Main Article Content

Abstract

Inovasi manajemen kurikulum pendidikan berorientasi ke negara majumerupakan upaya yang dilakukan oleh setiap komponen bangsa untukmeningkatkan kualitas pendidikan sekaligus kualitas sumber daya manusia(human recources). Inovasi meliputi : keunggulan (relative advantage) sesuaidengan sistem nilai yang ada (compalibility), dapat digunakan / dimanfaatkan(complexity), dapat dicoba (iriability) serta dapat diamati (observability).Bagaimanakah palaksanaan inovasi manajemen kurikulum pendidikanberorientasi ke negara maju? Analisis dilakukan secara induktif kesimpulannyabahwa inovasi manajemen kurikulum pendidikan berorientasi ke negara maju,mengacu pada negara-negara yang telah terbukti kecanggihannya dibidang ilmupengetahuan dan teknologi (iptek). Imlementasinya dalam bentuk transferkurikulum dan sumber daya manusia (SDM) serta tukar menukar pelajar,mahasiswa, dosen bahkan pekerja agar terjadi transformasi budayakerja keras,budaya ingin tau, budaya pengembangan iptek sehingga tercipta atmosfir untukmengejar ketertinggalan dari negara-negara maju tersebut.Bangsa Indonesia belum terlambat untuki melakukan inovasi manajemenkurikulum pendidikan berorientasi ke negara maju menuju kehidupan peradabanmodern yang serba canggih tanpa mengeliminasi jati diri bangsa. Transferkurikulum pendidikan akan mendukung cita-cita bangsa yakni terbentuknyamanusia Indonesia seutuhnya dalam wadah NKRI yang berdasarkan Pancasila.Hasil pendidikan tetap mencakup ketiga komponen Taxonomi Bloom yaknipengetahuan (knowledge), sikap (attitude) dan ketrampilan (skill).

Keywords

Inovasi Manajemen Kurikulum Pendidikan Berorientasi Kenegara Maju

Article Details

References

  1. Haryono, 2007, Difusi dan Inovasi Pendidikan, Bahan Kuliah Program Pasca
  2. Sarjana (S3) UNNES, hand Out.
  3. Manullang, 1980, Dasar-dasar Manajemen, Ghalia, Bandung.
  4. Made Pidarta, 2004, Manajemen Pendidikan Indonesia, Rineka Cipta, Jakarta.
  5. Sutomo, dkk, 1998, Profesi Kependidikan, IKIP Semarang Press.