Main Article Content

Abstract

Seiring tuntutan jaman, pembelajaran matematika perlu dilakukan dengan pengalaman yang
ada disekitar siswa. Hal ini erat kaitannya dengan upaya menjadikan matematika sebagai dasar
untuk menumbuhkan jiwa kewirusahaan. Jiwa kewirausahaan adalah upaya seseorang dalam
mengembangkan kemampuan berbisnis atau berwirausaha untuk mendapatkan hasil sesuai dengan
prisnsip ekonomi.
Proses pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan berbagai model inovatif sehingga
dapat menumbuhkan minat dan kemampuan matematika siswa. Salah satu model inovatif tersebut
adalah model Role Playing yang berlatar perdagangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inovatif terhadap
peningkatan kemampuan matematika dan mengetahui pengaruh model pembelajaran inovatif
terhadap jiwa kewirausahaan. Untuk mencapai tujuan dilakukan tes kemampuan awal, angket jiwa
kewirausahaan dan tes kemampuan matematika.
Hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran inovatif terhadap kemampuan
matematika dan pembentukan jiwa kewirausahaan

Keywords

Metode Inovatif Role Playing Kemampuan Matematika Jiwa Kewirausahaan

Article Details

References

  1. Budiyono. 2003. Metodologi PenelitianPendidikan. Surakarta: UNS Press.
  2. ------------. 2009. Statistik untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
  3. ------------. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS.
  4. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun
  5. 2003 TentangSistemPendidikanNasional (Sisdiknas). Bandung: Citra Umbara.
  6. Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Membengun Jiwa Kewirausahaan (Modul 1). 13
  7. Desember 2013
  8. -------------------------------------------. 2013. Kurikulum 2013Kompetensi Dasar Sekolah Menengah
  9. Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta
  10. Britishcoucil.Kewirausahaan Sosial Berbasis Sekolah. www.britishcouncil.or.id
  11. Martinis Yamin. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta:Gaung Persada.
  12. Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  13. Purwo Susongko. 2010. Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal
  14. Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta:
  15. Prestasi Pustaka.
  16. Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:RinekaCipta