Main Article Content
Abstract
Guru harus membuat perencanaan yang strategis
sebelum pembelajaran berlangsung dengan harapan
pembelajaran dapat mencapai target optimal dengan
pengembangan menggunakan strategi role playing berbasis
analisis SWOT agar menciptakan prestasi belajar yang
optimal.
Penelitian eksperimen ini menggunakan analisis SWOT
pada materi peluang dengan model pembelajaran Role Playing
(bermain drama). Tahapan model Role Playing diantaranya,
guru memotivasi kelompok, memilih peran, menyiapkan
pengamat, menyiapkan tahap-tahap peran, pemeranan, diskusi
dan evaluasi, pemeranan ulang, diskusi dan evaluasi II,
membagi pengalaman dan menarik generalisasi. Produk utama
dari penelitian ini adalah menganalisis SWOT mengenai
kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang
(opportunity) dan ancaman (treat) yang dipersempit
aplikasinya dalam materi peluang menggunakan model
pembelajaran role playing. Role playing adalah cara terbaik
untuk mengembangkan keterampilan inisiatif, komunikasi,
pemecahan masalah, kesadaran diri, dan kerja sama dalam tim
dibandingkan pembelajaran konvensional (Blatner.A, 2002).
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui 1)
pencapaian ketuntasan belajar siswa, 2) pengaruh keaktifan
siswa terhadap prestasi belajar, 3) pengaruh keterampilan
proses siswa terhadap prestasi belajar, 4) pengaruh keaktifan
siswa dan ketrampilan proses terhadap prestasi belajar, 5)
perbedaan prestasi belajar siswa yang mendapat model
pembelajaran matematika role playing didasari analisis SWOT
dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Wanasari,
pengambilan sampel dengan teknik random sampling dan
didapat sampel kelas eksperimen XI IPS 1 sebanyak 38 siswa,
kelas kontrol XI IPS 3 dengan pembelajaran konvensional
sebanyak 38 siswa, sedangkan kelas uji coba diambil kelas XI
IPS 2 sebanyak 38 siswa.
Hasil penelitian ini merupakan penerapan analisis
SWOT pada materi peluang untuk memperoleh (1) prestasi
belajar mencapai tuntas belajar dengan nilai rata-rata 75,55
melebihi 75, (2) keaktifan siswa berpengaruh terhadap prestasi
belajar, (3) keterampilan proses siswa berpengaruh terhadap
prestasi belajar, (4) keaktifan siswa dan ketrampilan proses
berpengaruh terhadap prestasi belajar, dan (5) rata-rata prestasi
belajar lebih baik dengan nilai rata-rata 69,92 yang jauh dari
kelas kontrol yang hanya memiliki rata-rata 62,61, sehingga
tujuan penelitian dengan menggunakan model role playing
berbasis analisis SWOT pada materi peluang secara
keseluruhan tercapai dengan optimal
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Ahmadi, A. Dan Prasetya J.T. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Penerbit CV.
- Pustaka Setia
- Ali. 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Penerbit Sinar Baru Algensindo
- Anonim, 2007. Panduan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA Negeri 1 Wanasari.
- Anonim, 2005. Himpunan Undang-undang RI Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas),
- Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 Beserta Penjelasannya, Dilengkapi dengan
- Undang-undang No 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung:
- CV. Nuansa Aulia.
- Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta:Penerbit Rineka
- Cipta.
- Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
- Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2008. Prosedur Operasi Standar(POS) Ujian
- Nasional SMP ,MTs, SMPLB ,SMA, MA, SMALB,dan SMK Tahun Pelajaran
- 2006/2007
- Chesler, M., and Fox, R. (1966). Role-playing methods in the classroom. Chicago: Science
- Research Associates.
- Dahlan, MD. 1998. Model-model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro
- Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP)
- Kurikulum Sekolah Umum 1994.
- Departemen Pendidikan Nasional 2003. Kurikulum 2004 Jakarta: Direktorat Pendidikan
- Menengah Umum.
- Departemen Pendidikan Nasional 2004. Pendekatan Pembelajaran Matematika, Bahan
- Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru. Jakarta
- Dinas P dan K Propinsi Jawa Tengah . 2007. Daftar Kolektif Hasil Ujian Nasional SMA/MA
- Tahun Pelajaran 2006/2007. Semarang
- Dinas P dan K Propinsi Jawa Tengah, 2007. Pelaksanaan Ujian Nasional dan Ujian
- Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2006/2007. Semarang
- Hidayat, BW dan Hou, WC. 1992 analisis swot sebagai analisis tersedia di http://jurnalsdm.blogspot.com/2009/05/analisis-swot-sebagai-analisis-dan.html [27 Agustus 2009]
- Jamarah, SB. 2006.Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta.
- Joe. 2008. Dwijoeas smart journal. Tersedia di http://dwijoeas. Weblog.com/2008/1 [18 juni
- 2008]
- Blatner, A. (1995). Drama in education as mental hygiene: A child psychiatrist's perspective.
- Youth Theatre Journal, 9, 92-96. (Also on this website!)
- Blatner, A. (2000). Foundations of psychodrama (4th ed, revised & expanded). New York:
- Springer.
- LPMP Jateng. 2007. Model Pembelajaran SMA, SM. Semarang
- Moedjiono dan Dimyati, M. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud
- Oemar H. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara
- Nasution. S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: PT. Bumi
- Aksara
- Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 (pertanyaan dan jawaban). Jakarta : Penerbit PT. Gramedia
- Widiasana Indonesia.
- Pramuntadi. 2003. Self-Evaluation dalam Konteks Perencanaan. Jakarta : Dikti
- Riduwan. 2004. Metode dan teknik Penyusunan Tesis. Bandung: Alfabeta.
- Rohmanto, A. 2007. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung :
- Yrama Widya
- Saifuddin, A. 2000. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Shaftel, F., and Shaftel, G. (1982). Role-playing in the curriculum (2nd Ed.). Englewood Cliffs,
- NJ: Prentice-Hall. (This is a revised edition of their 1967 book, Role playing for social
- values.).
- Subroto, G. 2001. Analisis SWOT Tinjauan Awal Pendekatan Manajemen (Sebuah Pengenalan
- Inovasi Program pada Sekolah Kejuruan). Tersedia di www.depdiknas.go.id (16 Juni
- 2006)
- Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung : Tarsito
- Sugiyono. 2006. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta
- Sukestiyarno, YL. 2005. Modul Kuliah SPSS. Semarang : Program Pascasarjana UNNES.