Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk : 1) Mengevaluasi implementasi Program Pendidikan Karakter; 2) Menganalisis dampak implementasi Pendidikan Karakter; dan 3) Membuat kesimpulan dan memberikan rekomendasi keberlanjutan Program Pendidikan Karakter. Penelitian ini menggunakan metode CIPP. Hasil penelitian: 1) Implementasi Program Pendidikan Karakter mengembangkan beberapa strategi seperti adanya sosialisasi, pengembangan pendidikan karakter dalam Kegiatan Pembelajaran, Kegiatan Pembiasaan Program Harian, Mingguan, Bulanan, Tengah Tahun dan Tahunan dalam program tersebut terdapat kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dengan menerapkan nila-nilai karakter dan Budaya Sekolah; 2) Dampak implementasi Pendidikan Karakter bagi sekolah, guru, dan peserta didik perlunya pembiasaan untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik dan melakukan sosialisasi kepada warga sekolah untuk mengubah mindset bahwa pendidikan karakter sangat penting serta dibutuhkan bagi warga sekolah; 3) Implementasi Pendidikan Karakter memberikan hal positif bagi perilaku peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, peneliti merekomendasikan program pendidikan karakter berbasis budaya sekolah di SDN Bringin 02 untuk dilanjutkan dan bisa dikembangkan lagi.

Keywords

Evaluasi Program Pendidikan Karakter CIPP

Article Details

References

  1. Batubara, R., Lubis, A. A., Zuhro, W., Pratami, S., & Silitonga, N. (2022). Evaluation of Character Education Program in SD IT Nurul Madani Bandar Setia. 6(2), 1767–1771.
  2. Djuanda, I. (2020). Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karakter Model Cipp (Context, Input, Process Dan Output). AL-AMIN : Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 3(1), 37–53. https://jurnal.stitalamin.ac.id/index.php/alamin/article/view/39/32
  3. Ferdian, L., & Dwikurnaningsih, Y. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Kristen. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.17977/um025v5i12020p275
  4. Indonesia, P. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2022, 1–16. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022
  5. JUMADI, J., SUTJIPTO, S., & HANAFI, I. (2022). The Evaluation of Character Education Program Implementation in Al-Azhar Islamic Elementary School Kelapa Ivory North Jakarta. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 3(2), 409–429. https://doi.org/10.38142/ijesss.v3i2.233
  6. Kemdikbud. (2022). Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter. Cerdas Berkarakter. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/tentang-ppk/
  7. Kemendikbud. (2017). Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Indonesian Ministry of Education and Culture, 1–10. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=132%0Acerdasberkarakter.kemendikbud.go.id
  8. Kemendikbudrisek. (2022). Rapor Pendidikan Publik 2022. 2022. https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php
  9. Nur DS, Y. (2021). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 161–174. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4729
  10. Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
  11. Yuliana, N., R, M. D., & Fahri, M. (2020). Model Pendidikan Holistik Berbasis Karakter Di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 15–24. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15872

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'