Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pengajaran
Main Article Content
Abstract
Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya berfungsi sebagai Supervisor, Manajer dan Administrator. Kepala Sekolah sebagai supervisor pengajaran, merupakan salah satu tugas pokok pada institusi pendidikan yang
berkaitan dengan pengawasan di bidang pengajaran, mencangkup perencanaan pengajaran, proses pembelajaran dan evaluasi pengajaran. Supervisor/
pengawasan pengajaran dilakukan agar setiap aktifitas guru, murid maupun staf administratif tetap mengarah pada tercapainya tujuan kurikulum, tujuan institusional maupun tujuan nasional. Bagaimanakah Kepala Sekolah sebagai Superior Pengajaran ? analisis dilakukan secara induktif, kesimpulannya bahwa Kepala Sekolah Sebagai Supervisor pengajaran berarti Kepala Sekolah
mendorong kemampuan guru membimbing siswa melakukan improvisasi dan lebih giat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar, memperbaiki sarana dan prasarana serta kendala-kendala yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak, agar proses pembelajaran berjalan lancar penuh semangat, nyaman dan konduktif. Mengkoordinasikan, melibatkan semua komponen, memberi nasihat, memupuk ksemangat kerja, memimpin sekaligus menilai guru, siswi dan staf administrasi. Memperbaiki dan mengembangkan pengajaran, kurikulum, merencanakan pembinaan secara kontinu, sistematis, prosedural, menggunakan instrumen, data obyektif dan realitis. Memberikan layanan dan bantuan serta melakukan koordinasi, stimulasi dan suport kearah kemajuan profesi guru, memperbaiki situasi pembelajaran dengan lima keterampilan dasar, yakni: hubungan kemanusiaan, proses kelompok, kepemimpinan pendidikan, mengatur personalia dan evaluasi
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Book Company.
Boardman et al, 1953, Democratic Supervision in Secondary School, Cambridge,
Massa Chusets, Houghton Mifflin Company.
Burton and Bruckner, 1995, Supervision, New York, Appleton Century Craff. Inc.
Daryanto, 2005, Administrasi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
Kasmadi, Hartono, dkk, 1977. Filsafat Ilmu, IKIP Semarang Press. Semarang.
Kunaryo, 1994, Filsafat Pendidikan Pancasila, IKIP Semarang Press, Semarang.
Made Pidarta, 2004, Filsafat Pendidikan Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta.
Oliva, Peter F. 1984, Supervision for Today’s School, Second Edition, Longman
Inc, New York & London.
Sahertian, Piet. A, 2000, Konsep Dasar & Teknik Supervise Pendidikan, Rineka
Cipta, Jakarta.
Sutomo, dkk, 1998, Profesi Kependidikan, IKIP Semarang Press, Semarang