Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Metode Brainwriting Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Pemalang
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini guna merancang dan mengkaji efektivitas model pembelajaran Group Investigation berbasis metode brainwriting dalam meningkatkan kemampuan menulis teks pidato persuasif pada siswa tingkat SMP. Pendekatan yang digunakan adalah Research and Development (R & D), dengan mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall yang telah disederhanakan menjadi enam tahap, dimulai dari studi pendahuluan hingga tahap pengujian efektivitas produk. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 132 siswa kelas VIII dari SMP Negeri 2 Randudongkal dan SMP Negeri 3 Moga. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan menulis siswa setelah penerapan model tersebut. Nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 67,51 menjadi 85,13, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya meningkat dari 67,61 menjadi 72,34. Model ini terbukti efektif dalam mendorong siswa untuk mengeksplorasi ide secara mandiri melalui metode brainwriting serta memperkuat kerja sama dalam penyusunan teks melalui pendekatan Group Investigation. Oleh karena itu, model ini dinilai layak dijadikan sebagai strategi pembelajaran inovatif dalam rangka memperkuat literasi siswa sesuai dengan arah Kurikulum Merdeka
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Borg, W. R., & Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction (4th ed.). New York: Longman.
Daryanto. 2010. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Gagne, R. M. 2005. The Conditions of Learning and Theory of Instruction. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Keraf, G. 2001. Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.
Kemendikbud. 2022. Panduan Pembelajaran Bahasa Indonesia Fase D (Kurikulum Merdeka). Jakarta: Direktorat Jenderal GTK.
Lestari, N. 2020. Penerapan Model Brainwriting untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal Pendidikan Bahasa, 15(2), 112–121.
Lestari, S. 2018. Strategi Pembelajaran Menulis Argumentatif Menggunakan Metode Investigatif. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(1), 45–53.
Nurgiyantoro, B. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rusman. 2021. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sani, R. A. 2013. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Uno, H. B. 2012. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
VanGundy, A. B. 1988. Techniques of Structured Problem Solving. New York: Van Nostrand Reinhold
Husnayaini, I., Rizki, M. T., & Savitri, C. (2021). An Analysis of Students’ Grammatical Errors in Writing Procedure Texts. EEdJ: English Education Journal, 1(1), 1–10.
Nartini, N., & Darmadi, D. (2020). Improving Student Mathematics Learning Achievement Through Group Investigation Learning Models. Social Sciences, Humanities and Education Journal (SHE Journal),1(2), 35-42.
Slavin, R. E. (2020). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Boston: Allyn and Bacon.
Suparman, S., Darwis, T. W., & Samsul, P. (2020). Development of Discussion Learning Model and Personal Investigation in Classroom Sociology Learning XI IPS SMA Muhammadiyah Enrekang.Journal ofIslam and Science,7(2), 94-98.
Utami, M. R., Pristiwati, R. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato Persuasif Menggunakan Model Investigasi Kelompok Berbantuan Media Audio untuk Siswa SMP. Jurnal Profesi Keguruan (JPK) 9(1), 24-34.