Literatur Review Tren Pengembangan E-Modul pada Pembelajaran IPA untuk Jenjang SD-SMA Rentang Tahun 2020-2025

Main Article Content

Fitriana Dwi Lestari
Tri Astuti
Bambang Subali
Nuni Widiarti

Abstract

Abstrak


Pelajaran IPA mencakup fisika, kimia, biologi, serta ilmu bumi dan antariksa yang disatukan untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang gejala alam dan prinsip ilmiah. Karena banyak konsep ilmia yang bersifat abstrak, peserta didik sering mengalami kesulitan dalam memahaminya. E-modul menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif untuk membantu mengatasi hal  tersebut. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tren  pengembangan e-modul pada pembelajaran IPA. Manfaatnya adalah  untuk menemukan peluang riset yang dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain dalam mengembangkan e-modul IPA di masa mendatang. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) terhadap 53 artikel dari jenjang SD hingga SMA, yang diperoleh melalui Google Scholar, Scopus, dan Mendeley Web. Artikel disaring berdasarkan tahun terbit (2020–2025) dan kesesuaian topik. Hasilnya menunjukkan: (1) e-modul IPA paling banyak dikembangkan di jenjang SD; (2) mayoritas penelitian berfokus pada peningkatan hasil belajar; (3) bidang yang dominan adalah IPA Tematik/IPAS; dan (4) Aplikasi paling dominan digunakan adalah Flip PDF Profesional.

Article Details

How to Cite
Dwi Lestari, F., Astuti, . T., Subali, B., & Widiarti, N. (2025). Literatur Review Tren Pengembangan E-Modul pada Pembelajaran IPA untuk Jenjang SD-SMA Rentang Tahun 2020-2025. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 19(2), 38–47. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v19i2.552
Section
Articles

References

DAFTAR PUSTAKA

Adeoye, M. A., Wirawan, K. A. S. I., Pradnyani, M. S. S., & Septiarini, N. I. (2024). Revolutionizing Education: Unleashing the Power of the ADDIE Model for Effective Teaching and Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 13(1), 202–209. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i1.68624

Agung, I. D. G., Suardana, I. N., & Rapi, N. K. (2021). E-Modul IPA dengan Model STEM-PjBL Berorientasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1)(1), 120–133. Retrieved from https://doi.org/DOI:https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.42657

Aliyah, S., & Widiyatmoko, A. (2022). Entrepreneurship-Based Biotechnology E-Module Development to Improve Critical and Creative Thinking Skills. Biosaintifika - Journal of Biology & Biology Education, 14(3), 454–462. Retrieved from https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v14i3.43299

Amini, R., & Usmeldi. (2022). Developing the Interactive e-Module Based on Integrated Learning for Primary School Students. International Journal of Information and Education Technology, 12(4), 272–279. Retrieved from https://doi.org/10.18178/ijiet.2022.12.4.1615

Anggraeni, N. D., Alviana, W. K. D., Wahyuni, D. F., Ainurrosyidah L.D.K, Mahardika, I. K., Sutarto, & Wicaksono, I. (2024). Analisis Perkembangan Peserta Didik Menurut Teori Jean Piaget dan Pengimplementasiannya Pada Pembelajaran IPA SMP. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 11(3), 1503–1519. Retrieved from https://doi.org/10.47668/edusaintek.v11i3.1252

Anjarsari, D., Wardani, S., & Prasetya, A. T. (2023). Development of E-modules to Improve Critical Thinking Skills of Grade IV Elementary School Students. International Journal of Research and Review, 10(1), 553–560. Retrieved from https://doi.org/10.52403/ijrr.20230164

Arisman, N., & Hidayati, A. (2024). Pengembangan Media E-Modul Materi Tata Surya Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas VI SD. Journal of Pedagogy and Online Learning, 3(2), 39–50. Retrieved from https://doi.org/10.24036/jpol.v3i2.60

Asdar, M., & Barus, C. A. (2023). Analisis Perbandingan Perkembangan Kognitif Siswa SD dan SMP Berdasarkan Teori Piaget selama Pandemi COVID-19. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 148. Retrieved from https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5974

