Evaluasi Kurikulum Pendidikan Untuk Pembelajaran Berkelanjutan: Menghadapi Tantangan Global
Main Article Content
Abstract
Evaluasi kurikulum pendidikan menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan global yang kompleks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian berupa studi kepustakaan. Tujuannya mengulas berbagai aspek evaluasi kurikulum dari beberapa jurnal yang meliputi implementasi Kurikulum Merdeka, Kurikulum 2013, Kurikulum KTSP, dan Kurikulum Berbasis Kompetensi PAI di berbagai tingkat pendidikan. Temuan menyoroti perlunya peningkatan pemahaman guru dan kepala sekolah terhadap indikator penilaian, peningkatan mutu pembelajaran melalui berbagai metode pembelajaran dan proyek ekstrakurikuler, serta peran penting evaluasi dalam mengatasi tantangan seperti kendala infrastruktur dan keterbatasan sumber daya manusia. Selain itu, penelitian juga menunjukkan relevansi desain Kurikulum Berbasis Kompetensi KKNI untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang kompetitif dalam menghadapi persaingan global. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi pengembangan kurikulum pendidikan yang responsif terhadap dinamika global saat ini.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Arofah, E. F. (2016). Evaluasi Kurikulum Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 15(2), 1–23.
Astuti, J., & Darmawan, C. (2023). ANALISIS ISI NASKAH BERITA SISWA JURUSAN PRODUKSI SIARAN PERTELEVISIAN SMK NEGERI 5 PALEMBANG Media massa adalah istilah yang mulai digunakan pada tahun 1902-an untuk mengistilahkan jenis media secara khusus untuk didesain untuk mecapai masyarakat yang sa. 2(1), 73–82.
Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11
Candra, H. (2023). Analisis Etika Pendidikan Implementasi Nilai-nilai Filosofis dalam Kurikulum Global. Literacy Notes, 1(2), 1–8.
Ekayana, A. A. G., & Ratnaya, I. G. (2022). Evaluasi Kurikulum Program Sarjana Sistem Komputer Menggunakan Model CIPP Stufflebeam. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 366–376. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.49622
Elfira, I., Syamsurizal, S., & Lufri, L. (2023). Systematic Literature Review?: Efektivitas Penggunaan Google Form untuk Evaluasi Pembelajaran. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 93–109. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/2811
Fakhri, A. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran?: Menjawab Tantangan Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Confrence Of Elementary Studies, 1(1), 32–40. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19711/6716
Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 66–75. http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/248
Hayuningsih, R. T., Kurnia, A., Rosita, R., Khoiril, R., & Amin, A. (2024). Evaluasi kurikulum merdeka di sma mta surakarta. Journal Transformation of Mandalika, 5(2), 184–187. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/2508
Ikram, M. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar d i SMP Negeri 2 Parepare. Edium Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 21–29.
Irawan, C. M. (2023). Kurikulum merdeka dan pengembangan perangkat pembelajaran sebagai solusi menjawab tantangan sosial dan keterampilan abad-21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1(2021), 109–120.
Kartowagiran, B. (2010). Planing Musyawarah Desa. Jurnal on Education, 05(3), 1–9.
Khumaini, F., Isroani, F., & Aya, M. (2022). Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam?: Kurikulum dan Pendekatan Humanistik di Era Digital. Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(2), 680–692. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.243
Laksono, T. A., & Izzulka, I. F. (2022). Evaluasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4082–4092. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2776
Lathifah, I., Fungkiuudin, H., Trisnaningtyas, R., Yus Setiawan, R., Afifatul Alfiyah, N., Muthoharoh, L., & Rohman Program Studi Tadris IPS Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, ur. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Pendidikan IPS Di Era Globalisasi. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 213–223. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.784
Mansur, N. (2017). Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 4(2), 118. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1884
Mubai, A., Jalinus, N., Ambiyar, A., Wakhinuddin, W., Abdullah, R., Rizal, F., & Waskito, W. (2021). Implementasi Model Cipp Dalam Evaluasi Kurikulum Pendidikan Teknik Informatika. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1383–1394. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.549
Nada, A. Q. (2023). Implementasi Evaluasi Kurikulum Sekolah (Studi Kasus Sekolah Dasar Di Kota Semarang). MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3), 396–406.
Napitupulu, G., Silalahi, M., & Gultom, S. (2023). Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 1 Bandar. Journal on Education, 6(1), 5397–5406.
Nasirudin, A. (2021). Evaluasi Kurikulum Pembelajaran Sekolah Dasar Menggunakan Model Cipp Stufflebeam. Proceeding Umsurabaya, 13–30. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/7856%0A
Nasution, I. (2022). Peran Profesional Guru Sebagai Pengembang Kurikulum. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 14. https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2166
Nurhidayah, S. (2020). No Title????. SELL Journal, 5(1), 55.
Putri, N. W., & Febriani, D. F. (2021). Implemantasi Fatwa MUI tentang Akad Mudharabah terhadap Produk Tabungan Safari Kospin Jasa Syariah Banjaran Tegal. Journal of Islamic Civilization, 3(1), 72–79. https://doi.org/10.33086/jic.v3i1.1932
Ropidianti Sianturi, E., Aprianty Simangunsong, F., Yusrian Zebua, E., & Turnip, H. (2022). Pengawasan Dan Evaluasi Kurikulum. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 1(4), 175. https://doi.org/10.29300/btu.v4i1.1995.
Sabarrudin, Silvianetri, Y. N. (2022). Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Dalam Belajar?: Studi Kepustakaan Sabarrudin1. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 1349–1358.
Sarnoto, A. Z. (2024). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Journal on Education, 1(3), 15928–15939.
Sudrajat, K. M., Muhtar, T., & Susilawati, D. (2023). Evaluasi Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(3), 771–788. https://doi.org/10.37058/sport.v7i3.8430
Sukma Agustina Dwi Hapsari, Karimah, S., & Mardhiyana, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Round Table Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2021, 1(1), 213–220. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/730
Syahadat, A. R. (2023). Evaluasi Kurikulum Matematika: Tantangan dan Peluang dalam Memenuhi Standar Pendidikan Global. Jurnal Dunia Ilmu, 3(2), 1–12. http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/139%0Ahttp://duniailmu.org/index.php/repo/article/download/139/134
Ulya, N., & Syafei, M. M. (2022). 3905-Article Text-7436-1-10-20220526. 6, 9412–9420.
Wardhani, G. A. P. K., Susanty, D., Oksari, A. A., Nurhayati, L., Nuranzani, A., & Faridha, F. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Di Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(1), 53–59. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i1.42802