Main Article Content

Abstract

Setiap orang harus memiliki kemampuan membaca dan harus dipelajari sejak dini. Meskipun setiap siswa mempuyai kemampuan membaca yang berbeda. AKM bisa dipakai dalam menilai kemampuan membaca mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menilai kemampuan membaca peserta didik kelas V. Pada penelitian ini memilih kualitatif deskriptif dan lokasi penelitian di SDN 114 Pekanbaru. Adapun metode yang dipilih yaitu  studi kasus di mana penelitian ini berfungsi mengungkapkan kemampuan AKM Literasi Membaca pada Siswa SD. Subjek pada penelitian ini ialah 20 orang peserta didik kelas V SDN 114 yang mengikuti tes AKM Literasi Membaca. Dalam penyelesaian soal literasi AKM, peserta didik dapat menggunakan strategi yang efektif, yaitu dengan menyelesaikan terlebih dahulu soal yang mudah. Hasil penelitian membuktikan untuk kemampuan literasi membaca siswa dikategorikan berdasarkan presentase skor nilai benar dalam soal. Kategori tersebut dibagi menjadi empat, yaitu baik sekali, baik, cukup, dan kurang. Dari penelitian yang dilakukan, terdapat 3 siswa dengan presentase 15% masuk dalam tingkat baik sekali, 13 siswa dengan presentase 65% masuk ke dalam tingkat cukup, dan 4 siswa dengan presentase 20% masuk ke dalam kategori kurang. Penelitian ini memberikan gambaran tentang kemampuan literasi membaca peserta didik dan bisa dipakai dalam bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar.

Keywords

Asesmen Kompetensi Minimum, Level Kognitif, Literasi Membaca

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Harahap, Dharma Gyta Sari, Fauziah Nasution, Eni Sumanti Nst, dan Salman Alparis Sormin. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(2):2089–98. doi: 10.31004/basicedu.v6i2.2400.
  3. Kurniasih, Imas. 2021. Kupas Tuntas Asesmen Nasional. Jakarta: Kata Pena.
  4. Kusmana, Suherli. 2017. “Pengembangan Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia 1(1):151–64.
  5. Linanda, Tressa, dan Deri Hendriawan. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum.” JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 6(3):783. doi: 10.33578/pjr.v6i3.8764.
  6. Maharani, Bela, dan Wahidin Wahidin. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum.” Jurnal Basicedu 6(4):5656–63. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3097.
  7. Meriana, Tju, dan Erni Murniarti. 2021. “Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14(2):110–16.
  8. Nafi’ah, Binti Azizatun, dan Nabilla Chesa Putri Hartonoa. n.d. “ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM ( AKM ) KELAS SEKOLAH DASAR SEBAGAI SARANA EVALUASI KEMAMPUAN LITERASI Binti Azizatun Nafi ’ ah.”
  9. Nurhayati, Enung, Ratih Sapdiani, Rochmat Tri Sudrajat, dan Zakiyah Lailatul Farihah. 2019. “Pengaruh Tabungan Literasi Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Tanggapan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Cimahi.” DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia 3(2):76–91.
  10. Nurzannati, Cici, dan Muhammad Mukhlis. 2022. “Higher Order Thinking Skills pada Soal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca Siswa.” 8(2):103–10. doi: 10.15294/jsi.v11i3.59592.
  11. Purwati, Panca Dewi, Aiman Faiz, Arif Widiyatmoko, Ngabiyanto, dan Siti Maryatul. 2021. “Asesmen Kompentensi Minimum (AKM) kelas jenjang sekolah dasar sarana pemacu peningkatan literasi peserta didik.” Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum 19(1):13–24.
  12. Pusmenjar. 2020. “Desain Pengembangan Soal AKM.” Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Pengembangan dan Perbukuan hlm. 1.
  13. Rohim, Dhina Cahya, Septina Rahmawati, dan Inggrid Dyah Ganestri. 2021. “Konsep Asesmen Kompetensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal VARIDIKA 33(1):54–62. doi: 10.23917/varidika.v33i1.14993.
  14. Sari, Desi Ratna, Epon Nur’aeni Lukman, dan Muhammad Rijal Wahid Muharram. 2021. “Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi Sekolah Dasar.” Fondatia 5(2):153–62. doi: 10.36088/fondatia.v5i2.1387.
  15. Sari, Via Putika, dan Ika Candra Sayekti. 2022. “Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) pada Kompetensi Dasar Literasi Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):5237–43. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2907.
  16. Yuliandari, Ria Norfika, dan Syamsul Hadi. 2020. “Implikasi Asesmen Kompetensi Minimum Dan Survei Karakter Terhadap Pengelolaan Pembelajaran SD Ria.” Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 5(2):203–19.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'