Efektivitas Keterampilan Menulis Teks Editorial dengan Metode Eksperimen Berbantuan Media Youtube pada Siswa SMA
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode eksperimen dengan dukungan media YouTube dalam meningkatkan kemampuan menulis teks editorial pada siswa SMA Negeri 1 Bantan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimen design dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 20 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan menulis teks editorial pada siswa kelas XI SMA. Teknik analisis data pretest dan posttest. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistic inferensial. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata nilai pretest ialah 69.35 sedangkan nilai posttest sebesar 87.80. Penelitian ini memperoleh nilai t hitung lebih > t tabel dan berada dalam tingkat penerimaan Ha. (5.85 > 2.048,) maka Ha diterima atau Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji Ngain score 0.6 dengan kategori sedang. Dengan demikian, metode eksperimen berbantuan media Youtube dinilai efektif dalam meningkatkan ide kreatif siswa pada keterampilan menulis teks editorial.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Fauziati, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Opini/Editorial Melalui Penggunaanstrategi Think- Talk-Write (Ttw) Denganmodel ProjectBasedlearning Pada Peserta Didik Kelas Xii Mipa 3 Semester 2 Sma Negeri 1 Paguyangan Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 14(3), 167.
Hamdayana, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarya. Ghalia Indonesia.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka 2022.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Roestiyah. N. K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Smith, JR, & Johnson, L. (2018). Efektivitas Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Internasional Pendidikan Sains, 40(7), 865–883.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.