Bobihu, N., Latjompoh, M., Solang, M., Lamondo, D., Nusantari, E., & Akba, M. N. (2025). Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 175–184. Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v8i1.41104

Glosita, K. N. L., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Tri Hita Karana pada Topik Siklus Hidup Makhluk Hidup dan Pelestariannya Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(2), 78–90. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i2.884

Harahap, S. P. R., Andrian, F., & Annisah, S. (2024). Efektivitas Media Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 5676–5687. Retrieved 27 March 2025 from https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12596

Istiqomah, I., Masriani, M., Rasmawan, R., Muharini, R., & Lestari, I. (2022). Pengembangan E-Modul Flipbook IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Basicedu, 6(5). Retrieved from https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3558

Kemendikbudristek. (2022a). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A. Jakarta: Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek Republik indonesia.

Kemendikbudristek. (2022b). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fase D. Jakarta: Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Latifah, N., Ashari, & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Development of Physics E-Modules to Improve Critical Thinking Ability of Students. JIPS: JURNAL INOVASI PENDIDIKAN SAINS, 1(1), 1–7. Retrieved from http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips

Manzil, E. F., Sukamti, & Thohir, M. A. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 112–126. Retrieved 12 April 2025 from http://journal2.um.ac.id/index.php/sd

Mardiana. (2024). Deskripsi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 17–27. Retrieved from https://doi.org/10.5281/zenodo.10934311

Pramesti, E. A. A., Wardani, I. S., & Rusminati, S. H. (2024). Pengembangan E-modul Liveworksheet untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 9(2), 1–6. Retrieved from https://doi.org/10.47435/jpdk.v9i02.3088

Putra, L. D., Munika, J. S. D., Amanda, M., Rahman, R. A., Angelie, S. P. S. M., & Rahmawati, R. (2024). Peran Guru Dalam Pemilihan Dan Penggunaan Media Pembelajaran Yang Menarik Perhatian Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Yogyakarta. Jurnal Publikasi Pendidikan, 14(1), 1–6. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/

Putri, A., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2021). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash Pada Tema Makananku Kesehatanku Untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 143–150. Retrieved from https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.143-150

Putri, F. A., Lubis, N., Siregar, N. N., Iskandar, W., & Matvayodha, G. (2024). Pendekatan Pembelajaran IPA Berbasis Sains di Pendidikan Dasar. Sittah: Journal of Primary Education, 5(1), 114–127. Retrieved from https://doi.org/10.30762/sittah.v5i1.3280

Putri, L. D., & Erita, Y. (2023). Pengembangan E-Modul Menggunakan Canva Pada Pembelajaran IPAS Di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 7175–7185. Retrieved 27 March 2025 from https://j-innovative.org/index.php/innovative

Qiftiyah, M. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Berbantuan Canva untuk Peserta Didik Kelas IV. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 13–25. Retrieved 12 April 2025 from http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php

Silahuddin, A. (2022). Pengenalan Klasifikasi, Karakteristik, dan Fungsi Media Pembelajaran MA Al-Huda Karang Melati. Jurnal Prodi MPI, 4(2), 162–175.

Suastrawan, K. E., Suardana, I. N., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). Pengembangan E-Modul IPA SMP Kelas VII dengan Model Pogil Berbasis Isu-Isu Sosial Sains Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(2), 199–219. Retrieved from https://doi.org/DOI:10.20527/quantum.v12i2.11228

Taufan, A., Astutik, S., Mujib, M. A., Nurdin, E. A., & Apriyanto, B. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 133–143. Retrieved from https://doi.org/10.23887/jjpg.v11i2.61947

Wijaya, G. R., Kuncoro, T., & Ichwanto, M. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Flip PDF Profesional Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan SMK Negeri 11 Malang. EDUCATIONAL BUILDING: Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan Dan Sipil, 9(2), 2477–4898. Retrieved from https://doi.org/10.24114/ebjptbs.v9i2.61384

Zulkan, Z., Wulandari, S., & Zulirfan. (2023). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Canva dan Flip PDF Profesional. Educatio Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(1), 50–60. Retrieved from https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.18715