Peran Guru Penggerak dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar di kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang

Main Article Content

Sugeng Aliy Shahid
Munthoha Nasuha
Suriswo Suriswo

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan peran Guru Penggerak (GP) terhadap  pengetahuan pendidik yang memadai, pemanfaatan sarana dan prasarana, serta penciptaan lingkungan belajar yang mendukung penyelenggaraan pendidikan Sekolah Dasar  (SD) di kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang. Subyek penelitian ini adalah beberapa SD yaitu SDN 01, 05 Kendalsari, SDN 03 Serang, SDN 01 Panjunan, SDN 10 Petarukan, dan SDN 01 Panjunan yang didalmnya terdapat GP yang dibedakan menjadi dua kategori yaitu lulusan tahun 2023 dan 2024. Pemilihan subyek tersebut didasarkan pada pertimbangan tahun lulus dan letak geografis kecamatan Petarukan yang membentang dari arah utara ke selatan sehingga dipilih enam SD tersebut yang dapat merepresentasikan kedua kriteria di atas. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan terhadap data kualitatiif menghasilkan simpulan bahwa GP berperan dalam penyelenggaraan pendidikan SD khususnya pada: 1) pengetahuan yang memadai (85,50%), 2) pemanfaatan sarana prasarana sekolah (91,75%) dan lingkungan yang mendukung (92,00%).

Article Details

How to Cite
Shahid, S. A., Nasuha, M., & Suriswo, S. (2025). Peran Guru Penggerak dalam Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar di kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 19(2), 48–54. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v19i2.508
Section
Articles

References

Dewantara, K. H. (n.d.). Program Pendidikan Guru Penggerak Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara.

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581

Lubis, R. R., Amelia, F., Alvionita, E., Nasution, I. E., & Lubis, Y. H. (2023). Peran Guru Penggerak dalam Meningkatkan Pemerataan Kualitas Kinerja Guru. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum Dan Pendidikan, 33(1), 70–82. https://doi.org/10.52030/attadbir.v33i1.170

Manao, M. M., Sijabat, O. P., Situmorang, A. R., Hutauruk, A., & Panjaitan, S. (2021). Mengatur Kualitas Guru Melalui Program Guru Penggerak [Managing Teacher Quality Through the Teacher Leader Program]. Educational Learning and Innovation, 1(2), 98–116. https://doi.org/10.46229/elia.v2i1

Mansyur, A. R. (2022). Wawasan Kepemimpinan Guru (Teacher Leadership) dan Konsep Guru Penggerak. Education and Learning Journal, 2(2), 101. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.131

Nasution, S. (1996), Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Tarsito, Bandung

Ningrum, A. R., Suryani, Y., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Kurikulum Merdeka Belajar. 6(2), 219–232. https://doi.org/10.29240/jpd.v6i2.5432

Sugiyono. (2020), Metode Penelitian Kualitatif, Alfabeta, Bandung

Wijaya, A., Mustofa, M. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50. https://doi.org/10.15294/puruhita.v2i1.42325