Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana efektivitas model pembelajaran problem solving terhadap keterampilan menulis esai argumentatif mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan model quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Program Studi Tadris Bahasa Indonesia UINFAS Bengkulu Angkatan 2023-2024. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri atas kelas IA sebagai kelas kontrol dan kelas IB sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa uraian tes, yaitu pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas model Kolmogrof-Sminov. Kemudian dilakukan uji homogenitas menggunakan data pre-tes pada masing masing kelompok kontrol dan eksperimen menggunakan ANOVA pada program SPSS. Setelah uji prasyarat, dilakukan uji hipotesis, yang terdiri dari uji paired sample t-tes kelompok kontrol, uji paired sample t-tes kelompok eksperimen, uji independen sample t-tes dan perhitungan N-gain. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa pada kelas ekperimen dan kelas kontrol memiliki distribusi normal, dengan nilai statistik Kolmogorov-Smirnova kelas eksperimen sebesar 0.159 dengan df 20 dan nilai signifikansi sebesar 0.198, sedangkan kelas kontrol sebesar 0.155 dengan df 20 dan nilai signifikansi sebesar 0.200*, maka Ho dapat diterima karena nilai signifikansi lebih besar dari tingkat signifikansi yaitu 0,05. Hasil uji homogenitas dengan nilai Sum of Squares Esai Argumentatsi sebesar 1.225 dengan df 1 dan nilai signifikansi sebesar 0.006 dengan F sebesar 1.225 dan nilai signifikansi sebesar 0.940. Hasil uji paired sampel T-test pada kelas eksperimen menunjukkan nilai t sebesar -12.714 dengan derajat kebebasan (df) sebesar 19 dan nilai signifikansi sebesar 0.000 (p < 0.05). Hasil uji paired sample T-test pada kelompok control menunjukkan nilai t sebesar -3.204 dengan derajat kebebasan (df) sebanyak 19. Uji independent T-test menunjukkan perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua kelompok (p < 0.05) dalam kedua skenario, dengan p-values masing-masing adalah 0.000. Hasil uji N-Gain menunjukkan bahwa intervensi dengan model Problem Solving pada kelas eksperimen memberikan dampak positif terhadap peningkatan prestasi. Secara keseluruhan hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa model Problem Solving memiliki dampak positif terhadap keterampilan menulis esai argumentatif mahasiswa.


