A Pengembangan E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Proyek IPAS Pengembangan E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Proyek IPAS
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Seorang pendidik harus selalu belajar untuk mengikuti perkembangan teknologi. Proyek IPAS merupakan matapelajaran baru di kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka mengarahkan pembelajaran yang berdiferensiasi. Pemanfaatan teknologi khususnya bidang pendidikan salah satunya adalah pembuatan e-modul interaktif. Metode penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop dan Desimination). Define merupakan tahapan untuk menganalisa kebutuhan peserta didik. Design merupakan tahapan untuk merancang produk yang akan dibuat. Develop merupakan tahap validasi oleh pakar materi dan pakar media. Hasil yang diperoleh dari validasi pakar media dan pakar materi dihitung dengan analisis Aikens’V diperoleh bahwa produk valid dan layak. Tahapan yang terakhir adalah Desimination adalah penyebarluasan produk yang dilakukan dalam skala kecil yaitu di kelas X SMK N 1 Dukuhturi. Dengan menggunakan Uji t diketahui terdapat adanya perbedaan antara hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol. Selanjutnya Uji N Gain Skor diperoleh peningkatan sebesar 0,721 yang artinya terjadi peningkatan Gain Skor.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Ervinda, Febry. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran E-modul Interaktif Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X DI SMA N 1 Slogohimo. Surakarta :Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2019. Statista Untuk Penelitian. Bandung:Alfabeta
Sujaya, Kadek Dwitya Arya, Admaja Dwi Herlambang dan Tri Afirianto. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran e-modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Dasar Program Kepakaran Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK Negeri 5 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. Vol. 7. No. 4. April 2023.