Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Literasi Membaca Dan Menulis Peserta Didik gi Gugus Sultan Agung Koordinator Dikbud Wilayah Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal
Main Article Content
Abstract
Salah satu langkah awal untuk meningkatkan kualitas pendidikan peserta didik adalah upaya peningkatan literasi sekolah melalui literasi membaca dan menulis. Literasi adalah upaya untuk menumbuhkan budaya pekerti peserta didik dengan tujuan agar peserta didik memiliki minat dalam membaca dan menulis, sehingga menumbuhkan kesadaran pentingnya belajar sepanjang masa. Upaya Peningkatan literasi menulis dan membaca juga dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dan membangun kebiasaan yang lebih baik dan disiplin. Upaya Peningkatan literasi adalah bagian dari upaya sekolah untuk meningkatkan minat dan keterampilan membaca peserta didik. Hal Ini juga akan sangat membantu konsentrasi belajar peserta didik selama proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1). Mengetahui peran guru pada Gugus Sultan Agung koordinator Dikbud Wilayah Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. 2). Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatan kemampuan literasi membaca dan menulis pada Gugus Sultan Agung Koordinator Dikbud Wilayah Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. 3) Mengetahui peran guru dalam meningkatan kemampuan literasi membaca dan menulis peserta didik pada Gugus Sultan Agung koordinator Dikbud Wilayah Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan: kuesioner, Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Sedangkan Dalam penelitian ini, tiga komponen utama terdiri dari proses analisis data: Reduksi data, Penyajian data (Display data), Verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru di Gugus Sultan Agung Koordinator dikbud Wilayah Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal dilakukan dengan beberapa kebijakan diantaranya adalah Setiap siswa membaca buku selama 10–15 menit setiap hari sebelum atau setelah pelajaran dimulai. Setiap kelas memiliki pojok baca dengan koleksi buku yang bervariasi sesuai minat dan kebutuhan siswa. Faktor pendukung dalam meningkatan kemampuan literasi membaca dan menulis adalah guru menunjukkan pentingnya literasi dengan menjadi model membaca dan menulis yang baik. Guru juga berperan sebagai fasilitator, motivator, evaluator. Dukungan dari orang tua juga menjadi faktor kunci. Faktor penghambat dalam dalam meningkatan kemampuan literasi membaca dan menulis diantaranya siswa lebih tertarik pada hiburan digital seperti game atau media sosial dibandingkan buku atau aktivitas menulis.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Abustang, Perawati Bte Arima, M. T., Amaliyah, N., & Alam, S. (2021). Pengaruh Literasi Digital terhadap Hasil Belajar Siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jurnal Pendas Mahakam, 6(2), 105–110.
Afnida, M., & Suparno, S. (2020). Literasi dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Persepsi dan Praktik Guru di Prasekolah Aceh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 971
Andayani, S. (2019). Kegiatan Bermain Kartu Huruf Bergambar dapat Meningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B TK Aisyiyah Ba Pancor. Jurnal Pendidikan dan Sains, 1, 112–130.
Dwijayani, N. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics:Conference Series, 1321(2), 1-6.
Eryuni, R. (2023). Pentingnya Literasi dalam Menumbuhkan nilai-nilai kKarakter Di Era. Jurnal Kependidikan, 4(1), 88–100.
Fajar, B. Al. (2019). Analisis Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas, 74–79
Hartinah S Prof. Dr. D.S., M.M., Salim NA, S.K.M, M.P.H., Mulyani, M.Pd., 2023, Konsep Dasar Perkembangan Peserta Didik, , Bandung, PT. Refika Aditama
Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591
Maryani, N. K. A., Subawa, P., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Kelompok B1 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 di TK Sathya Sai Kumara Singaraja. Nawa Sena: Jurnal PGPAUD, 1, 31–40.
Nirmala, S. D. (2022). Problematika Rendahnya Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 393.
Palupi, D. I., Rahmani, E., Yusnita, E., Gustina, H., Pertiwi, H., & Priyanti, N. (2023). Mengenal Model Kooperatif Numbered Head Together (NHT) Untuk Pembelajaran Anak Usia Dini. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 21–28.
Rahayu, R., Mustaji, M., & Bachri, B. S. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3399–3409.
Rahmawati, R., Siraj, A., & Achruh, A. (2021). Hubungan Antara Kompetensi Guru dan Budaya Sekolah dengan Kinerja Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 10. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.19001
Sulistiowati E, Taufiqulloh, Prihatin Y, 2024, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil dan Motivasi Belajar Pemahaman Bacaan Narrative Text Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 3, Journal of Education Research
Syahid, S. N. L., Maula, L. H., Nurmeta, I. K., Sulastri, A., & Ruslani. (2022). Meningkatkan Kemampuan Membaca Nyaring Siswa SD Melalui Media Pembelajaran Diorama Lingkungan. 6(3), 5181–5192.