Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Teks Editorial Kelas XII SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat Tahun Ajaran 2023/2024
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi pedagogik yang dimiliki guru dalam melaksanakan pembelajaran teks editorial kelas XII SMK Negeri 1 Tanjung Jabung Barat tahun ajaran 2023/2024, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang menggunakan satuan analisis kasus tunggal. Data dalam penelitian ini yaitu berupa hasil wawancara guru dan peserta didik, data hasil melakukan observasi, data berupa dokumentasi. Penelitian ini berfokus terhadap kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran teks editorial. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampunyai kompetensi pedagogik dalam melaksanakan pembelajaran teks editorial yang terdiri dari 6 indikator; 1) kemampuan membuka pembelajaran berupa motivasi terkait pembelajaran dan langsung melakukan tahapan eksplorasi yaitu guru membuat hubungan diantara materi-materi yang akan dipelajari; 2) kemampuan mengelola kegiatan belajar mengajar dengan melaksanakan tiga kegiatan belajar berupa eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi; 3) kemampuan berkomunikasi dengan siswa yang mengarah pada pembelajaran teks editorial dengan menggunakan pendekatan kepada peserta didik secara kekeluargaan; 4) kemampuan mengorganisasikan kelas dan menggunakan waktu dengan baik; 5) kemampuan melaksanakan penilaian selama proses dan akhir pelajaran dengan menilai tiga aspek yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap; 6) kemampuan menutup pembelajaran dengan cara memberikan motivasi dan kesimpulan sesuai dengan kompetensi dasar yang dipelajari.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Ewo, M. A., Formen, A., & Aeni, K. 2023. Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD Ditinjau dari Kualifikasi Akademik dalam Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1–15. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4266
Hidayat, N., Purba, A., & ... 2022. Penerapan Asesmen Unjuk Kerja Materi Menulis Teks Eksplanasi Kelas Xi Sma Al Falah Jambi. … Dan Sastra Indonesia, 6(2), 265–273. http://aksara.unbari.ac.id/index.php/aksara/article/view/392
Jujur, I. W. 2022. Upaya Meningkatkan Kinerja dan kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengajar Menggunakan Media Pembelajaran. Jurnal Nalar: Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 77–85.
Pramono, N. A. 2018. Kemampuan Guru Melaksanakan Kegiatan Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi dalam Pembelajaran SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Rachmawati, D. W., Al Ghozali, M. I., Nasution, B., & Dkk. 2021. Teori dan Konsep Pedagogik (A. Kurniawan & I. Irayanti (eds.)). https://doi.org/10.5040/9781501346286.0014
Sandi, A. T., Haryanti, Y., Gusfika, O., Noermanzah, N., & Suryadi. 2022. Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Indonesia dalam Menerapkan Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran pada Materi Teks Debat di SMA. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v5i2.2055
Sugiyono, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Surahmi, Y. D., Fitriani, E., Pradita, A. A., & Ummah, S. A. 2022. Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Mengelola Pembelajaran Terpadu Pada Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 135–146. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1923
Tukan, Y. T., Lemba, V. C., Karolus, S., & Keban, K. 2023. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA PGRI Larantuka. 1(2), 155–160. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3465