Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil evaluasi implementasi kebijakan Asesmen Nasional (AN) pada jenjang Sekolah Dasar di Kota Magelang. Asesmen Nasional merupakan upaya evaluasi terhadap sistem pendidikan oleh KemDikBud yang berupa program penilaian terhadap mutu setiap sekolah pada jenjang dasar dan menengah, yang kemudian dapat diperoleh informasi sebagai bahan untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar. Penelitian Evaluasi ini berawal dari kebutuhan evaluasi dari kebijakan penerapan/implementasi Asesmen Nasional. Subyek dari penelitian ini adalah Dinas Pendidikan Kota Magelang, Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Negeri dan Swasta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana implementasi kebijakan Asesmen Nasional pada jenjang sekolah dasar di Kota Magelang didasarkan pada model evaluasi responsif stake dan juga sesuai dengan standar dari Panduan Operasional Standar (POS) Asesmen Nasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pada tahap pendahuluan, Dinas Pendidikan Kota Magelang memenuhi standar kualifikasi POS Asesmen Nasional; 2) Pada tahap proses, terjadi beberapa kendala namun berhasil diatasi dengan baik; 3) Pada tahap hasil, Kota Magelang mampu menorehkan prestasi khususnya dalam hal literasi. Dampak yang diberikan memang belum signifikan karena ini merupakan evaluasi Asesmen Nasional pada tahap yang pertama.

