Main Article Content
Abstract
Profesionalisme guru adalah kemampuan guru dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya dalam lapangan
pendidikan yang di peroleh melalui pendidikan dan latihan lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
apakah profesionalisme guru dan motivasi guru berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap jenjang
karir guru SD di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.Popolasi penelitian adalah guru SD yang berstatus
pegawai negeri sipil dengan pangkat/ golongan IV/a berjumlah 166 orang guru dan IV/b yang berjumlah 2
orang guru. Sampel di ambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga di peroleh sampel sebesar
42 orang guru yaitu 40 orang dengan pangkat IV/a dan 2 orang dengan pangkat IV/b. Data penelitian
dianalisis dengan menggunakan alat statistik, yaitu uji F untuk mengetahui secara keseluruhan pengaruh dari
semua variabel independent secara simultan terhadap variabel dependent.Hasil penelitian dapat di lihat dari
uji ANOVA atau F test, diperoleh F hitung sebesar 134,659 dengan tingkat probabilitas 0.000 (signifikansi).
Karena probabilitas jauh lebih kecil dari 0,01, maka model regresi dapat dikatakan bahwaindependent
variable yaitu Profesionalisme Guru dan Motivasi Gurusecara simultan berpengaruh terhadap Jenjang Karier
Guru SD di Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Ariyanti, Ika M P(2005), Pengaruh Kecerdasan
- Emosional Mahasiswa Akuntansi
- Terhadap Stres Kuliah, Yogyakarta:
- FE-UPN Veteran (Skripsi)
- Bulo, William (2002), Pengaruh Tingkat
- Pendidikan Tinggi Terhadap
- Kecerdasan Emosional, Yogyakarta:
- FE-UGM (Skripsi)
- Cooper, R.K. dan Sawaf A (1998), Executive
- EQ: Kecerdasan emosional dalam
- Kepemimpinan Organisasi,
- (Terjemahan T. Hermaya), Jakarta: PT
- Gramedia Pustaka Utama.
- Depdiknas, (2008), Penelitian Pengembangan
- dan Penelitian Tindakan kelas, Jakarta:
- Depdiknas
- Doni Koesoema A, (2007), Pendidikan
- Karakter, Jakarta: Grasindo
- Goleman, Daniel (2000), Working With
- Emotional Intelegence, (Terjemahan
- Alex Tri Kantjono W) Jakarta: PT
- Gramedia Pustaka Utama.
- Hamalik, Oemar, 2004, Pendidikan Guru
- Berdasarkan Pendekatan Kompetensi,
- Jakarta: Bumi Aksara.Handoko, T.
- Hani (2000), Manajemen Personalia
- dan Sumberdaya Manusia, Edisi 2,
- Yogyakarta: BPFE.
- Hanifah, Syukriy Abdullah (2001), Pengaruh
- Perilaku Belajar Terhadap Prestasi
- Akademik Mahasiswa Akuntansi, Media
- Riset Akuntansi, Auditing dan
- Informasi, Volume 1, No. 3, 63-86.
- Hardjana, Agus (1994), Stres Tanpa Distres,
- Yogyakarta: Kanisius.
- http://blog.umy.ac.id/nawawi/2012/01/16/sum
- ber-sumber bahan-ajar dan alatpelajaran, diakses 22 Februari 2014
- Juliana (2004), Pengaruh Kecerdasan
- Emotional Terhadap Perilaku Etis
- Mahasiswa Akuntansi, Yogyakarta: FEUPN Veteran. (Skripsi)
- Mulyasa, E (2008), Standar Kompetensi dan
- Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja
- Rosdakarya.
- Sagala, Syaeful. (2009), Konsep dan Makna
- Pembelajaran, Bandung: CV Alfabeta.
- Singgih, Santoso (2001), SPSS Versi 10.0
- Mengelola Data Statistik Secara
- Profesional, Jakarta: PT Gramedia
- Pustaka Utama.
- Sudjana, (2009), Berbagai Media Gambar
- sebagai Alat Peraga, Jakarta: Pustaka
- Sugiyono (1991), Metode Penelitian Bisnis,
- Bandung: Alfabeta.
- Suryaningsum, Sri, Sucahyo Heriningsih dan
- Afifah Afuwah (2004), Pengaruh
- Pendidikan Tinggi Akuntansi Terhadap
- Kecerdasan Emosional Mahasiswa,
- SNA VII, Denpasar Bali: SNA VII.
- Suryaningsum, Sri, Sucahyo Heriningsih (2005)
- Kajian Empiris Atas Pengaruh
- Kecerdasan Emosional Mahasiswa
- Akuntansi Terhadap Stres Kuliah,
- Yogyakarta: Siposium Nasional
- Mahasiswa Dan Alumni Pascasarjana
- Ilmu-Ilmu Ekonomi, MM UGM.
- Sutrisno, Hadi (1991), Statistika, Edisi ke 6,
- Jilid ke 2, Yayasan Penerbitan Fakultas
- Psikologi Universitas Gadjah Mada,
- Yogyakarta.
- Suwardjono (1991), Perilaku Belajar di
- Perguruan Tinggi, Jurnal Akuntansi,
- edisi Maret, Yogyakarta: STIE YKPN.
- Syukir, Asmuni. (2012), Blended Learning
- untuk mata kuliah profesi
- kependidikan. Jombang: STKIP PGRI
- Jombang.
- Trisnawati, Eka Indah. Suryaningsum, Sri.
- (2003), Pengaruh Kecerdasan
- Emosional Terhadap Tingkat
- Pemahaman Akuntansi, Surabaya: SNA
- VI.
- Undang-Undang No. 14 Tahun 2015, Guru dan
- Dosen.
- Uno, Hamzah. (2007), Teori Mptivasi dan
- Pengukurannya, Jilid 1. Jakarta; PT.
- Bumi Aksara.
- Usman, Uzer. Moh. (2002), Menjadi guru
- profesional, Bandung: Remaja
- Rosdakarya.