Main Article Content

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru matematika SMA sangat penting untuk mengembangkan keprofesiannya. Untuk
meningkatkan kompetensi guru perlu dikembangkan sebuah model pelatihan PTK berbasis pendampingan. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan sebuah model pelatihan PTK berbasis pendampingan yang layak untuk meningkatkan
profesionalitas. Metode penelitian research and development (R&D). Tahapan pengembangan memproduk, (a) buku
pedoman pelatihan dan panduan instruktur; (b) buku panduan, dan modul materi bagi peserta; dan (c) model pelatihan PTK.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi dan angket. Validasi model dilakukan oleh
pakar dan praktisi. Uji coba model meliputi uji coba terbatas terhadap 16 guru dan uji coba diperluas terhadap 24 guru
matematika SMA kabupaten Brebes. Hasil penelitian menunjukkan:(1) perangkat produk yang divalidasi pakar dan praktisi
memperoleh rerata skor 62,15 (kualifikasi baik), (2) model final pelatihan hasil pengembangan layak diterapkan. layak
ditandai dengan terdapat manfaat penggunaan model dengan rerata skor 3,59 (sangat tinggi), terdapat kepraktisan
penggunaan model dengan rerata skor 3,48 (sangat tinggi), dan terdapat kelayakan model dalam pelatihan dengan rerata
skor 3,58 (sangat tinggi), serta implementasi lapangan yang diprogramkan mampu menghasilkan produk laporan hasil
penelitian PTK. Simpulan penelitian bahwa model final pelatihan PTK berbasis pendampingan dan perangkat pelatihannya
layak di digunakan untuk meningkatkan profesionalitas guru matematika SMA di kabupaten Brebes.

Keywords

Pengembangan Model Pelatihan PTK Pendampingan Profesionalitas

Article Details

References

  1. Abidin, Z.N., dan Hasan, A. 2012 Review of
  2. Effective Mentoring Practices for
  3. Mentees Develpment. Journal of
  4. Studies in education. ISSN 2162-6952.
  5. 2012, Vol.2,No 1. 43400 UPM Serdang,
  6. Selangor, Malaysia.
  7. Borg, R. W., dan Gall, D. M. 2007. Education
  8. Research: An Introduction. New York
  9. dan London: Logman.
  10. Chaudhery, U. A. 2014. A Critical Study of
  11. Evaluation Modelsfor Training and
  12. Development.
  13. Journal of Global Research Computer Sci
  14. ence and Technology, Vol 1 Issue 143.
  15. Department of Computer Science Lingaya’s
  16. University Faridabad Harayana, India
  17. Hardjana, M. 2001. Training SDM yang Efektif.
  18. Yogyakarta: Kanisius Press.
  19. Kamil, M. 2010a. Model Pendidikan dan
  20. Pelatihan. Bandung: Alfa Beta
  21. Karso, Suyadi, G., dan Muhsetyo,G. 2011.
  22. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: UT
  23. Mujiman, H. 2011. Manajemen Pelatihan
  24. Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta:
  25. Pustaka Pelajar.
  26. Permenpan RB No. 16. 2009. Jabatan
  27. Fungsional Guru dan Angka Kriditnya