Keywords

Evaluasi, Kebijakan, Asesmen Nasional

Article Details

References

  1. Anas, Z. (2021, December). Kurikulum, Pendidikan, dan Peradaban. Jendela Pendidikan Dan Kebudayaan.
  2. BSNP. (2018). Buku Saku UN. In https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2018/03/Buku-Saku-UN-6-Des-2017-Edit-21-Maret-2018.pdf (pp. 1–21). bsnp-indonesia.org. https://bsnp-indonesia.org/wp-content/uploads/2018/03/Buku-Saku-UN-6-Des-2017-Edit-21-Maret-2018.pdf
  3. Chairunnisa, C. (2011). Evaluasi Program Pendidikan dan Pengembangan Instrumen. Educatio Indonesiae Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(2), 150–157.
  4. Dariyah, & Lutfiana, F. (2023). Transkrip Wawancara.
  5. Farid, M. M. (2022). Pergeseran Paradigma Ujian Nasional Ke Asesmen Nasional Pada Masa Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadim A. Makarim. In S. Nurchamid & A. Wafa (Eds.), Pendidikan Humanis: Penilaian Pendidikan di Sekolah (Vol. 1, p. 113). PT. Nasya Expanding Management.
  6. Havard, B., Nguyen, G.-N., & Otto, B. (2018). The impact of technology use and teacher professional development on U.S. national assessment of educational progress (NAEP) mathematics achievement. Education and Information Technologies, 23(5), 1897–1918. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9696-4
  7. Heafner, T. L., VanFossen, P. J., & Fitchett, P. G. (2019). Predictors of students׳ achievement on NAEP-Economics: A multilevel model. The Journal of Social Studies Research, 43(4), 327–341. https://doi.org/10.1016/j.jssr.2019.01.003
  8. Hidayatullah, S., Marzuki, I., & Hakim, L. (2020). UNBK: TRANSFORMASI SISTEM EVALUASI STANDAR NASIONAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan Tadarus Tarbawy, 2(1). https://doi.org/10.31000/jkip.v2i1.2575
  9. Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion (M. H. Seawell, A. Carter, C. A. Hoffman, & J. Selhorst, Eds.). Sage.
  10. Ismail, S. N., & Arifin, H. N. (2023). Menelaah Dampak Perubahan Asesmen Nasional Melalui Praktik Supervisi Pendidikan Terhadap Kemajuan Pendidikan Di Indonesia. Widya Balina, 8(1), 658–671. https://doi.org/10.53958/wb.v8i1.264
  11. kemdikbud. (2021, February 4). SE Mendikbud tentang Peniadaan UN 2021. Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2021/02/Se-Mendikbud-Tentang-Peniadaan-Un-2021. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/02/se-mendikbud-tentang-peniadaan-un-2021
  12. Kharismawati, S. A. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di Sekolah Dasar Terpencil. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 229–234. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.372
  13. Kiriana, N., & Widiasih, N. N. S. (2023). PENERAPAN SURVEI KARAKTER DAN SURVEI LINGKUNGAN BELAJAR: SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI ERA DISRUPSI DIGITAL. Guna Widya: Jurnal Pendidikan Hindu, 10(1), 48–55. https://doi.org/10.25078/gw.v10i1.1822
  14. Kristianawati, E. (2022). Transkrip Wawancara.
  15. Kuncoro Pujiwarto, Ayu Nyoman, N., & Wuryandini, E. (2023). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU BERBASIS ENTREPREUNER DI SMP N 1 SINGOROJO. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1553–15560. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.831
  16. Manongga, D., Iriani, A., & Wijono, S. (2018). Public Opinion on National Exam Policies in Indonesia. International Journal of Information Technology and Business, 1(1), 24–35. https://doi.org/10.24246/ijiteb.112018.24-35
  17. Matondang, A. R., Nasution, F. S., & Setiawati, N. A. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum Merdeka Belajar ditinjau dari Persfektif Guru Sekolah Dasar. Mahesa Research Center, 1(1), 159–165. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.34007/ppd.v1i1.185
  18. Maulida, K., & Wirdanengsih, W. (2019). Upaya Yang Dilakukan Sekolah Di Daerah Terpencil Menghadapi Kebijakan UNBK. Jurnal Perspektif, 2(3), 245. https://doi.org/10.24036/perspektif.v2i3.96
  19. Muliastrini, N. K. E., Gotama, P. B. A. P., & Handayani, N. N. L. (2021). Strategi Membangun Dan Mengembangkan Karakter Anak Melalui Penguatan Pendidikan Agama Hindu. WIDYALAYA, 2(1), 69–75. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/146
  20. Munthe, N. B. (2021). Opini Siswa Tentang Rencana Penghapusan Ujian Nasional Pada Tahun 2021 (Studi Kasus Pada Sma Negeri 2 Medan). JIMSIPOL , 1(2), 1–13. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimsipol/article/view/421
  21. Nardawati, N. (2021). Perencanaan Pendidikan Yang Baik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Literasiologi, 6(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v6i2.254
  22. Novalinda, R., Jalinus, N., & Jama, J. (2020). Evaluasi Penerapan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Payakumbuh. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 14(1), 31–40. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v14i1.217
  23. Novita, N., Mellyzar, M., & Herizal, H. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i1.1568
  24. Nur Azmi Nst, F., Aprilinda, D., & Budiman, A. P. (2021). Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(8), 1320–1331. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i8.249
  25. Oranje, A., & Kolstad, A. (2019). Research on Psychometric Modeling, Analysis, and Reporting of the National Assessment of Educational Progress. Journal of Educational and Behavioral Statistics, 44(6), 648–670. https://doi.org/10.3102/1076998619867105
  26. PUSAT ASESMEN DAN PEMBELAJARAN. (2021). Statistik ANBK Grafik Satuan Pendidikan Pelaksana Asesmen Nasional. https://anbk.kemdikbud.go.id/#statistik
  27. Rahman, A. (2017). Studi Komperatif Konsep Pendidikan Dalam Pemikiran Tjokroaminoto, Ki Hadjar Dan Freire Dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Academy of Education Journal, 8(2), 122–149. https://doi.org/10.47200/aoej.v8i2.368
  28. Reilly, D., Neumann, D. L., & Andrews, G. (2019). Gender differences in reading and writing achievement: Evidence from the National Assessment of Educational Progress (NAEP). American Psychologist, 74(4), 445–458. https://doi.org/10.1037/amp0000356
  29. Rijali, A. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
  30. Rijoly, H. M., & Patty, J. (2021). PEMAHAMAN PENERAPAN AKM (ASESMEN KOMPETENSI MINIMAL) BAGI GURU-GURU DI KEC. SALAHUTU KAB. MALUKU TENGAH. Gaba-Gaba : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Pendidikan Bahasa Dan Seni, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.30598/gabagabavol2iss1pp49-55
  31. Rohim, D. C. (2021). Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.14993
  32. Sari, D. R., & Rosa, B. M. (2021). ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM DAN SURVEI KARAKTER DI INDONESIA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PEMIKIRAN IBNU SINA. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 35. https://doi.org/10.24014/potensia.v7i1.10033
  33. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
  34. Sugiyono, Mr. (2021). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kunjungan Rumah di Masa Pandemi Covid-19. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7). https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.189
  35. Taherong, R., & Febriani, Y. (2021). Ujian nasional sebagai wacana pendidikan. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7(1), 141–147. https://doi.org/10.35326/pencerah.v7i1.1006
  36. Teresia, W. (2021). Asesmen Nasional 2021. Guepedia.
  37. Wibowo, A. M. (2022). Pergeseran Paradigma Pembelajaran: Analisis Dampak Penerapan Asesmen Nasional Dalam Bingkai Teori Kognitif Sosial. MADRASAH: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14(2), 137–152. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.18860
  38. Wulandari, D., & Musringudin, M. (2022). Evaluasi Kegiatan Pekan Budaya dalam Menanamkan Sikap Cinta Tanah Air di Sekolah Intercultural. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 364–376. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1410