Main Article Content

Abstract

Penelitian ini menyajikan penggunaan gambar-gambar pada pembelajaran menulis untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam
menulis teks naratif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bulakamba.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sosial 3. Dengan menerapkan gambar pada pembelajaran menulis, partisipasi
para siswa dalam menulis meningkat. Hal ini ditandai dengan hasil penilaian menulis mereka yang meningkat dan partisipasi
menulis mereka juga meningkat. Ini bisa dilihat dari hasil penilaian mereka pada siklus 1 dan 2. Peningkatan kualitas menulis
mereka dinilai dengan menggunakan komponen-komponen menulis. Indikator peningkatan partisipasi siswa juga bisa dicapai. Hal
ini menunjukan bahwa strategi penggunaan gambar-gambar pada pembelajaran menulis efektif untuk meningkatkan partisipasi
siswa dalam menulis teks naratif

Keywords

Partisipasi Menulis Narasi Gambar

Article Details

References

  1. Comprone, J. 1974. A College Rhetoric; from
  2. Experience to Expression. USA: Brown
  3. Company Publisher.
  4. Cymru, Llywodraeth and Welsh Government.
  5. 2011. Pupil Participation – Good
  6. Practice Guide. Wales: Crown
  7. copyright.
  8. Depdiknas. 2006. Kurikulum 2006 Standar Isi
  9. Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah
  10. Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas
  11. Derewianka, B. 2004. Exploring How Text
  12. Work. Australia: Primary English
  13. Teaching Association.
  14. Derewianka, Beverly. 2011. A New Grammar
  15. Companion for Teachers. Sydney:
  16. Copyright Agency Ltd.
  17. Gerrot. L. and Wignel. P. 1994. Making Sense
  18. of Functional Grammar. Australia.
  19. Gerd Stabler. Antipodean
  20. Educational Enterprise.
  21. Harmer, J. 1998. How to Teach English: An
  22. Introduction to the Practice of English
  23. Language Teaching. New York:
  24. Addison Wesley Longman Limited.
  25. Harmer, J. 2004. The Practice of English
  26. Language Teaching. (3rd edition) Essex:
  27. Longman.
  28. Hyland, Ken. 2003. Second Language Writing.
  29. New York: Cambridge University
  30. Press.
  31. Kemmis, S., & Mc Taggart, R. 1998. The
  32. Action Research Planner. (3rd edition).
  33. Victoria: Deakin University Press.
  34. Murcia, Celce M. 2001. Teaching English as a
  35. Second or Foreign Language (3rd edition).
  36. Boston: Heinle & Heinle, Thomson
  37. Learning, Inc.
  38. Oshima, A. and Hogue, A. 2007. Introduction
  39. to Academic Writing. New York:
  40. Pearson.
  41. Rebecca, J. L. 2010. A Critical Handbook of
  42. Chiloe’s Literature. Massachusetts:
  43. Pearson Education, Inc.
  44. Tarigan, H. Guntur. 1990. Berbicara Sebagai
  45. Suatu Ketrampilan Berbahasa.
  46. Bandung: Penerbit Angkasa.
  47. Wright, A. 1989. Picture for Language Learning.
  48. Cambridge: Cambridge University
  49. Press