Mengubah Stigma Negatif Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan Konseling Melalui Layanan Informasi Di Mts N 1 Labuhanbatu
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa layanan informasi mampu mengubah stigma negatif terhadap guru BK. Pendekatan kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber data, hasil observasi dan wawancara merupakan data primer. Hasilnya terdapat perubahan stigma negatif siswa terhadap guru BK setelah diberikan layanan informasi secara bertahap, dari 33 siswa di MTSN1 Labuhanbatu khususnya dikelas VIII C sebelumnya terdapat 22 siswa yang memiliki stigma negatif terhadap guru BK dan setelah diberikan layanan secara bertahap 10 orang siswa memiliki perubahan stigma negatif secara keseluruhan terhadap guru BK. Faktor pendukung perubahan stigma negatif guru BK tidak terlepas dari dukungan kepala sekolah kepada guru BK dan bersamaan dengan perubahan sikap guru BK menjadi lebih ramah dan mudah tersenyum kepada siswa –siswi di MTSN1 Labuhanbatu, lebih mendekatkan diri kepada siswa –siswi dan menjalin komunikasi yang baik, sementara faktor penghambatnya ialah guru BK tidak mempunyai jam khusus untuk melakukan layanan, kurangnya pemahaman guru mata pelajaran mengenai pentingnya peran dan tugas guru BK
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Babtista, O., Ernawati, R., & Wigunawati, E. (2020). Persepsi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Selaras, 3(2), 111–128.
Hapsyah, D. R., Fitriyani, N., Handayani, R., Nurmalia, T., Jabbar, A. A., Purwanto, D., & Badrujaman, A. (2019). Hubungan Antara Sikap Terhadap Evaluasi Guru Bk Dengan Keterlaksanaan Progam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Renaissance, 4(02), 564. https://doi.org/10.53878/jr.v4i02.102
KURNIAWATI, E. (2022). Mengurangi Persepsi Negatif Siswa Terhadap Guru Bk Melalui Layanan Informasi Di Kelas X Mm2 Smkn 1 Juwiring. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 92–97. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i1.979
Pribadi, J. (2020). Menilik beban kerja guru BK di Langkat. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Dasar IPA, IPS, Dan Bahasa Inggris, 3(1), 17–23.
Rizqi, Z. (2021). Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Pelaksanaan Asas Kerahasiaan Oleh Guru Bk Dengan Minat Siswa Mengikuti Konseling Individu Kelas Viii Smp Negeri 2 Ampelgading Pemalang. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 51–58. https://doi.org/10.24905/jcose.v3i1.70
Syakur, M., & Budianto, A. A. (2021). Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Covid-19. Maddah, 3(2), 135. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/maddah/article/download/1339/994/
Yeni Karneli, Azmatul Khairiah Sari, P. (2021). Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling Di Sekolah. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(1), 36–49. https://doi.org/10.51178/jetl.v3i1.117