Pengaruh Model Pembelajaran Inovatif Terhadap Kemampuan Matematika dan Pembentukan Jiwa Kewirausahaan
Main Article Content
Abstract
Seiring tuntutan jaman, pembelajaran matematika perlu dilakukan dengan pengalaman yang
ada disekitar siswa. Hal ini erat kaitannya dengan upaya menjadikan matematika sebagai dasar
untuk menumbuhkan jiwa kewirusahaan. Jiwa kewirausahaan adalah upaya seseorang dalam
mengembangkan kemampuan berbisnis atau berwirausaha untuk mendapatkan hasil sesuai dengan
prisnsip ekonomi.
Proses pembelajaran matematika dapat dilakukan dengan berbagai model inovatif sehingga
dapat menumbuhkan minat dan kemampuan matematika siswa. Salah satu model inovatif tersebut
adalah model Role Playing yang berlatar perdagangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inovatif terhadap
peningkatan kemampuan matematika dan mengetahui pengaruh model pembelajaran inovatif
terhadap jiwa kewirausahaan. Untuk mencapai tujuan dilakukan tes kemampuan awal, angket jiwa
kewirausahaan dan tes kemampuan matematika.
Hasil penelitian terdapat pengaruh model pembelajaran inovatif terhadap kemampuan
matematika dan pembentukan jiwa kewirausahaan
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
References
------------. 2009. Statistik untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.
------------. 2011. Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 Tahun
2003 TentangSistemPendidikanNasional (Sisdiknas). Bandung: Citra Umbara.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Membengun Jiwa Kewirausahaan (Modul 1). 13
Desember 2013
-------------------------------------------. 2013. Kurikulum 2013Kompetensi Dasar Sekolah Menengah
Pertama (SMP) / Madrasah Tsanawiyah (MTs). Jakarta
Britishcoucil.Kewirausahaan Sosial Berbasis Sekolah. www.britishcouncil.or.id
Martinis Yamin. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta:Gaung Persada.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwo Susongko. 2010. Penilaian Hasil Belajar. Tegal: Universitas Pancasakti Tegal
Sofan Amri dan Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:RinekaCipta