Kata Kunci: efektivitas, model problem solving, esai argumentatif

Keywords

efektivitas, model problem solving, esai argumentatif

Article Details

References

  1. A Sharadgah, T., A Sa'di, R., & H Ahmad, H. (2020). Promoting and Assessing EFL College Students' Critical Thinking Skills Through Argumentative Essay Writing. Arab World English Journal (AWEJ) Volume, 10.]
  2. Abbas, S. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Abdullah, Sani. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  4. Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi. (1999). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  5. Akinwamide, T. K. (2012). The Influence of Process Approach on English as Second Language Students' Performances in Essay Writing. English Language Teaching, 5(3), 16-29.
  6. Ali, B. H. W. R., & Abdu, N. A. N. (2020). A pre-experimental study on a process-genre approach for teaching essay writing. Journal of Language and Education, 6(4 (24)), 44-54.
  7. Alodwan, T. A. A., & Ibnian, S. S. K. (2014). The effect of using the process approach to writing on developing university students’ essay writing skills in EFL. Review of Arts and Humanities, 3(2), 139-155
  8. Andy, Prastowo. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Panduan Lengkap. Aplikatif. Yogyakarta: DIVA Press (Angota IKAPI).
  9. Ardiasih, L. S., & Rasyid, Y. (2019). Online Collaborative Writing Technique Using Wiki: How Effective Is It to Enhance Learners' Essay Writing? Journal of Asia TEFL, 16(2), 531.
  10. Atar Semi. (1993). Model Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa
  11. Atmazaki. (2007). Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang: Universitas Negeri Padang Press.
  12. Aulia, G. (2023). Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menulis Puisi Kelas Iv Di Upt Spf Sd Inpres Andi Tonro Kota Makassar. Jurnal PENA: Penelitian dan Penalaran, 10(2), 63-82.
  13. Awada, G., Burston, J., & Ghannage, R. (2020). Effect of student team achievement division through WebQuest on EFL students’ argumentative writing skills and their instructors’ perceptions. Computer Assisted Language Learning, 33(3), 275-300.
  14. Bahri, Syaiful. (2010). Strategi Balajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
  15. Balad, I. (2019). The Influence Of Proccess Approach On Students’essay Writing In Narrative Text.
  16. Bey, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 224-239.
  17. Daryanto dan Syaiful Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
  18. Dilan, Y. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Pada Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 1 Pagaden. Aksentuasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 145-153.
  19. Friantary, H., & Saputra, A. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Keyword?: VCT ( Value Clarification Technique ), Learning Outcomes , Islamic Religious A . Pendahuluan Pendidikan Agama Isl. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 111–131. https://doi.org/10.29300/atmipi.v19.i1.3760
  20. Hartinah, G. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Metode Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).
  21. Hidayati, R. P. P. (2009). Peningkatan Keterampilan Menulis Esai Melalui Model Analisis Wacana Berorientasi Peta Berpikir Kritis Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia & Daerah FKIP UNPAS Bandung. Sastra Indonesia & Daerah FKIP UNPAS Bandung. educationist, 10.
  22. Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational psychology review, 16, 235-266.
  23. Huang, Y., & Jun Zhang, L. (2020). Does a process-genre approach help improve students’ argumentative writing in English as a foreign language? Findings from an intervention study. Reading & Writing Quarterly, 36(4), 339-364.
  24. Hussein, H., Roslan, S., Noordin, N., & Abdullah, M. C. (2012). Using the Problem Solving Approach to Teach Writing to EFL Learners. English Teacher, 41(2).
  25. Idayanti, N. L., Nurlela, N., & Ferdiansyah, M. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving dimasa Pandemi Covid-19. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 421-427.
  26. Idola, N. P. (2022). Students’ Ability in Writing Argumentative Essay at English Education Department of State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
  27. Ilmi, M. I., & Samaya, D. (2020). Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MAN 2 Palembang. Jurnal Didactique Bahasa Indonesia, 1(2).
  28. Imaniah, I. (2022). A Critical Review of English Essay Writing In Studies Of Critical Thinking, Reading Habits, And Sentence Structure Mastery. Indonesian EFL Journal, 8(1), 53-62.
  29. Irawana, T. J., & Taufina, T. (2020). Penggunaan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Penilaian Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 434-442.
  30. Istiara, F., & Lustyantie, N. (2017). The influence of cooperatif learning model and critical thinking on essay writing skills (Experiment Study). World Journal of English Language. https://doi. org/10.5430/wjel. v7n2p22.
  31. Jan?a?íková, R., Povolná, R., Dontcheva-Navratilová, O., Hanušová, S., & N?mec, M. (2020). An academic writing needs analysis of Czech university graduate students. Discourse and Interaction, 13(1), 42-66.
  32. Jee, S., & Aziz, A. (2021). The application of the process-based writing approach in composing an argumentative essay: A case study of a suburban secondary school of Mukah district in Sarawak. Creative Education, 12(04), 880.
