PERANAN EVALUASI DIRI DALAM PENGEMBANGAN DAN PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Main Article Content
Abstract
Evaluasi diri tergolong sangat muda di lingkungan perguruan tinggi (LPTK), evaluasi diri dimaksudkan untuk mengungkapkan dan melakukan kajian yang sistematis terhadap lingkungan internal dan eksternal.
Evaluasi diri dapat memberikan pendekatan yang lebih banyak dalam memberi informasi kepada dunia pendidikan untuk membantu perbaikan dan pengembangan program studi evaluasi diri dapat sebagai evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Perbedaan antara evaluasi internal dan eksternal, nampak pada maksud dan tujuannya.
Evaluasi diri merupakan salah satu aspek penting dalam keseluruhan daur akreditasi dengan berbagai peran dan kegunaannya, termasuk penjamin mutu (quality assurance). Di samping itu evaluasi diri untuk mengetahui kemampuan lembaga, untuk mempersiapkan akreditasi program dan sangat berguna untuk pengembangan program serta penjamin mutu internal.
Kata kunci : evaluasi diri, evaluasi internal, evaluasi eksternal, penjamin mutu, akreditasi
Article Details
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Depdiknas. 2002. Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad ke –21Jakarta : DirjenDikti.
Hasan, Hamid Said. 1988. Evaluasi Kurikulum. Jakarta : P2LPTK.
Mach Beath, John. 2002. Self Evaluation : What’s in it for schools?.London and New York : Rontledge Falmur.
Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta : Rineka Cipta.