Hambatan Implementasi Kurikulum 2013 oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Kota Tegal
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). kondisi sarana dan prasarana yang mendukung layanan BK dalam
implementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal. (2). Dukungan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah serta guruguru dalam implementasi kurikulum 2013 dalam layanan BK di SMP 01 Kota Tegal. (3). Materi layanan BK dalam
implementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian ini adalah
penelitian kasus. Variabel atau subyek yang diteliti yaitu guru-guru BK dan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan
siswa kelas VII SMP Negeri 01 Kota Tegal. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber data sebagai uji keabsahan data.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). kondisi
sarana dan prasarana yang mendukung layanan BK dalam implementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal adalah
menunjukkan cukup memadai (2). Dukungan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah serta guru-guru dalam implementasi
kurikulum 2013 dalam layanan BK di SMP 01 Kota Tegal menunjukkan sangat apresiasif.(3). Materi layanan BK dalam
implementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal menunjukkan sesuai dengan kemampuan dasar, bakat, dan minat
peserta didik, dan sudah sesuai dengan peminatan peserta didik. Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam penelitian
adalah (1).sarana layanan BK masih menggunakan kelas, (2). belum memiliki LCD khusus untuk guru BK. (3).terbatasnya
dana dan sekolah tidak diperbolehkan memungut dana dari siswa, (4). materi layanan peminatan yang disampaikan kepada
siswa,dan guru BK mencari atau berusaha sendiri.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Konseling. Jakarta:ABKIN
Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian.
Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2002. Pendidikan Berorientasi
Kecakapan Hidup( Life Skill).Jakarta:
Tim BBE
Hidayat, Sholeh.2013. Pengembangan
Kurikulum 2013. Jakarta : PT Remaja
Rosdakarya
http://mintotulus.files.wordpress.com/2014/10
/04-modul-1-kurikulum-2014-danprofesionalisasi-bk. diakses 4
Nopember 2014
http://tepenr06.wordpress.com/2011/11/24/im
plementasi-kurikulum/ diakses 05
Nopember 2014.
Singarimbun, Masri. 1993.Metode Penelitian
Survei. Jakarta : LP3S
Mulyasa.2013. Pengembangan dan
Implementasi Kurikulum 2013.
Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Nasution. 1993. Pengembangan Kurikulum.
Bandung: Citra Aditya Bakti.
Nuh,Mohammad.2013. Menyambut Kurikulum
2013. Jakarta : PT Kompas Media
Nusantara Sugiyono.2008. Metode
Penelitian Pendidikan. Bandung :
Alfabeta
Sukmadinata,Nana. S 2003. Pengembangan
Kurikulum:Teori dan Praktik.Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Sudrajat,Akhmad.2008.Pengembangan
Kurikulum, http/istpi
ordpress.com/2014
/10/05/pengembangan kurikulum/
diakses 5 Nopember 2014.
UU No. 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan
Nasional.