Main Article Content

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan masih menjadi pekerjaan rumah dalam sistem pendidikan kita. Manajemen dan kepemimpinan MBS bisa mengatasi masalah rendahnya mutu pendidikan. Implementasi kurikulum berbasis kompetensi (KBK) di sekolah juga tergantung dari peranan manajemen dan kepemimpinan yang MBS tersebut. Keberhasilan implementasi KBK di sekolah tidak terlepas dari bagaimana pola manajemen yang digunakan dalam mensukseskan KBK di sekolah yakni Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). MBS ini kiranya diharapkan mampu dalam meningkatkan mutu pendidikan. Untuk itu maka peran manajemen dan kepemimpinan sekolah yang MBS merupakan usaha inovatif dalam mensukseskan KBK di sekolah. Sehingga pada giliran dapat meningkatkan mutu pendidikan. Tidak hanya peran kepala sekolah saja, melainkan guru dan masyarakat juga sangat berperan dalam ikut mensukseskan KBK di sekolah tersebut.

Keywords

Manajemen Implementasi Kurikulum Berbasis Komptensi Kepemimpinan MBS

Article Details

References

  1. Arifin Abdul Rahman 1971. Pengembangan dna filosofi Kepemimpinan Kerja, Jakarta: Bharata
  2. Bappenas. 1999. School Based Manajemen. Jakarta: Bappenas