Main Article Content

Abstract

Era abad 21 tidak sama dengan abad sebelumnya, utamanya perihal teknologi yang begitu mutakhir,oleh sebab teknologi mutakhir itu aneka macam informasi bisa dengan mudah dan cepat dapat jangkau yang tidak mengenal tempat dan waktu.Beragam keterampilan abad 21 diperlukan supaya tak ketinggalan oleh perkembangan pesat teknologi dan pengetahuan. Penelitian ini memiliki tujuan yakni mengetahui dan mendeskripsikan Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia Pada Kelas 11 Terbitan Kemdikbud. peneliti memakai pendekatan campuran antara kualitatif dan kuantitatif atau mixed methods serta memakai metode analisis isi/konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam buku Teks Bahasa Indonesia Pada Kelas 11 Terbitan Kemdikbud untuk siswa SMA/SMK Kelas XI. Buku Teks ini berjudul “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia  SMA/SMK Kelas XI”  telah memuat keterampilan abad 21 yaitu keterampilan berpikir kreatif, berpikir kritis dan pemecahan masalah, berkomunikasi, dan berkolaborasi, yang tersebar dalam setiap kegiatan pembelajaran. Jumlah keseluruhan muatan keterampilan abad 21 berjumlah sebanyak 148 muatan dengan keterampilan yang paling banyak yaitu keterampilan berkolaborasi dengan jumlah 53 muatan (35,8%).Hal ini bahwa buku teks menyediakan area yang besar untuk siswa dalam upaya pengembangan keterampilan berpikir kreatif, kritis dan inivatif, kolaboratif dan komunikatif. Keteramplan-keterampilan itu dicita-citakan akan menolong siswa dalam mengarungi masa depan

Keywords

Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia

Article Details

References

  1. Adisendjaja, Y. H. (2017). Analisis Buku Ajar Biologi SMA kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. Bandung: UPI.
  2. Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Dooley, K., & Sexton-Finck, L. (2017). A focus on collaboration: Fostering Australian Screen Production Students’ Teamwork Skills. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 8(1), 74–105.
  4. Fitriyantoro, A., & Prasetyo, A. P. B. (2016). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Pada Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Scientific. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 98–105.
  5. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Yogyakarta: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  6. Hadinugrahaningsih, T. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM. Jakarta: CV. Campustaka.
  7. Juwita, T., Ilmiyati, N., & Maladona, A. (2017). Analisis Kelayakan Buku Teks Siswa IPA Kurikulum 2013 pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII untuk Digunakan dalam Proses Pembelajaran Ditinjau dari Relevansi Isi, Ketepatan dan Kompleksitas. JUrnal Bio Educatio, 2(1), 63–70.
  8. Kundariati, M., Latifah, A., Laili, M., & Susilo, H. (2020). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Dan Literasi Digital Melalui Pembelajaran Biologi Berbasis Lesson Study Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Conference: Snowbel 2019 Seminar Nasional Dan Workshop BiologI-IPA Dan Pembelajaran KE-4, 232–239.
  9. Marfuah. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik melalui Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), 26(2), 148–160.
  10. Marlina, W., & Jayanti, D. (2019). 4C dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Revolusi 4.0. Prosiding Sendika, 5(1), 392–396.
  11. Milawati. (2014). Metode Everyone Is Teacher Here Pada Materi Ikatan Kimia Di Kelas X SMAN 1 Marawola. Jurnal Akademia Kimia, 3(1), 309–316.
  12. Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139.
  13. Muryati, S., Sudiatmi, T., & Saptomo, S. W. (2022). Stimulasi Keterampilan Abad Ke-21 bagi Siswa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia. Klitika, 4(1), 51–58.
  14. Mz, A. F. S. A., Rusijono, & Suryanti. (2021). Pengembangan dan Validasi Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2685–2690.
  15. Novili, W. I., Utari, S., & Saepuzaman, D. (2016). Penerapan Scientific Approach untuk Meningkatkan Literasi Saintifik dalam Domain Kompetensi Siswa SMP pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1), 51–56.
  16. Purwanti, E. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Abad 21. Malang: CV. Kota Tua.
  17. Rahmi, A., & Suparman, S. (2019). Analisis Kebutuhan Modul Dengan Pendekatan CTL untuk Meningkakan Motivasi Belajar dan Keterampilan 4C pada Peserta Didik. Prosiding Sendika, 5(1), 121–126.
  18. Riduwan, S. (2014). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
  19. Sandi, M. I. (2013). Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Katergori Literasi Sains. Universitas Pendidikan Indonesia.
  20. Sugiyanti, L., Alif, A., & Mursalin, M. (2018). Pembelajaran Pada Abad Ke 21 di SD. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444.
  21. Sunardi, Kurinanti, D., Sugiarti, T., Yudianto, E., & Nurmaharani, R. (2017). Pengembangan Indikator 4C’s yang Selaras dengan Kurikulum 2013 pada Pelajaran Matematika SMA/MA Kelas X Semester 1. AdMathEdu, 7(2), 197–210.
  22. Suraswati, L. M. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran Tematik Kelas V (Studi Kasus Di Salah Satu Sekolah Dasar Di Wonogiri, Jawa Tengah) Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Sanata Dharma.
  23. Susanti, D., & Risnanosanti. (2018). Pegembangan buku ajar untuk Menumbuh Kembangkan Kemampuan 4C (Critical, Creatif, Colabirative, Communivcative) Melalui PBL pada Pembelajaran Biologi di SMP 5 Seluma. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Enterpreneurship VI Tahun 2019. Jurnal Ilmiah, 1(1), 1–9.
  24. Syofyan, H., Susanto, R., Wijaya, Y. D., & Vebryanti. (2019). Pemberdayaan Guru dalam Literasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. International Journal of Community Service Learning, 3(3), 127–132.
  25. Tumanggor, A. M. R., Jumadi, J., Wilujeng, I., & Ringo, E. S. (2019). The Profile of Students’ Physics Problem Solving Ability in Optical Instruments. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(1), 29–40.
  26. Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137.
  27. Umam, H. I., & Jiddiyyah, S. H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis ProyekTerhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1), 350–356.
  28. Wayudi, M., Suwatno, & Santoso, B. (2019). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 67–82.
  29. Wilhalminah, A., Rahman, U., & Muchlisah. (2017). Pengaruh Keterampilan Komunikasi terhadap Perkembangan Moral Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah. Limbung. Jurnal Biotek, 5(2), 37–52.