Mengoptimalkan Hasil Belajar Geografi Dengan Concept Mapping Bervisi Sets pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA N 1 Warureja Kabupaten Tegal
Main Article Content
Abstract
Penerapan metode concept mapping bervisi SETS untuk meningkatkan hasil
belajar siswa. Data bersumber dari nilai ulangan harian, observasi dan wawancara. Data
dikumpulkan dengan teknik tes dan nontes yang diuji dengan validitas konten. Hasil
penelitian membuktikan bahwa metode concept mapping bervisi SETS dapat
meningkatkan hasil belajar. Pada pra siklus siswa yang mendapat nilai kriteria minimal
baik sebanyak 13,33% naik menjadi 50% pada siklus I dan 73,33% pada siklus II. Jumlah
siswa yang mendapat nilai sangat baik pada pra siklus nol persen dan pada siklus I
menjadi 3,33% dan 6,67% pada siklus II. Disimpulkan bahwa metode concept mapping
bervisi SETS dapat mengo-ptimalkan hasil belajar siswa kelas XI IPS.2 SMA Negeri 1
Warureja dan disarankan agar guru selalu berinovasi memberikan pembelajaran yang
kontekstual.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
Jakarta: Ciputat Press.
Binadja, A. 2002. Hakekat dan tujuan
pendidikan SETS dalam kontek
kehidupan dan pendidikan yang
ada. Makalah Seminar dan
Lokakarya Nasional. Colburn. 2010.
An inquiry primer, science scope.
Journal of Science Education, 22
(4): 42-44.
Dahar, Ratna Wilis. 1998. Teori-teori
Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Dewanto. 2005. Tinjauan Filosofis dan
Praktis Metodologi Penelitian.
Semarang: Unnes Press.
Munthe, Bermawi.2011. Desain
pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Insan Madani
Sardiman, AM. 2005. Interaksi dan
Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta :
PT Raja Grafindo Persada.
Sharan, S. 1980. Cooperative learning in
small groups: recent methods and
effects on achievement, attitudes,
and ethnic relations. Review of
educational Research, 50, 241 –
258. [versi elektronik].
Suhandini, Purwadi. 2009. Penginderaan
Jauh Dalam Pembelajaran Geografi
di Sekolah dan PT. Makalah
Seminar Nasional Peranan
Penginderaan Jauh dalam
Pembelajaran Geografi.
Disampaikan tanggal 29 Januari.
UNNES-LAPAN.
Suparwoto. 2004. Kemampuan Dasar
Mengajar. Yogyakarta : FIP
Universitas Negeri Yogyakarta.
Supriyono. 2008. Penilaian hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung : PT
Remaja Rosda Karya.
Tjahjono, Heri, dkk, 2008. Pelatihan
Materi SIG Bagi Guru-Guru SMA di
Kabupaten Demak, Lembaga
Pengabdian Masyarakat Unnes.
Trianto. 2007. Model-model
Pembelajaran Inovatif Berorientasi
Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Vanides, Jim. 2005 Using Concept Maps
in the Science Classroom. Jurnal
Nasional Science Teacher
Association (NSTA), 28 (8), 2731