  33. Karantzas, G. C., Avery, M. R., Macfarlane, S., Mussap, A., Tooley, G., Hazelwood, Z., & Fitness, J. (2013). Enhancing critical analysis and problem?solving skills in undergraduate psychology: An evaluation of a collaborative learning and problem?based learning approach. Australian Journal of Psychology, 65(1), 38-45.
  34. Kurniawan A.P, Feri dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII TKR 1 Pada Mata Pelajaran Sistem Pengapian Konvensional di SMK Negeri 1 Madiun. JPTM. Vol. 02 No. 03: 2-3.
  35. Leo, S. (2007). English for Academic Purpose: Essay Writing.
  36. Lestari, I. G. A. S. A., Wendra, I. W., & Darmayanti, I. A. M. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Creative Problem Solving Dalam Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 12(4), 488-499.
  37. Lestari, Y., Rahmad, M., & Zulfarina, Z. (2021). Needs Analysis of Problem Solving Based Learning Video Development to Train Students' Concept Understanding. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 9(1), 81-90.
  38. Liunokas, Y. (2020). Assessing students’ ability in writing argumentative essay at an Indonesian senior high school. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 8(1), 184-196.
  39. Majid, Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT. Remaja Rodakarya.
  40. Marni, S., & Harsiati, T. (2019). Critical thinking patterns of first-year students in argumentative essay. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 683-697.
  41. Mulyaningsih, I., Suwandi, S., Setiawan, B., & Rohmadi, M. (2016). Model Pembelajaran Menulis Ilmiah Berbasis PARMI (Produksi, Atensi, Retensi, Motivasi, dan Inovasi) & Penerapannya.
  42. Ozagac, O. (2004). Argumentative Essay. Bogazici University SFL. [Online]. Diunduh pada 3 Desember 2023, melalui http://www.buowl.boun.edu.tr/students/types%20of%20essays/ARGUMENTATIVE%20ESSA..p df.
  43. Parera, Jos Daniel. (1993). Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga.
  44. Putra, I. R., Sukartiningsih, W., & Indarti, T. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Esai Berbasis Lingkungan Menggunakan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 1-18.
  45. Rahmani, E. F. (2023). Penggunaan Kialo Edu Untuk Mengembangkan Ide Menulis Esai Argumentatif: Persepsi Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(9), 3539-3550.
  46. Rajagukguk, T. A., & Sihombing, P. S. R. (2020). The Effect of Using Collaborative Writing Method on Students' Writing Recount Text at Grade Ten of Smk Yp 1 Hkbp Pematangsiantar. Acitya Journal of Teaching and Education, 2(2), 95-114.
  47. Ramadhan, B. (2019). Writing Argumentative Essay: How Far They Can Go? REiLA: Journal of Research and Innovation in Language, 1(2), 61-67.
  48. Ririn, R., Budiman, H., & Muhammad, G. M. (2021). Peningkatan keterampilan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaran problem solving. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1-15.
  49. Rustam, Akbar O., & Saputra, A. B. (2024). Design Thinking dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Bahasa Indonesia Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru di SMA. Semantik, 13(1), 43-56. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i1.p43-56
  50. Scott, M. (2000). Student, Critic and Literary Text: A discussion of ‘critical thinking'in a student essay. Teaching in Higher Education, 5(3), 277-288.
  51. Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruzz Media
  52. Srinawati, W., & Alwi, R. (2020). Critical thinking ability in EFL students' argumentative essay writing: The difficulties and the strategies. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 200-210.
  53. Suhendri, H. (2015). Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2).
  54. Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media
  55. Suriamiharja, Agus, dkk. (1997). Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.
  56. Suyono. (2005). Cerdas Berpikir Bahasa Indonesia pelajaran Bahasa Indonesia untuk SMA Program Studi IPA dan IPS. Jakarta: Ganeca Exac.
  57. Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  58. Triwidayati, K. R., & Utami, T. S. D. (2020). Keterampilan Penerapan Struktur Esai Pada Tulisan Mahasiswa Universitas Katolik Musi Charitas. Indonesian Language Education and Literature, 5(2), 237-251.
  59. Walková, M., & Bradford, J. (2022). Constructing an argument in academic writing across disciplines. ESP Today, 10(1), 22-42.
  60. Wienanda, W. K., Harnita Sari, Y. I., Liani, T. A., & Utami, A. P. (2023). Menulis Untuk Publikasi: “Punya Ide, Tapi Sulit Menuliskannya”. Jurnal Vokasi Indonesia, 9(1), 2.
  61. Winarti, N., Yundayani, A., & Susilawati, S. (2021). Korelasi antara Keterampilan Berpikir Kritis dengan Keterampilan Menulis Teks Argumentatif. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 144-152).
  62. Winarto, Y. T., Suhardiyanto, T., & Choesin, E. M. (Eds.). (2016). Karya Tulis Ilmiah Sosial: Menyiapkan, Menulis, dan Mencermatinya. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  63. Wingate, U. (2012). ‘Argument!’helping students understand what essay writing is about. Journal of English for academic purposes, 11(2), 145-154.
  64. Yusuf, Q., Jusoh, Z., & Yusuf, Y. Q. (2019). Cooperative Learning Strategies to Enhance Writing Skills among Second Language Learners. International Journal of Instruction, 12(1), 1399-1412.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'