Strategi Pengembangan
Main Article Content
Abstract
Strategi pengembangan merupakan tahap awal perencanaan manajemen sekolah. Untuk bisa
mendukung kegiatan sekolah dalam mencapai tujuannya, maka strategi pengembangan perlu
dilakukan. Dengan demikian strategi pengembangan SMA Terbuka merupakan implementasi
dukungan agar pengelola SMA Terbuka dapat melaksanakan kegiatannya.
Tujuan tesis ini adalah ingin mengetahui strategi pengembangan SMA Terbuka Moga
Kabupaten Pemalang yang memusatkan pada tiga masalah utama : (1) bagaimana strategi
pengembangan SMA Terbuka Moga, (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pengembangan SMA
Terbuka Moga dilaksanakan, (3) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam
strategi pengembangan SMA Terbuka Moga.
Dalam penelitian ini digunakan pendekatna kualitatif yang berbentuk studi ekploratif, data
dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumen. Sampel diambil dengan menggunakan
teknik bola salju (Snaw ball sampling techniques) data diperoleh dengan cara triangulasi,
pemeriksaan responden, dan penilaian sasaran penelitian. Tahapan penelitian (1) reduksi data, (2)
penyajian data, (3) penarikan kesimpulan.
Dalam strategi pengembangan SMA Terbuka sudah menunjukkan manajemen pendidikan yang
professional, sesuai dengan konsep awal perintisan. Hal ini ditunjukkan dengan pelaksanaan kegiatan
yang diikuti dengan perencanaan,baik dalam strategi penerimaan / perekrutan siswa,
pengadministrasian, pelaksanaan kegiatan, dan penilaian serta pengawasan.
Disarankan agar strategi pengembangan SMA Terbuka Moga dilakukan dengan lebih efektif dan
efisien. Dari pengelola di sekolah induknya, jajaran Dinas Pendidikan, masyarakat, orang tua siswa,
dan seluruh stakeholder agar tetap menjalin koordinasi dengan baik.
Article Details
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Direktorat Dikmenum 2005. Pedoman Pengelolaan SMA Terbuka. Jakarta.
J. Bondi dan J Wiles. 2003. Supervisi Aquide To Practice. Columbus Dhio Publishing.
Nazir M, 1988. Metode Penelitian. Jakarta Onalia Indonesia.
Sukardi Jazuli, 2006. Penelitian Kualitatif Naturalistik Dalam Pendidikan. Yogyakarta Usaha
Keluarga.