedoman Umum Pengembangan
Silabus, Jakarta : Departemen Agama RI
___________, 2002 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia. 1990 Nomor
29 BAB II Pasal 3 tentang Pendidikan Menengah, Jakarta :
Departemen Agama RI.
Fadjar, Malik. 1998 Visi Pembaruan Pendidikan Islam, Jakarta, Lembaga
Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia.
Hadi, Sutrisno, 1984, Metodologi Reaserch, Yogyakarta : Yayasan Penerbitan
Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Narbuko, Cholid, Achmadi Abu , 1999, Metodologi Penelitian, Jakarta : Bumi
Aksara.
Nasution, S. 2005 Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar,
Jakarta: Bumi Aksara.
Soedijarto. 1989 Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu,
Jakarta : Balai Pustaka
Sudirman, dkk. 1991 Ilmu Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Suyitno, Amin. 2006 Pemilihan Model-Model Pembelajaran dan
Penerapannya di Sekolah (Makalah Disusun sebagai Bahan Pelatihan
bagi Guru – Guru SD, SMP, SMA atau yang sederajat ), Semarang :
UNNES
___________, 2004, Didaktik Asas – Asas Mengajar, Jakarta : Bumi Aksara
Syah, Muhibbin. 1996 Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru,
Bandung : Remaja Rosda Karya