Keefektifan Pelaksnaan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Umum Kota Tegal
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keefektifan pelaksanaan program
layanan bimbingan dan konseling sekolah menengah umum kota Tegal dengan
menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dari
Stufflebeam. Penelitian dilakukan di wilayah Kota Tegal; Tegal timur 5 SMU,
Tegal Barat 6 SMU, Tegal Selatan 2 SMU. Populasi penelitian adalah siswa kelas
2 sejumlah 2.485 orang, dan guru sebanyak 30 orang. Subyek penelitian meliputi
guru BK dan para siswa, yang pengambilannya dilakukan dengan teknik random
sampling karena setiap individu diberi kesempatan yang sama untuk menjadi
sampel. Uji coba dilakukan kepada 40 siswa di luar subyek penelitian. Instrumen
pengumpulan data adalah lembar kesiapan guru BK, lembar tanggapan siswa,
lembar persepsi siswa dan lembar perilaku siswa. Pengumpulan data utama
dilakukan dengan menggunakan kuesioner, sedangkan pengumpulan data
pendukung menggunakan wawancara, observasi dan dikumentasi.
Hasil evaluasi input memberi gambaran bahwa kesiapan guru BK dengan
perolehan skor 108 (32,35%) kategori tinggi, tanggapan persepsi siswa dengan
perolehan skor 95 (31,05%) kategori tinggi. Layanan BK dengan perolehan skor
141 (46,08%) dan perilaku siswa memperoleh skor 109 (35,62%) dalam tingkatan
cukup. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kesiapan guru BK, tanggapan siswa,
layanan BK, dan perilaku siswa layak digunakan sebagai instrumen penelitian.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
manusia, teori dan
pengukurannya (edisi kedua).
Yogyakarta: Andi.
Arikunto, Suharsimi. 1988. Penilaian
program pendidikan. Jakarta:
Depdikbud.
______________. 1993. Managemen
pengajaran secara manusiawi.
Jakarta: Rineka Cipta.
______________. 1999. Dasardasar evaluasi pendidikan.
Jakarta: Bumi Aksara.
______________. 2002. Prosedur
penelitian: suatu pendekatan
dan praktek. Jakarta: Asdi
Mahasatya.
Badawi, Achmad. 1973. Pengantar
bimbingan dan penyuluhan.
Yogyakarta: FIP IKIP
Yogyakarta.
Brinkerhoff, Robert O et. al.
1990. Program evaluation: a
practitioner’s guide for trainer
and education. Boston: KluweNijhoff Publishing.
Cowan J. 1985. Effectiveness and
efficiency in higher education.
San Francisco: Jooey Bath
Publisher.
Depdikbud. 1997. Petunjuk
pelaksanaan teknis bimbingan
konseling. Jakarta:
Dirjendikmensar.
Devung, G. Simon. 1998. Pengantar
ilmu administrasi dan
manajemen. Jakarta:
Depdikbud.
Doyle. K.O. 1983. Evaluating
teaching. Toronto: Lexington
Book Company.
Ekosiswoyo, Rosdi. 1991. Ukuran
baku untuk evaluasi program.
Semarang: IKIP Semarang.
Etzioni, Amitai. 1985. Organisasiorganisasi modern. Jakarta: UI
Press.
Hadi, Sutrisno. 1986. Statistik.
Yogyakarta: Fakultas Psikologi
UGM.
____________. 1997. Seri program
statistik. Yogyakarta: UGM.
Hasan, Said. 1988. Evaluasi
kurikulum. Jakarta: P2LPTK.
Handoko, T. Hani. 1997.
Manajemen. Yogyakarta:
BPFE.
Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan. 1990. Kamus
besar bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
Komaruddin. 1979. Ensiklopedi
managemen Indonesia.
Bandung: Alumni.
Maman, Rachman. 1993. Strategi
dan langkah-langkah
penelitian pendidikan.
Semarang: IKIP Semarang
Press.
Lusky, Melissa B. and Hayes,
Richard L. 2001.
“Collaborative consultation
and program evaluation”.