Perbandingan Antara Metode Konstekstual Tipe CTL dengan Metode Kooperatif Tipe TGT Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata PElajaran Ekonomi Kelas X SMA N 01 Bulakamba Kabupaten Brebes
Main Article Content
Abstract
Permasalahan ini adalah “Apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan metode kontekstual tipe CTL dengan metode kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 01 Bulakamba Kab. Brebes tahun pelajaran 2008/2009?
Tujuannya adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode kontekstual tipe CTL dengan metode kooperatif tipe TGT pada siswa kelas X SMA Negeri 01 Bulakamba Kab. Brebes tahun pelajaran 2008/2009.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut diajukan jawaban sementara yaitu ada perbedaan tingkat prestasi belajar ekonomi antara siswa yang diajar dengan menggunakan metode kontekstual tipe TGT dengan yang diajar menggunakan metode kooperatif tipe TGT . Hal ini menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran kontekstual tipe CTL sangat efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
Guna membuktikan membuktikan hipotesis tersebut dilakukan penelitian terhadap sampel siswa sebanyak 74 siswa sebagai responden, 37 siswa kelompok eksperimen dan 37 siswa kelompok kontrol.
Berdasarkan dari hasil analisis yang menggunakan perhitungan uji t dapat bahwa t hitung sebesar 3,00 yang ada pada daerah penolakan Ho untuk untuk taraf signifikan 1% dan dk 68 diperoleh t table sebesar 2,382, karena t hitung lebih besar dibandingkan t table maka terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 79,49 dan kelas kontrol sebesar 73,24.
Keberhasilan prestasi belajar yang dicapai siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran kontekstual tipe CTL lebih baik dari pada siswa yang tidak diajarkan menggunakan metode pembelajaran tipe CTL(metode kooperatif tipe TGT) menunjukan betapa besar manfaat penggunaan metode pembelajaran kontekstual tipe CTL.
Article Details
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Praktek.Jakarta.Rineka Cipta
. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi
Aksara.
Darsono, Max. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Depdiknas. 2003. Pendekatan kontekstual. Jakarta: Dirjen Pendidikan dasar
Menengah
Djamarah, Syaiful Bahri dan aswar zain.1996. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta :
Rineka Cipta.
Hamalik,Oemar.2004. Proses Belajar Mengajar di Perguruan Tinggi Jakarta
:Yogyakarta: Andi offset.
Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning”Mempraktikkan Cooperative Learning di
Ruang-Ruang Kelas”. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia
Nasution, S. 1995. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar.
Bandung: PT. Bumi Aksara
Nurhadi, dkk.2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.
Malang. Universitas Negeri Malang
Saco, 2006. Kooperatif Learning: Jakarta: Rineka Cipta
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis
Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Slameto. 2006. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:
Rineka Cipta
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning “Teori, Riset, dan Praktik”.
Bandung: Nusa Media
Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana. Dan Ibrahim. 1989. Penelitian dan Pengukuran Pendidikan.
Bandung: Sinar Baru
Suprapto j. 2000. Metode Ranahan Kuantitatif. Jakarta: Rineka Cipta
Sugandi, Achmad. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang Unnes Press
Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta:
Grafindo
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pembelajaran: Grafindo
Wiryohandoyo, Soedarno dkk. 1998. Pendidikan Ilmu Sosial. Semarang: IKIP
Semarang