Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivistik dengan Pendekatan Siklus Belajar dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Main Article Content

Sadali

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran konstruktivistik dengan siklus belajar guna
meningkatkan pemahaman materi dan keterampilan berpikir peserta didik pada pembelajaran IPS. Penelitian ini
menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik MTs Negeri
Model dan MTs Al-Hikmah 2, di wilayah Kabupaten Brebes. Adapun ubjek penelitian adalah 40 orang peserta didik dari
MTs Negeri Model Brebes dijadikan sebagai kelompok eksperimen, dan 40 orang peserta didik MTs Al-Hikmah 2 Brebes
sebagai kelompok kontrol.Temuan penelitiant ini: Pertama, pembelajaran IPS perlu perbaikan yaitu: pada tujuan, materi.
model, dan metode pembelajaran. sehingga mampu mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran.
Pelaksanaan pembelajaran IPS yang sebelumnya dengan pendekatan teacher-oriented perlu diubah menjadi studentoriented. Kedua, penerapan model konstruktivistik berpendekatan siklus belajar melalui penelitian ini dilaksanakan melalui
tahapan sebagai berikut: (1) Pendahuluan, diarahkan untuk menetapkan masalah yang berkaitan dengan pokok bahasan
atau sub pokok bahasan yang akan dipelajari; (2) Tahap Eksplorasi, guru memberi penjelasan ringkas atas sub-sub pokok
bahasan yang harus dipelajari peserta didik; (3) Tahap Penjelasan, peserta didik mempresentasikan dan menjelaskan hasil
kerjanya. (4) Tahap Penerapan Konsep, guru mengecek kembali pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah
mereka pelajari. (5) Tahap Evaluasi, guru mengevaluasi hasil belajar peserta didik. Ketiga, dibandingkan dengan
pembelajaran konvensional, penggunaan model pembelajaran konstruktivistik berpendekatan siklus belajar lebih efektif
dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir peserta didik dalam materi pelajaran IPS di kedua MTs yang
diteliti.Keempat, peningkatan efektivitas model pembelajaran ini mempersyaratkan aspek-aspek: (1) kepatuhan akan
prinsip-prinsip penyusunan RPP; (2) penghayatan akan pandangan konstruktivistik tentang esensi belajar dan peserta didik
sebagai paradigma yang mewarnai seluruh prosedur, media, sumber dan bahan ajar, serta evaluasi.

Article Details

Section
Articles

References

Bodner, George J. 1986. ”Contructivism: A
Theory of Knowledge” Journal of
Chemical Education Education, 63,
873-788.
Borg, W.R. & Gall, M.D. 1979 Educational
Research and Introduction. New York
& London: Longman.
Bruner, J. 1960. The Process of Education.
Combridge: Harvard University Press.
Hamid Hasan, S. 1996. Pendidikan Ilmu-ilmu
Sosial (Buku I). Bandung: Jurusan
Sejarah FPIPS IKIP Bandung.
Hamid Hasan, S. 1996. Pendidikan Ilmu-ilmu
Sosial (Buku II). Bandung: Jurusan
Sejarah FPIPS IKIP Bandung.
Sadia, I.W. 1996. Pengembangan Model
Konstruktivis dalam Pembelajaran IPA
di SMP. Disertasi: PPS IKIP Bandung,
tidak diterbitkan.
Wahab, Azis. 1987. Strategi Pengajaran IPS.
Jakarta: Universitas Terbuka.