Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa layanan informasi mampu mengubah stigma negatif terhadap guru BK. Pendekatan kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder sebagai sumber data, hasil observasi dan wawancara merupakan data primer. Hasilnya terdapat perubahan stigma negatif siswa terhadap guru BK setelah diberikan layanan informasi secara bertahap, dari 33 siswa di MTSN1 Labuhanbatu khususnya dikelas VIII C sebelumnya terdapat 22 siswa yang memiliki stigma negatif terhadap guru BK  dan setelah diberikan layanan secara bertahap 10 orang siswa memiliki perubahan stigma negatif secara keseluruhan terhadap guru BK. Faktor pendukung perubahan stigma negatif guru BK tidak terlepas dari dukungan kepala sekolah kepada guru BK dan bersamaan dengan perubahan sikap guru BK menjadi lebih ramah dan mudah tersenyum kepada siswa –siswi di MTSN1 Labuhanbatu, lebih mendekatkan diri kepada siswa –siswi dan menjalin komunikasi yang baik, sementara faktor penghambatnya ialah guru BK tidak mempunyai jam khusus untuk melakukan layanan, kurangnya pemahaman guru mata pelajaran mengenai pentingnya peran dan tugas guru BK

Keywords

Stigma Negatif,Guru BK,Layanan Informasi

Article Details

References

  1. Alvi, A., & Hastin, M. (2019). STIGMA GURU BIMBINGAN KONSELING (Mengubah Mainset Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan Konseling Melalui Keterampilan Komunikasi Interpersonal). Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 3(1), 11. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v3n1.p11-14
  2. Babtista, O., Ernawati, R., & Wigunawati, E. (2020). Persepsi Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Terhadap Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Selaras, 3(2), 111–128.
  3. Hapsyah, D. R., Fitriyani, N., Handayani, R., Nurmalia, T., Jabbar, A. A., Purwanto, D., & Badrujaman, A. (2019). Hubungan Antara Sikap Terhadap Evaluasi Guru Bk Dengan Keterlaksanaan Progam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Renaissance, 4(02), 564. https://doi.org/10.53878/jr.v4i02.102
  4. KURNIAWATI, E. (2022). Mengurangi Persepsi Negatif Siswa Terhadap Guru Bk Melalui Layanan Informasi Di Kelas X Mm2 Smkn 1 Juwiring. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(1), 92–97. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i1.979
  5. Pribadi, J. (2020). Menilik beban kerja guru BK di Langkat. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Dasar IPA, IPS, Dan Bahasa Inggris, 3(1), 17–23.
  6. Rizqi, Z. (2021). Hubungan Persepsi Siswa Mengenai Pelaksanaan Asas Kerahasiaan Oleh Guru Bk Dengan Minat Siswa Mengikuti Konseling Individu Kelas Viii Smp Negeri 2 Ampelgading Pemalang. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 51–58. https://doi.org/10.24905/jcose.v3i1.70
  7. Syakur, M., & Budianto, A. A. (2021). Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Covid-19. Maddah, 3(2), 135. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/maddah/article/download/1339/994/
  8. Yeni Karneli, Azmatul Khairiah Sari, P. (2021). Pelayanan Profesional Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminimalisir Kesalahpahaman Tentang Bimbingan Konseling Di Sekolah. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(1), 36–49. https://doi.org/10.51178/jetl.v3i1.117

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'