Efektivitas Keterampilan Menulis Teks Editorial dengan Metode Eksperimen Berbantuan Media Youtube pada Siswa SMA

Main Article Content

Rifa Aulia
Haryadi
Nuryatin

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode eksperimen dengan dukungan media YouTube dalam meningkatkan kemampuan menulis teks editorial pada siswa SMA Negeri 1 Bantan. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimen design dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 20 orang. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes kemampuan menulis teks editorial pada siswa kelas XI SMA. Teknik analisis data pretest dan posttest. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis statistic inferensial. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata nilai pretest ialah 69.35 sedangkan nilai posttest sebesar 87.80. Penelitian ini  memperoleh nilai t  hitung lebih > t tabel dan berada dalam tingkat penerimaan Ha. (5.85 > 2.048,) maka Ha diterima atau Ho ditolak. Berdasarkan hasil uji Ngain score 0.6 dengan kategori sedang. Dengan demikian, metode eksperimen berbantuan media Youtube dinilai efektif dalam meningkatkan ide kreatif siswa pada keterampilan menulis teks editorial.

Article Details

Section
Articles

References

Anis, M. B., Azizah, N., & Rukayah, R. (2020). The Effectiveness of Experimental Methods on The Learning of Science Materials Plant Development With Hydroponic Techniques on The Learning Outcomes of Students. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1 (3), 186–191.
Fauziati, E. (2019). Peningkatan Kemampuan Memproduksi Teks Opini/Editorial Melalui Penggunaanstrategi Think- Talk-Write (Ttw) Denganmodel ProjectBasedlearning Pada Peserta Didik Kelas Xii Mipa 3 Semester 2 Sma Negeri 1 Paguyangan Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 14(3), 167.
Hamdayana, J. (2017). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarya. Ghalia Indonesia.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Capaian pembelajaran Kurikulum Merdeka 2022.
Nazir, M. (2014). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Roestiyah. N. K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Smith, JR, & Johnson, L. (2018). Efektivitas Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Internasional Pendidikan Sains, 40(7), 865–883.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'WHERE'