Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). kondisi sarana dan prasarana yang mendukung layanan BK dalam
implementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal. (2). Dukungan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah serta guruguru dalam implementasi kurikulum 2013 dalam layanan BK di SMP 01 Kota Tegal. (3). Materi layanan BK dalam
implementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal.Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, jenis penelitian ini adalah
penelitian kasus. Variabel atau subyek yang diteliti yaitu guru-guru BK dan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan
siswa kelas VII SMP Negeri 01 Kota Tegal. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam
penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data dan sumber data sebagai uji keabsahan data.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). kondisi
sarana dan prasarana yang mendukung layanan BK dalam implementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal adalah
menunjukkan cukup memadai (2). Dukungan kepala sekolah dan wakil kepala sekolah serta guru-guru dalam implementasi
kurikulum 2013 dalam layanan BK di SMP 01 Kota Tegal menunjukkan sangat apresiasif.(3). Materi layanan BK dalam
implementasi kurikulum 2013 di SMP 01 Kota Tegal menunjukkan sesuai dengan kemampuan dasar, bakat, dan minat
peserta didik, dan sudah sesuai dengan peminatan peserta didik. Hambatan-hambatan yang ditemukan dalam penelitian
adalah (1).sarana layanan BK masih menggunakan kelas, (2). belum memiliki LCD khusus untuk guru BK. (3).terbatasnya
dana dan sekolah tidak diperbolehkan memungut dana dari siswa, (4). materi layanan peminatan yang disampaikan kepada
siswa,dan guru BK mencari atau berusaha sendiri.

Keywords

Hambatan Bimbingan dan Konseling Implementasi Kurikulum 13

Article Details

References

  1. ABKIN.2013. Panduan Khusus Bimbingan dan
  2. Konseling. Jakarta:ABKIN
  3. Arikunto,Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian.
  4. Jakarta: Rineka Cipta
  5. Depdiknas. 2002. Pendidikan Berorientasi
  6. Kecakapan Hidup( Life Skill).Jakarta:
  7. Tim BBE
  8. Hidayat, Sholeh.2013. Pengembangan
  9. Kurikulum 2013. Jakarta : PT Remaja
  10. Rosdakarya
  11. http://mintotulus.files.wordpress.com/2014/10
  12. /04-modul-1-kurikulum-2014-danprofesionalisasi-bk. diakses 4
  13. Nopember 2014
  14. http://tepenr06.wordpress.com/2011/11/24/im
  15. plementasi-kurikulum/ diakses 05
  16. Nopember 2014.
  17. Singarimbun, Masri. 1993.Metode Penelitian
  18. Survei. Jakarta : LP3S
  19. Mulyasa.2013. Pengembangan dan
  20. Implementasi Kurikulum 2013.
  21. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  22. Nasution. 1993. Pengembangan Kurikulum.
  23. Bandung: Citra Aditya Bakti.
  24. Nuh,Mohammad.2013. Menyambut Kurikulum
  25. 2013. Jakarta : PT Kompas Media
  26. Nusantara Sugiyono.2008. Metode
  27. Penelitian Pendidikan. Bandung :
  28. Alfabeta
  29. Sukmadinata,Nana. S 2003. Pengembangan
  30. Kurikulum:Teori dan Praktik.Bandung:
  31. Remaja Rosdakarya.
  32. Sudrajat,Akhmad.2008.Pengembangan
  33. Kurikulum, http/istpi
  34. ordpress.com/2014
  35. /10/05/pengembangan kurikulum/
  36. diakses 5 Nopember 2014.
  37. UU No. 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan
  38. Nasional.