Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan penjelasan ada atau tidaknya kesesuaian model yang dibangun dari data empiris, dan (2) mendapatkan penjelasan tentang seberapa besar kontribusi faktor determinasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan model pengukuran. Ini adalah pendekatan yang menggunakan "analisis faktor konfirmatori". Populasi dalam penelitian ini adalah guru teknik pada seluruh SMK Negeri di Jawa Tengah pada semester II tahun ajaran 2004- 2005. Sampel diperoleh melalui “teknik multi stage cluster area ramdom sampling”. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup. Data dianalisis dengan analisis koefisien determinasi LISREL-8,51. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sesuai dengan data empiris. Model tersebut paling tepat digunakan sebagai dasar untuk membuat model perencanaan guna mengoptimalkan peran guru teknik SMKN di masa yang akan datang, khususnya dalam peningkatan kualitas kompetensi guru terutama dalam kaitannya dengan kepemimpinan dan kewirausahaan guru serta kepribadian teknologi mereka. Oleh karena itu, peningkatan peran guru SMKN ke depan disarankan untuk dipersiapkan dengan baik melalui sertifikasi melalui uji kompetensi bagi calon guru teknik.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Bacal, R. 2000. Performance management.
- Terjemahan Surya Dharma dan Yanuar
- Irawan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia
- Pustaka Utama.
- Boone, L.E and Kurfz, D.L. 1981. Principles of
- Management. New York: Random House,
- Inc.
- Depdiknas. 2003. Peningkatan Kemampuan
- Profesional dan Kesejahteraan Guru.
- http://mr.depdiknas.go.id/sikep/Issue/SEN
- TRA1/F31.html.(15April 2005).
- Dewan Perwakilan Rakyat . 2003. UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20
- Tahun 2003 Tentang Sisten Pendidikan
- Nasional. Semarang: CV. Duta Nusindo.
- Deputy/Assistant Principals and Primary
- School Teachers. 1998. Achievement
- Gains Teacher Skills, Knowledge, and
- Responsibilities Performance Indicators.
- http://www.Minedu.
- Govt.nz/web/downloadable/dl3853-
- v1/teacherperfmgt. pdf. (1 Maret 2005).
- Ghozali, I dan Fuad. 2005. Structural Equation
- Model-Teori, Konsep, dan Aplikasi
- dengan Program LISREL 8,54. Semarang.
- Badan Penerbit Undip.
- Grant, P.C. 1999. Para Manajer ! Para
- Karyawan Andapun Harus Memimpin
- dengan Baik. Dalam Timpe, A.D. (1999).
- Kinerja (Performance). Terjemahan
- Cikmat Sofyan. Jakarta: PT Elex Media
- Komputindo.
- Hallett, J. 1999. Produktivitas: suatu Keadaan
- Pikiran. Dalam Timpe, A.D. (1999).
- Kinerja (Performance). Terjemahan
- Cikmat Sofyan. Jakarta: PT Elex Media
- Komputindo.
- Johan, R. 2002. Kepuasan Kerja Karyawan
- Dalam Lingkungan Institusi Pendidikan.
- http://www.bpk
- penabur.or.id/jurnal/01/056-031.pdf. (21
- April 2005).
- Mill, R.C. 1999. Mengangkat Organisasi:
- Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui
- perbaikan Suasana Kerja. Dalam Timpe,
- A.D. 1999. Kinerja (Performance).
- Terjemahan Cikmat Sofyan. Jakarta: PT
- Elex Media Komputindo.