Faktor Determinasi dan Upaya Peningkatan Kinerja Guru Teknik Mesin Sekolah Menengah Kejuruan
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendapatkan penjelasan ada atau tidaknya kesesuaian model yang dibangun dari data empiris, dan (2) mendapatkan penjelasan tentang seberapa besar kontribusi faktor determinasi terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan model pengukuran. Ini adalah pendekatan yang menggunakan "analisis faktor konfirmatori". Populasi dalam penelitian ini adalah guru teknik pada seluruh SMK Negeri di Jawa Tengah pada semester II tahun ajaran 2004- 2005. Sampel diperoleh melalui “teknik multi stage cluster area ramdom sampling”. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup. Data dianalisis dengan analisis koefisien determinasi LISREL-8,51. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model sesuai dengan data empiris. Model tersebut paling tepat digunakan sebagai dasar untuk membuat model perencanaan guna mengoptimalkan peran guru teknik SMKN di masa yang akan datang, khususnya dalam peningkatan kualitas kompetensi guru terutama dalam kaitannya dengan kepemimpinan dan kewirausahaan guru serta kepribadian teknologi mereka. Oleh karena itu, peningkatan peran guru SMKN ke depan disarankan untuk dipersiapkan dengan baik melalui sertifikasi melalui uji kompetensi bagi calon guru teknik.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Terjemahan Surya Dharma dan Yanuar
Irawan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia
Pustaka Utama.
Boone, L.E and Kurfz, D.L. 1981. Principles of
Management. New York: Random House,
Inc.
Depdiknas. 2003. Peningkatan Kemampuan
Profesional dan Kesejahteraan Guru.
http://mr.depdiknas.go.id/sikep/Issue/SEN
TRA1/F31.html.(15April 2005).
Dewan Perwakilan Rakyat . 2003. UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20
Tahun 2003 Tentang Sisten Pendidikan
Nasional. Semarang: CV. Duta Nusindo.
Deputy/Assistant Principals and Primary
School Teachers. 1998. Achievement
Gains Teacher Skills, Knowledge, and
Responsibilities Performance Indicators.
http://www.Minedu.
Govt.nz/web/downloadable/dl3853-
v1/teacherperfmgt. pdf. (1 Maret 2005).
Ghozali, I dan Fuad. 2005. Structural Equation
Model-Teori, Konsep, dan Aplikasi
dengan Program LISREL 8,54. Semarang.
Badan Penerbit Undip.
Grant, P.C. 1999. Para Manajer ! Para
Karyawan Andapun Harus Memimpin
dengan Baik. Dalam Timpe, A.D. (1999).
Kinerja (Performance). Terjemahan
Cikmat Sofyan. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.
Hallett, J. 1999. Produktivitas: suatu Keadaan
Pikiran. Dalam Timpe, A.D. (1999).
Kinerja (Performance). Terjemahan
Cikmat Sofyan. Jakarta: PT Elex Media
Komputindo.
Johan, R. 2002. Kepuasan Kerja Karyawan
Dalam Lingkungan Institusi Pendidikan.
http://www.bpk
penabur.or.id/jurnal/01/056-031.pdf. (21
April 2005).
Mill, R.C. 1999. Mengangkat Organisasi:
Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui
perbaikan Suasana Kerja. Dalam Timpe,
A.D. 1999. Kinerja (Performance).
Terjemahan Cikmat Sofyan. Jakarta: PT
Elex Media Komputindo.