Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika

Main Article Content

Eleonora Dwi w
Lydia Arfani Suangga
Ibnu Sina

Abstract

This study aims to describe the influence of students' learning habits and attitudes in the mathematics learning
process. The purpose of this study was to prove how the influence of students' learning habits and attitudes on
mathematics learning outcomes. This study uses a quantitative approach with the Expos t facto method. Data
collection techniques used are interviews, documentation, and questionnaires. To find out the results of learning
mathematics and questionnaires using a Likert scale 4 for data on students' learning habits and attitudes. The
research data were then analyzed using simple regression and multiple regression. The results showed that there
was an influence between study habits and students' attitudes towards mathematics learning outcomes.

Article Details

How to Cite
Dwi w, E., Arfani Suangga, L. ., & Sina, I. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Sikap Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 15(1), 79–85. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v15i1.270
Section
Articles

References

Agustian, D., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Kontribusi Kebiasaan Belajar dan
Faktor Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Gugus X
Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2012/2013. MIMBAR PGSD Undiksha, 2 (1).
Amenan, A., & Sukidjo, S. (2016). Kesiapan Kewirausahaan Siswa SMP di Kabupaten
Lombok Tengah ditinjau dari Motivasi, Informasi Bisnis, dan Lingkungan
Keluarga. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 3 (1), 1-13.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azwar, S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daud, F. (2012). Pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan motivasi belajar terhadap hasil belajar
Biologi siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan dan
Djaali. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ferdinand, A. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas
Diponegoro.
Gunawan, Imam. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi
Aksara.
Hamalik, O. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hartono, B., Suniasih, N. W., & Wiarta, I. W. (2015). “Penerapan Pendekatan Ilmiah
Berbasis Asesmen Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dan
Sikap Spiritual”. MIMBAR PGSD Undiksha, 3 (1).
Nursa'adah, F. P. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Siswa Pada Pelajaran
IPA Terhadap Hasil Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).
Priyatno, D. 2010b. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS.
Yogyakarta: Garva Media.
Purnomo, Y. (2017). Pengaruh sikap siswa pada pelajaran matematika dan kemandirian
belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan
Matematika), 2(1), 93-105.
Sudjana, Nana. 2016. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prena Media Grup.

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.