Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka belajar di SMP dan SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deksriptik kualitatif yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah, dimana peneliti merupakan ekprimen kunci dengan analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian lebih menekankan makna dari pada generalisasi yaitu proses penalaran yang bertolak dari individu menuju kumpulan umum. Subjek penelitian terdiri dari dua jenjan, untuk SMA sekolah yang dijadikan subjek yaitu SMA Negeri 8 Pontianak dan SMAIT Al Mumtaz kemudian untuk jenjang SMP sekolah yang yang menjadi subjek penelitian adalah SMP Negeri 22 Pontianak dan SMP Al Fityan Kubu Raya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam kutikulum merdeka mencakup 4 komponen diantarnya : 1) layanan dasar, layanan dasar dilakukan untuk membantu peserta didik mengembangkan pemahaman dan keterampilannya sesuai dengan tugas perkembangannya serta mencapai profil pelajar Pancasila. 2) Perencanaan Individual, meliputi bantuan layanan peminatan dalam memilih jalur pendidikan atau karier yang sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki siswa, dalam melakukan layanan ini, strategi yang dapat dilakukan berupa pemetaan kemampuan awal dari peserta didik. 3) Layanan responsif, meliputi bantuan kepada peserta didik dalam kondisi darurat yang membutuhkan pertolongan. 4) layanan dukungan sistem yaitu terkait dukungan pengembangan professional keilmuan yang berkelanjutan.
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
- Fitriani (2023) Implementasi Layanan BK di SMP. Skripsi IKIP PGRI Pontianak
- Kaelan. (2012) Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta
- Rustam Dkk (2019). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Pontianak : IKIP Press
- Usanto S (2022) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Cakrawala Repositori IMWI Volume 5, Nomor 2, Desember 2022. p-ISSN : 2620-8490; e-ISSN ; 2620-8814. Institut Teknologi dan Bisnis Swadharma Indonesia.
- Prayitno & Erman Amti (2012) Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta
- Vera Tri Wulan (2023) Analisis Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Kota Pontianak.
- Winkel & Hastuti, Sri. (2007). Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogjakarta: Media Abadi
- https://pontianak.go.id/pontianak-hari-ini/berita/Pemkot-Pontianak-Terapkan-Kurikulum-Merdeka,-Belajar-Berbasis-Minat-Bakat
- https://pontianak.tribunnews.com/2022/07/29/penerapan-kurikulum-merdeka-akan-bertahap-di-sejumlah