Main Article Content

Abstract

Evaluasi diri tergolong sangat muda di lingkungan perguruan tinggi (LPTK), evaluasi diri dimaksudkan untuk mengungkapkan dan melakukan kajian yang sistematis terhadap lingkungan internal dan eksternal.


Evaluasi diri dapat memberikan pendekatan yang lebih banyak dalam memberi informasi kepada dunia pendidikan untuk membantu perbaikan dan pengembangan program studi evaluasi diri dapat sebagai evaluasi internal dan evaluasi eksternal. Perbedaan antara evaluasi internal dan eksternal, nampak pada maksud dan tujuannya.


Evaluasi diri merupakan salah satu aspek penting dalam keseluruhan daur akreditasi dengan berbagai peran dan kegunaannya, termasuk penjamin mutu (quality assurance). Di samping itu evaluasi diri untuk mengetahui kemampuan lembaga, untuk mempersiapkan akreditasi program dan sangat berguna untuk pengembangan program serta penjamin mutu internal.


 


Kata kunci  : evaluasi diri, evaluasi internal, evaluasi eksternal, penjamin mutu, akreditasi

Keywords

Evaluasi Diri Evaluasi Internal Evaluasi Eksternal Penjamin Mutu Akreditasi

Article Details

References

  1. BAN –PT. 2001. Evaluasi Diri Program Studi. Jakarta : BAN-PT
  2. Depdiknas. 2002. Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad ke –21Jakarta : DirjenDikti.
  3. Hasan, Hamid Said. 1988. Evaluasi Kurikulum. Jakarta : P2LPTK.
  4. Mach Beath, John. 2002. Self Evaluation : What’s in it for schools?.London and New York : Rontledge Falmur.
  5. Tayibnapis, Farida Yusuf. 2000. Evaluasi Program. Jakarta : Rineka Cipta.