Kepemimpinan Dan Supervisi Kepala Sekolah Serta Hubungannya Dengan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru

Main Article Content

Umbu Tagela
Yustinus Windrawanto
Sapto Irawan

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan Ex-Postfacto, yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh antara persepsi guru tentang kepemimpinan sekolah terhadap kinerja guru; (2) pengaruh yang signifikan antara persepsi guru tentang supervisor pendidikan terhadap kinerja guru; (3) pengaruh antara pemahaman guru tentang kompetensi profesional terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilaksanakan terhadap guru SMP Negeri dan Swasta di Kota Magelang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 670 guru dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini 168 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data digunakan adalah regresi linear sederhana dan berganda dengan bantuan IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) ada kontribusi secara simultan persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan pemahaman guru tentang kompetensi profesional terhadap kinerja guru; (2) adanya pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan pemahaman guru tentang kompetensi profesional terhadap kinerja guru; (3) adanya pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hal ini membuktikan bahwa guru sudah dapat memperbanyak pengetahuan tentang kepemimpinan, supervisi kepala sekolah, kompetensi profesional dalam mewujudkan kinerja guru yang optimal.

Article Details

Section
Articles

References

Ali, K., & Agustian, D. W. (2018). Analisis Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Di Rumah Sakit Muhammadiyah Metro. Seminar Nasional Teknologi Dan Bisnis, 76–83. http://eprints.undip.ac.id/18569/
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Dharma, A. (2004). Manajemen Supervisi: Petunjuk Praktis Bagi Para Supervisor. Raja Grafindo Persada.
Evita, S. N., Muizu, W. O. Z., & Atmojo, R. T. W. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Behaviorally Anchor Rating Scale dan Management By Objectives (Studi kasus pada PT Qwords Company International). Pekbis Jurnal, 9(1), 18–32.
Fattah, N. (2006). Landasan Manajemen Pendidikan (Remaja Ros).
Gibson, J. L. (2006). Organization Behavior, Structure. Mc Graw-Hill.
Iskandar, D., & Wibowo, U. B. (2016). Peran Pengawas Pendidikan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan SMP Di Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(nomor 2), 179–195.
Mulyasa. (2013). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (1st ed.). Bumi Aksara.
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265
Orlosky, & Smith. (1978). Curriculum Development. Cengage Learning.
Pidarta, M. (1999). Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Bumi Aksara.
Prabowo, S., & Yoga, D. S. (2016). Supervisi Kunjungan Kelas Sebagai Upaya Membina Profesional Guru SlTP/SLTA. Jurnal Sosial Humaniora, 9(1), 96. https://doi.org/10.12962/j24433527.v9i1.1281
Prasetyono, H., Ramdayana, I. P., & Estiningsih, W. (2020). Peningkatan Kinerja Guru melalui Lingkungan Kerja dengan Mengoptomalkan Efektivitas Kepemimpinan dan Komitmen Tugas. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 255–266. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p255
Purwanto. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Sahertian, A., P. (2008). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi. Rineka Cipta.
Sintani, L., Fachrurazi, Mulyadi, Nurcholifah, I., Fauziah, Hartono, S., & Jusman, I. A. (2022). Dasar Kepemimpinan. In Cendikia Mulia Mandiri Foundation (Issue Januari). Yayasan Cendekia Mulia Mandiri. https://www.researchgate.net/publication/358349241
Sohiron. (2015). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan (Issue January). Kreasi Edukasi.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Supriyadi, D. (2009). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Adikita Karya Nusa.
Suradinata, E. (1997). Pemimpin dan Kepemimpinan Pemerintah. Gramedia.
Tagela, U. (2005). Administrasi Sekolah. Widya Sari Press.
Thoha, M. (2003). Perilaku Organisasi. Raja Grafindo Persada.
Tugiman. (2004). Peranan Kepemimpinan Formal dalam Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Negeri 1,2 Plupuh Sragen. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Tuwoh, N., & Tjuana, A. (2018). Hubungan Akreditasi Sekolah dan Supervisi Kepala Sekolah Dengan Kualitas Sekolah. Widya Sari, 20(7).

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'