Main Article Content

Abstract

Guru memiliki peran dan fungsi yang penting, paling dominan diantara komponen-komonen pendidikan
dalam pembelajaran, dan harus ada pada satuan pendidikan (sekolah). Guru BK wajib memiliki kompetensi
sebagai pendidik dan memahami tugas dalam mengelola pengembangan kedewasaan berfikir, bersikap dan
bertindak peserta didik, serta mampu melaksanakan Kurikulum 2013 pada satuan pendidikan. Dengan
demikian, profesionalisme dan karakter guru BK menjadi taruhannya. Guru BK sebagai salah satu komponen
guru sebagai sumberdaya pendidikan, mereka mempunyai tanggung jawab yang sangat strategis,
sebagaimana penghargaan jam kerja konselor ditetapkan 36 jam per minggu. Guru BK sesuai dengan peran
dan fungsinya, dalam penerapan Kurikulum 2013 harus berani akrobatik. Hal yang dimaksud akrobatik
adalah, merubah peran menjadi konservator potensi peserta didik. Guru BK harus mampu melaksanakan
prinsip-prinsip manajemen bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan. Guru BK harus profesional dan
melaksanakan tugas dengan hati dengan manajemen layanan konseling yang prima terhadap kepentingan
peserta didik

Keywords

Guru BK Kurikulum 2013 Konservator Professional

Article Details

References

  1. Altaf Harlona. 2013. Landasan Teoritis
  2. Kurikulum 2013.
  3. http://samparona.blogspot. com/
  4. 2013/10/ landasan-teoritis-kurikulum2013.html. Diakses 10 Oktober 2014
  5. Dewan Perwakilan Rakyat. 2003. UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20
  6. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
  7. Nasional. Semarang: CV. Duta Nusindo.
  8. Djumhar dan Moh. Surya. 1975. Bimbingan
  9. dan Penyuluhan di Sekolah (Guidance &
  10. Counseling). Bandung: CV Ilmu.
  11. Isnaini. 2011. Pengertian Guru Bimbingan dan
  12. Konseling. http://id.shvoong.com
  13. /social-sciences/education/2173138-
  14. pengertian-guru-bimbingan-dankonseling/ #ixzz34L3fCw6X. Diakses 10
  15. Oktober 2014
  16. Kemendikbud. 2013. Pendekatan Ilmiah dalam
  17. Pembelajaran (Bahan Pelatihan
  18. Nasional). Jakarta: Badan
  19. Pengembangan Sumber daya Manusia
  20. Pendidikan dan Kebudayaan dan
  21. Guru BK Konserfator Potensi Peserta Didik Dalam Penerapan Kurikulum 2013
  22. (Tri Jaka Kartana)
  23. 134
  24. Penjaminan Mutu Pendidikan.
  25. Muawanah. 2012. Peran Bimbingan dan
  26. Konseling di Sekolah.
  27. http://muawanah66. wordpress.
  28. com/2012/04/30/peran-bimbingankonseling-di-sekolah/ Diakses 10
  29. Oktober 2014
  30. Winkel, W.S,. 2005. Bimbingan dan Konseling
  31. di Intitusi Pendidikan, Edisi Revisi.
  32. Jakarta: Gramedia
  33. Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia
  34. bebas. 2013. Konservasi.
  35. http://id.wikipedia. org/ wiki/Konservasi.
  36. Diakses 10 Oktober 2014
  37. ……………… 2010. Peraturan Bersama Menteri
  38. Pendidikan Nasional dan Kepala Badan
  39. kepegawaian Negara. Nomor:
  40. 03/V/PB/2010 dan Nomor: 14 Tahun
  41. 2010: Tentang: Petunjuk Pelaksanaan
  42. Jabatan Fungsional Guru dan Angka
  43. kreditnya.
  44. educatinalwithptkdotnet.files.wordpress.
  45. com/.../permen-diknas-no-14-ta.
  46. Diakses 10 Oktober 2014