Main Article Content

Abstract

Keberhasilan program pendidikan sangat dipengaruhi oleh kompetensi profesionalisme personel pengajar. Tanpa personel yang cakap dan efektif, program pendidikan tidak dapat berhasil. Penelitian ini mencoba mendeskripsikan dan mengalisis perencanaan dan pelaksanaan pengembangan tenaga pengajar tetap UPS. Populasi dalam penelitian ini seluruh dosen UPS. Sampel Penelitian ditentukan dengan sampling purposif, dilanjutkan “Snow Ballâ€.


Disimpulkan bahwa UPS sudah memiliki dasar-dasar dan kebijakan perencanaan pengembangan tenaga pengajar tetap, tetapi belum dilaksanakan secara optimal, agar efektif perlu ditinjau secara periodic.

Keywords

Kompetensi Profesionalisme Kebijakan Perencanaan

Article Details

References

  1. Anderson, Scarvia B. et. Al. 1975. Encyclopedia and Educational Evaluation. London: Jossy Press.Arjatmo, Tjokro negoro. 1999. Peranan Dosen dalam Proses Belajar Mengajar. Semiloka Universitas Trisakti Jakarta.H.A.R. Tilaar. 1994. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indo.-----------. 1997. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi Visi, Misi, dan Program Aksi Pendidikan dan Pelatihan Menuju 2020. Jakarta: Grasindo.
  2. CerminMajalah Ilmiah Universitas Pancasakti Tegal Edisi 037 / Maret 2005-----------.2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.Kerlinger, Fred N. 1978. Behavioral Research. New York: Hill Rinehard and Wiston.Masrun. 1992. Analisis Item. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.PP No. 30 Th. 1990 tentang Pendidikan Tinggi, disempurnakan menjadi PP No. 57 Th. 1998, kemudian diganti dengan PP No. 60 Th. 1999.Sudjana. 1992. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.Suharsimi, Arikunto. 1999. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.Sutrisno, Hadi. 1992. Metodhologi Research, Jilid 1, Cetakan IV. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM