Desain Educaplay pada Materi Pecahan dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Sih Yunika Purbawati
Sri haryani
Noening Andrijati
Sudarmin
Sri Wardani
Wahyu Lestari

Abstract

Pelajaran matematika masih menjadi salah satu momok dalam pembelajaran. Matematika masih dianggap sulit untuk dipahami. Permasalahan dalam pembelajaran matematika salah satunya adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa sekolah dasar. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan sangat memengaruhi jalannya proses belajar-mengajar. Media pembelajaran berbasis Educaplay adalah media yang mengintegrasikan berbagai elemen media seperti teks, audio, gambar, animasi, dan video, dan menyatukannya dengan permainan edukatif ke dalam satu sistem yang terpadu. Pemanfaatan game Educaplay ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa pada materi pecahan siswa sekolah dasar. Hasil pembahasan menunjukkan peningkatan yang berarti dalam kemampuan menyelesaikan masalah matematika pada kelompok yang mengikuti percobaan dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Article Details

Section
Articles

References

Lutfia, Ainaya Hanum. 2023. Analisis pemanfaatan game edukasi Math Playground pada pembelajaran matematika di kelas 1 materi pengurangan. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722X Volume 09 Nomor 02.
Pratiwi, Rahmi & Edwin Musdi. 2021. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika Vol. 10 No. 1 Hal 85-91.
Hayati, Rahmi dkk. 2023. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Volume 12, No. 1.
Tampubolon, Rosida & Nurliani Manurung. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inspiratif, Vol. 8, No. 2.
Maulidia, Rizky dkk. 2023. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Permainan Edukatif untuk Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 SD. Jurnal ELSE (Elementary School Education Journal) Vol.7 No.2.
OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.
STYAWATI, Rina Dwi, et al. 2017. Profil kemampuan literasi matematika siswa berkemampuan matematis rendah dalam menyelesaikan soal berbentuk PISA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8.2: 33-42.
ARIFAH, Maulidiya Shilvi, et al. 2023. Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Pembelajaran Pa Cimakh untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN 2 Sumampir pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Journal of Professional Elementary Education, 2.2: 192-203.
CASTILLO PEÑA, Leidy Estefanya, et al. 2022. Incidencia de la herramienta de Educaplay en la comprensión de los fraccionarios en estudiantes de cuarto y quinto grado del club de tareas de San Bernardo Cundinamarca del barrio Santa Teresa.
GRAÇA, Vânia; QUADRO-FLORES, Paula; RAMOS, Altina. 2022. The Integration of the Digital Platform Educaplay in Interdisciplinary Paths in the 1st and 2nd Basic Education Cycles. Athens Journal of Education, 9.3: 377-391.
SAMAME NIZAMA, Denisse Ysabel. 2020. Actividades multimedia basada en educaplay para el desarrollo de la resolución de problemas en estudiantes de 2do grado de educación secundaria.
WIDARTI, Arif. 2023. Kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1.003: 2.
Kondalkar.2007.OrganizationalBehaviour.(http://www.iibms.org/pdf/Ebooks/Organizational%20Behaviour.pdf).
WIDARTI, Arif. 2013. Kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan masalah kontekstual ditinjau dari kemampuan matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1.003: 2.
WARDHANA, Ibnu Rizki; LUTFIANTO, Moch. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. Union, 6.2: 356818.
Achadiyah, L., Prastyo, D., & Rusminati, S. H. (2022). Analisis Kemampuan Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Luas dan Keliling Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 6237-6249.
Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 23-33.
Harahap, D. G. S., Nasution, F., Nst, E. S., & Sormin, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2089-2098.
Nashihah, D., Sulianto, J., & Untari, M. F. A. (2019). Klasifikasi kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo 02 Semarang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 203-209.
Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kesalahan siswa pada kategori kemampuan awal matematis rendah dalam penyelesaian tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(2).