Pengembangan Konseling Sekolah Berbassis Life Skill
Main Article Content
Abstract
Masalah pendidikan di indonesia dari waktu ke waktu meliputi pemerataan mutu, revelansi, efeisiensi, dan efektifitas pendidikan. Konseling life skill sebagai upaya untuk membantu siswa agar mampu mengembangkan keterampilan membantu dirinya sendiri. Melalui konseling kecakapan hidup individu diharapkan mampu memahami kecakapan-kecakapan yang dimiliki, memahani kebutuhan masa depannya, menyusun alternatif-alternatif pemecahan masalah masa depannya berdasarkan potensinya dalam rangka mencapai kesuksesan dalam hidup. Tujuan konseling life skills adalah (1) membantu individu agar dapat mampu membantu dirinya dengan cara mengembangkan keterampilan berpikir (thinking skills) dan bertindak (action skills) sehingga dapat mengatasi masalah yang dialaminya sekarang, dan mampu mencegah terjadinya masalah di masa depan. (2) membantu individu agar menjadi “the skilled person†yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk hidup secara efektif dalam memghadapi berbagai aspek kehidupan
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License