Main Article Content

Abstract

Media pendidikan merupakan suatu alat/perantara yang berguna untuk memudahkan
proses belajar mengajar dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara dosen dan
mahasiswa. Media dalam mengajar memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk
menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Sehingga kami mengadakan penelitian
bagaimana efektifitas penggunaan media belajar (ceramah dan LCD) dalam meningkatkan
motivasi belajar mahasiswa Program Studi PPKn UPS Tegal.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik komparatif. Desain penelitian ini
menggunakan variable mandiri (satu variable). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PPKn
regular semester VI Tahun Akademik 2014/2015 UPS Tegal. Metode sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah probability sampling. Sedangkan sample yang diambil, dilakukan
dengan teknik simple random sampling. Beberapa metode yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi angket, observasi dan wawancara. Untuk menguji instrument penelitian digunakan uji
validitas konstruk dan uji reliabilitas. Data dianalisis menggunakan teknik statistic analisa
deskriptif dan parametik independen sample t-test polled varian dengan SPSS Ver. 19.
Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi
belajar antara mahasiswa yang lebih menyukai menggunakan media bantu LCD ketika kegiatan
belajar mengajar berlangsung dengan mahasiswa yang lebih menyukai metode ceramah ketika
kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Berdasarkan penelitian di atas, maka disarankan dosen sebaiknya pandai dalam
mengkombinasikan penggunaan media belajar ceramah dan LCD. Hal ini selain untuk motivasi
dan prestasi belajar mahasiswa sekaligus juga untuk menghidari kebosanan.

Keywords

Media Belajar Ceramah LCD Motivasi Belajar

Article Details

References

  1. Arsyad, Azhar. 2003. Media
  2. Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja
  3. Grafindo Persada.
  4. Dariyo, Agus. 2004. Pengetahuan
  5. Tentang Penelitian Dan Motivasi
  6. Belajar pada Mahasiswa. Jurnal
  7. Psikologi Vo. 2 No. 1 Juni 2004.
  8. Pujadi, Arko. 2007. Faktor-Faktor Yang
  9. Mempengaruhi Motivasi belajar
  10. Mahasiswa : Studi Kasus Pada
  11. Fakultas Ekonomi Universitas
  12. Bunda Mulia. Business &
  13. management Journal Bunda
  14. Mulia. Vo. 3 No. 2 September
  15. 2007.
  16. Reid, Gavin. 2009. Motivating Learners
  17. In The Classroom: Ideas and
  18. strategi, penerjemah Hartati
  19. widiastuti, Jakarta: PT. Indeks.
  20. Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar
  21. Proses Belajar Mengajar,
  22. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
  23. Sugiyono. 2010. Statistika Untuk
  24. Penelitian. Bandung : Alfabeta.
  25. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009.
  26. Landasan Psikologi Proses
  27. Pendidikan, Bandung: PT. Remaja
  28. Rosdakarya.
  29. Syukur, Fatah NC. 2008. Teknologi
  30. Pendidikan, Semarang: Rasail
  31. Media Group, 2008
  32. Umar, Husen. 2011. Metode Penelitian
  33. Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.
  34. Jakarta: Raja Grafindo.
  35. Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru
  36. Dalam Psikologi Pembelajaran,
  37. Jakarta: Bumi Aksara.