Pengaru Manajemen Dana BOS, Iklum Sekolah, Kualitas Pelayanan Gguru dna Motivasi Kerja Guru Terhadap Akses Masyarakat dalam Pendidikan di Kota Tegal
Main Article Content
Abstract
Kebijakan Pembangunan Pendidikan sekarang ini menekankan pada
Program Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun Gratis dan Bermutu,
dengan didukung oleh pembiayaan pendidikan melalui APBN maupun APBD.
Realisasinya dalam bentuk Dana BOS, termasuk BOS Buku, Dana Pendidikan
dan Dana Pendamping. Tujuannya agar Bangsa Indonesia kedepan minimal
memiliki tingkat pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau
Madrasah Tsnawiyah (MTs). Hal ini untuk mengantisipasi tantangan global yang
semakin kompleks, dimana kompetisi pengembangan Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi (Iptek) semakin canggih, agar kedepan bangsa Indonesia tidak hanya
menjadi penonton belaka.
Apakah terdapat pengaruh antara Manajemen Dana BOS, Iklim Sekolah,
Kualitas Pelayanan Guru dan Motivasi Kerja Guru terhadap akses masyarakat
dalam pendidikan di Kota Tegal?. Analisis dilakukan secara induktif,
kesimpulannya bahwa Manajemen Dana BOS, Iklim Sekolah, Kualitas Pelayanan
Guru dan Motivasi Kerja Guru berpengaruh terhadap akses masyarakat dalam
pendidikan. Dana BOS yang dikelola dengan baik dan benar sesuai dengan
peraturan Perundang-undangan, Iklim Sekolah yang positif dan kondusif, Kualitas
Pelayanan Guru memuaskan peserta didik, orang tua / wali dan masyarakat pada
umumnya, Motivasi Kerja Guru yang bergairah dan profesional, menimbulkan
kepercayaan sekaligus jalan masuk masyarakat dalam pendidikan di Kota Tegal.
Pendidikan tanpa biaya atau gratis seharusnya diberlakukan sejak dari
Taman Kanak-Kanak (TK/PAUD) sampai Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)
sehingga para peserta didik tinggal konsentrasi pada pelajaran dan belajar untuk
menyerap ilmu pengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan keterampilan
(skill). Setelah lulus diharapkan menjadi sumber daya manusia (SDM) berkualitas
yang memiliki keunggulan kompetitif di pasar nasional maupun global.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Dalam Rangka Wajib Belajar 9 Tahun Yang Bermutu, 2010, Dirjen
Manajemen Dikdasmen Kementrian Pendidikan Nasional.
Gibson,J.L., Ivancevich,J.M. & Donnelly, Jr.J.H,1996,Organisasi : Perilaku,
Struktur dan Proses, (Edisi Kedelapan), Alih Bahasa : Nunuk Ardiani,
Jakarta: Binarupa Aksara.
Koontz,S., O’Donnel,C. & Weihrich, H., 1984, Manajemen, (8th. Ed).,New York :
Mc. Graw Hill International Book Company.
Manullang, 1990, Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta : Tarsito.
Nawawi, Hadari, 1997, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis
Kompetitif, Yogyakarta : UGM Press.
_______, 2002, Membenahi Pendidikan Nasional, Cetakan Pertama, Jakarta :
Rineka Cipta.
_______, 2004, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Cetakan Kedua, Jakarta :
Rineka Cipta.
Suryosubroto, Manajemen Pendidikan Di Sekolah, Cetakan Pertama, Jakarta :
Rineka Cipta.
Tilaar, 2006, Manajemen Pendidikan Nasional (Kajian Pendidikan Masa Depan),
Cetakan Kedelapan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Zaitman, G., Florio, D.H., & Silorski, 1977, Educational Change, Models
Strategies, Tactics and Management, New York : Mac Millan Publishing,
Co.
Zamroni, 2000, Paradigma Pendidikan Masa Depan, Cetakan Pertama,
Yogyakarta : Bigraf Publishing