Efektifitas Penggunaan Media Belajar (Ceramah dan LCD) terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PPKn Universitas Pancasakti Tegal
Main Article Content
Abstract
Media pendidikan merupakan suatu alat/perantara yang berguna untuk memudahkan
proses belajar mengajar dalam rangka mengefektifkan komunikasi antara dosen dan
mahasiswa. Media dalam mengajar memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk
menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Sehingga kami mengadakan penelitian
bagaimana efektifitas penggunaan media belajar (ceramah dan LCD) dalam meningkatkan
motivasi belajar mahasiswa Program Studi PPKn UPS Tegal.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik komparatif. Desain penelitian ini
menggunakan variable mandiri (satu variable). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa PPKn
regular semester VI Tahun Akademik 2014/2015 UPS Tegal. Metode sampling yang digunakan
dalam penelitian ini adalah probability sampling. Sedangkan sample yang diambil, dilakukan
dengan teknik simple random sampling. Beberapa metode yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi angket, observasi dan wawancara. Untuk menguji instrument penelitian digunakan uji
validitas konstruk dan uji reliabilitas. Data dianalisis menggunakan teknik statistic analisa
deskriptif dan parametik independen sample t-test polled varian dengan SPSS Ver. 19.
Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan motivasi
belajar antara mahasiswa yang lebih menyukai menggunakan media bantu LCD ketika kegiatan
belajar mengajar berlangsung dengan mahasiswa yang lebih menyukai metode ceramah ketika
kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Berdasarkan penelitian di atas, maka disarankan dosen sebaiknya pandai dalam
mengkombinasikan penggunaan media belajar ceramah dan LCD. Hal ini selain untuk motivasi
dan prestasi belajar mahasiswa sekaligus juga untuk menghidari kebosanan.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Dariyo, Agus. 2004. Pengetahuan
Tentang Penelitian Dan Motivasi
Belajar pada Mahasiswa. Jurnal
Psikologi Vo. 2 No. 1 Juni 2004.
Pujadi, Arko. 2007. Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Motivasi belajar
Mahasiswa : Studi Kasus Pada
Fakultas Ekonomi Universitas
Bunda Mulia. Business &
management Journal Bunda
Mulia. Vo. 3 No. 2 September
2007.
Reid, Gavin. 2009. Motivating Learners
In The Classroom: Ideas and
strategi, penerjemah Hartati
widiastuti, Jakarta: PT. Indeks.
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-Dasar
Proses Belajar Mengajar,
Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2010. Statistika Untuk
Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009.
Landasan Psikologi Proses
Pendidikan, Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Syukur, Fatah NC. 2008. Teknologi
Pendidikan, Semarang: Rasail
Media Group, 2008
Umar, Husen. 2011. Metode Penelitian
Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis.
Jakarta: Raja Grafindo.
Uno, Hamzah B. 2008. Orientasi Baru
Dalam Psikologi Pembelajaran,
Jakarta: Bumi Aksara.