Literatur Review Tren Pengembangan E-Modul pada Pembelajaran IPA untuk Jenjang SD-SMA Rentang Tahun 2020-2025
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pelajaran IPA mencakup fisika, kimia, biologi, serta ilmu bumi dan antariksa yang disatukan untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang gejala alam dan prinsip ilmiah. Karena banyak konsep ilmia yang bersifat abstrak, peserta didik sering mengalami kesulitan dalam memahaminya. E-modul menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif untuk membantu mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tren pengembangan e-modul pada pembelajaran IPA. Manfaatnya adalah untuk menemukan peluang riset yang dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain dalam mengembangkan e-modul IPA di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) terhadap 53 artikel dari jenjang SD hingga SMA, yang diperoleh melalui Google Scholar, Scopus, dan Mendeley Web. Artikel disaring berdasarkan tahun terbit (2020–2025) dan kesesuaian topik. Hasilnya menunjukkan: (1) e-modul IPA paling banyak dikembangkan di jenjang SD; (2) mayoritas penelitian berfokus pada peningkatan hasil belajar; (3) bidang yang dominan adalah IPA Tematik/IPAS; dan (4) Aplikasi paling dominan digunakan adalah Flip PDF Profesional.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
DAFTAR PUSTAKA
Adeoye, M. A., Wirawan, K. A. S. I., Pradnyani, M. S. S., & Septiarini, N. I. (2024). Revolutionizing Education: Unleashing the Power of the ADDIE Model for Effective Teaching and Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 13(1), 202–209. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i1.68624
Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2021). E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1)(1), 120–133. Retrieved from https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42657
Aliyah, S., & Widiyatmoko, A. (2022). Entrepreneurship-Based Biotechnology E-Module Development to Improve Critical and Creative Thinking Skills. Biosaintifika - Journal of Biology & Biology Education, 14(3), 454–462. Retrieved from https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v14i3.43299
Amini, R., & Usmeldi. (2022). Developing the Interactive e-Module Based on Integrated Learning for Primary School Students. International Journal of Information and Education Technology, 12(4), 272–279. Retrieved from https://doi.org/10.18178/ijiet.2022.12.4.1615
Anggraeni, N. D., Alviana, W. K. D., Wahyuni, D. F., Ainurrosyidah L.D.K, Mahardika, I. K., Sutarto, & Wicaksono, I. (2024). Analisis Perkembangan Peserta Didik Menurut Teori Jean Piaget dan Pengimplementasiannya Pada Pembelajaran IPA SMP. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1503–1519. Retrieved from https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1252
Anjarsari, D., Wardani, S., & Prasetya, A. T. (2023). Development of E-modules to Improve Critical Thinking Skills of Grade IV Elementary School Students. International Journal of Research and Review, 10(1), 553–560. Retrieved from https://doi.org/10.52403/ijrr.20230164
Arisman, N., & Hidayati, A. (2024). Pengembangan Media E-Modul Materi Tata Surya Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas VI SD. Journal of Pedagogy and Online Learning, 3(2), 39–50. Retrieved from https://doi.org/10.24036/jpol.v3i2.60
Asdar, M., & Barus, C. A. (2023). Analisis Perbandingan Perkembangan Kognitif Siswa SD dan SMP Berdasarkan Teori Piaget selama Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 148. Retrieved from https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5974
Bobihu, N., Latjompoh, M., Solang, M., Lamondo, D., Nusantari, E., & Akba, M. N. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 175–184. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41104
Glosita, K. N. L., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Tri Hita Karana pada Topik Siklus Hidup Makhluk Hidup dan Pelestariannya Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 78–90. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.884
Harahap, S. P. R., Andrian, F., & Annisah, S. (2024). Efektivitas Media Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5676–5687. Retrieved 27 March 2025 from https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12596
Istiqomah, I., Masriani, M., Rasmawan, R., Muharini, R., & Lestari, I. (2022). Pengembangan E-Modul Flipbook IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(5). Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3558
Kemendikbudristek. (2022a). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. Jakarta: Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek Republik indonesia.
Kemendikbudristek. (2022b). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D. Jakarta: Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.
Latifah, N., Ashari, & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Development of Physics E-Modules to Improve Critical Thinking Ability of Students. JIPS: JURNAL INOVASI PENDIDIKAN SAINS, 1(1), 1–7. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips
Manzil, E. F., Sukamti, & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112–126. Retrieved 12 April 2025 from http://journal2.um.ac.id/index.php/sd
Mardiana. (2024). Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–27. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.10934311
Pramesti, E. A. A., Wardani, I. S., & Rusminati, S. H. (2024). Pengembangan E-modul Liveworksheet untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(2), 1–6. Retrieved from https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i02.3088
Putra, L. D., Munika, J. S. D., Amanda, M., Rahman, R. A., Angelie, S. P. S. M., & Rahmawati, R. (2024). Peran Guru Dalam Pemilihan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Yang Menarik Perhatian Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Yogyakarta. Jurnal Publikasi Pendidikan, 14(1), 1–6. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/
Putri, A., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2021). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash Pada Tema Makananku Kesehatanku Untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 143–150. Retrieved from https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.143-150
Putri, F. A., Lubis, N., Siregar, N. N., Iskandar, W., & Matvayodha, G. (2024). Pendekatan Pembelajaran IPA Berbasis Sains di Pendidikan Dasar. Sittah: Journal of Primary Education, 5(1), 114–127. Retrieved from https://doi.org/10.30762/sittah.v5i1.3280
Putri, L. D., & Erita, Y. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Canva Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 7175–7185. Retrieved 27 March 2025 from https://j-innovative.org/index.php/innovative
Qiftiyah, M. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Berbantuan Canva untuk Peserta Didik Kelas IV. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 13–25. Retrieved 12 April 2025 from http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php
Silahuddin, A. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik, dan Fungsi Media Pembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Jurnal Prodi MPI, 4(2), 162–175.
Suastrawan, K. E., Suardana, I. N., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). Pengembangan E-Modul IPA SMP Kelas VII dengan Model Pogil Berbasis Isu-Isu Sosial Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 199–219. Retrieved from https://doi.org/DOI:10.20527/quantum.v12i2.11228
Taufan, A., Astutik, S., Mujib, M. A., Nurdin, E. A., & Apriyanto, B. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 133–143. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i2.61947
Wijaya, G. R., Kuncoro, T., & Ichwanto, M. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Flip PDF Profesional Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan SMK Negeri 11 Malang. EDUCATIONAL BUILDING: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 9(2), 2477–4898. Retrieved from https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v9i2.61384
Zulkan, Z., Wulandari, S., & Zulirfan. (2023). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Canva dan Flip PDF Profesional. Educatio Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 50–60. Retrieved from https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.18715