Pengaruh Model Pembelajaran Inovatif Terhadap Kemampuan Matematika dan Pembentukan Jiwa Kewirausahaan

Main Article Content

Wikan Budi Utami
Rizqi Amaliyakh Sholikhah
Munadi

Abstract

Seiring tuntutan jaman, pembelajaran matematika perlu dilakukan dengan pengalaman yang
ada disekitar siswa. Hal ini erat kaitannya dengan upaya menjadikan matematika sebagai dasar
untuk menumbuhkan jiwa kewirusahaan. Jiwa kewirausahaan adalah upaya seseorang dalam
mengembangkan kemampuan berbisnis atau berwirausaha untuk mendapatkan hasil sesuai dengan
prisnsip ekonomi.
Proses pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan berbagai model inovatif sehingga
dapat menumbuhkan minat dan kemampuan matematika siswa. Salah satu model inovatif tersebut
adalah model Role Playing yang berlatar perdagangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inovatif terhadap
peningkatan kemampuan matematika dan mengetahui pengaruh model pembelajaran inovatif
terhadap jiwa kewirausahaan. Untuk mencapai tujuan dilakukan tes kemampuan awal, angket jiwa
kewirausahaan dan tes kemampuan matematika.
Hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran inovatif terhadap kemampuan
matematika dan pembentukan jiwa kewirausahaan

Article Details

Section
Articles

References

Budiyono. 2003. Metodologi PenelitianPendidikan. Surakarta: UNS Press.
------------. 2009. Statistik untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
------------. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun
2003 TentangSistemPendidikanNasional (Sisdiknas). Bandung: Citra Umbara.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Membengun Jiwa Kewirausahaan (Modul 1). 13
Desember 2013
-------------------------------------------. 2013. Kurikulum 2013Kompetensi Dasar Sekolah Menengah
Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta
Britishcoucil.Kewirausahaan Sosial Berbasis Sekolah. www.britishcouncil.or.id
Martinis Yamin. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta:Gaung Persada.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwo Susongko. 2010. Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal
Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:RinekaCipta