Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pengembangan kurikulum pada guru mata pelajaran IPS khususnya guru mata pelajaran Ekonomi dan Sejarah di SMA Negeri Salatiga. Deskripsi pengembangan kurikulum diidentifikasi berdasarkan: (1) Kepatuhan langkah-langkah urgensi dan pemahaman pengembangan kurikulum, (2) Kelengkapan dokumen hasil pengembangan, dan (3) Ketepatan dan kesesuaian isi dokumen pengembangan kurikulum. Kemampuan deskripsi untuk berkembang dinyatakan secara kuantitatif dalam lima tingkatan; Sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kesesuaian langkah, pemahaman urgensi, dan gambaran proses pengembangan kurikulum semakin tinggi tingkat langkah pengembangan kurikulum semakin sedikit jumlah guru yang melakukan, dan jika dilakukan umumnya dilakukan secara berkelompok, dan dalam umumnya guru belum memahami urgensi untuk semua langkah pengembangan kurikulum (2) dalam hal kelengkapan pengembangan kurikulum, pada umumnya guru membuat dokumen pengembangan perangkat lunak yang lengkap sesuai butir-butir yang ada dalam format silabus dan RPP, ( 3) kesesuaian dan keakuratan dokumen hasil pengembangan kurikulum; Secara umum kemampuan pengembangan silabus dalam kategori rendah, pengembangan RPP dalam kategori cukup, kurang, dan kurang tepat. Hasil penelitian tersebut menggambarkan bahwa, kurangnya pemahaman guru tentang urgensi pengembangan kurikulum telah berdampak buruk pada kemampuan guru untuk mengembangkan silabus dan RPP. Demikian pula dengan hasil pengembangan kurikulum yang tidak diikuti dengan ketepatan dan kejelasan silabus dan RPP, juga mengisyaratkan bahwa pengembangan kurikulum belum dimaknai sebagai bagian dari tanggung jawab profesionalnya.

Keywords

Pengembangan Kurikulum Kualitas Guru Profesionalitas Guru

Article Details

References

  1. Depdiknas. 2007. Materi sosialisasi dan
  2. Pelatian Kurikulum Tingkat satuan
  3. Pendidikan (KTSP).Jakarta: Depdiknas.
  4. Hamalik, O. 1995. Kurikulum dan
  5. Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Mulyasa, E.2009, Implementasi Kurikulum
  7. Tingkat Satuan Pendidikan –
  8. Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah,
  9. Jakarta : Bumi Aksara
  10. Nasution, S.2008, Kurikulum dan Pengajaran,
  11. Bandung : Bumi Aksara
  12. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005
  13. tentang Standar Pendidikan Nasional.
  14. Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2008
  15. Tentang Guru.
  16. Sudjana, N. 2005. Pembinaan dan
  17. Pengembangan Kurikulum di Sekolah.
  18. Bandung: Sinar Baru
  19. Sugiyono. 2011. Metoda Penelitian Kuantitatif
  20. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  21. Syaodih, Nana 2010, Pengembangan
  22. Kurikulum – Teori dan Praktek,
  23. Bandung: Remaja Rosdakarya