Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan penjelasan ada atau tidaknya kesesuaian model yang dibangun dari data empiris, dan (2) mendapatkan penjelasan tentang seberapa besar kontribusi faktor determinasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan model pengukuran. Ini adalah pendekatan yang menggunakan "analisis faktor konfirmatori". Populasi dalam penelitian ini adalah guru teknik pada seluruh SMK Negeri di Jawa Tengah pada semester II tahun ajaran 2004- 2005. Sampel diperoleh melalui “teknik multi stage cluster area ramdom sampling”. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup. Data dianalisis dengan analisis koefisien determinasi LISREL-8,51. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sesuai dengan data empiris. Model tersebut paling tepat digunakan sebagai dasar untuk membuat model perencanaan guna mengoptimalkan peran guru teknik SMKN di masa yang akan datang, khususnya dalam peningkatan kualitas kompetensi guru terutama dalam kaitannya dengan kepemimpinan dan kewirausahaan guru serta kepribadian teknologi mereka. Oleh karena itu, peningkatan peran guru SMKN ke depan disarankan untuk dipersiapkan dengan baik melalui sertifikasi melalui uji kompetensi bagi calon guru teknik.

Keywords

Guru Teknik Mesin Kinerja Manajemen

Article Details

References

  1. Bacal, R. 2000. Performance management.
  2. Terjemahan Surya Dharma dan Yanuar
  3. Irawan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia
  4. Pustaka Utama.
  5. Boone, L.E and Kurfz, D.L. 1981. Principles of
  6. Management. New York: Random House,
  7. Inc.
  8. Depdiknas. 2003. Peningkatan Kemampuan
  9. Profesional dan Kesejahteraan Guru.
  10. http://mr.depdiknas.go.id/sikep/Issue/SEN
  11. TRA1/F31.html.(15April 2005).
  12. Dewan Perwakilan Rakyat . 2003. UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20
  13. Tahun 2003 Tentang Sisten Pendidikan
  14. Nasional. Semarang: CV. Duta Nusindo.
  15. Deputy/Assistant Principals and Primary
  16. School Teachers. 1998. Achievement
  17. Gains Teacher Skills, Knowledge, and
  18. Responsibilities Performance Indicators.
  19. http://www.Minedu.
  20. Govt.nz/web/downloadable/dl3853-
  21. v1/teacherperfmgt. pdf. (1 Maret 2005).
  22. Ghozali, I dan Fuad. 2005. Structural Equation
  23. Model-Teori, Konsep, dan Aplikasi
  24. dengan Program LISREL 8,54. Semarang.
  25. Badan Penerbit Undip.
  26. Grant, P.C. 1999. Para Manajer ! Para
  27. Karyawan Andapun Harus Memimpin
  28. dengan Baik. Dalam Timpe, A.D. (1999).
  29. Kinerja (Performance). Terjemahan
  30. Cikmat Sofyan. Jakarta: PT Elex Media
  31. Komputindo.
  32. Hallett, J. 1999. Produktivitas: suatu Keadaan
  33. Pikiran. Dalam Timpe, A.D. (1999).
  34. Kinerja (Performance). Terjemahan
  35. Cikmat Sofyan. Jakarta: PT Elex Media
  36. Komputindo.
  37. Johan, R. 2002. Kepuasan Kerja Karyawan
  38. Dalam Lingkungan Institusi Pendidikan.
  39. http://www.bpk
  40. penabur.or.id/jurnal/01/056-031.pdf. (21
  41. April 2005).
  42. Mill, R.C. 1999. Mengangkat Organisasi:
  43. Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui
  44. perbaikan Suasana Kerja. Dalam Timpe,
  45. A.D. 1999. Kinerja (Performance).
  46. Terjemahan Cikmat Sofyan. Jakarta: PT
  47. Elex Media Komputindo.