Main Article Content
Abstract
Flow akademik siswa selama masa peralihan dari pandemi ke endemik dinilai masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui relasi antara self-efficacy, dukungan sosial teman sebaya, task commitment dan flow akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 451 siswa SMP di Kota Surakarta dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi R= 0,844 dengan p = (p < 0,05), artinya self-efficacy, task commitment, dan dukungan sosial teman sebaya memiliki hubungan signifikan terhadap flow akademik. Nili R2 sebesar 0,712 atau sebesar 71,2%, selebihnya dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Selanjutnya, self-efficacy memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap flow akademik dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis (H1) diterima. Dukungan sosial teman sebaya memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap flow akademik dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05 sehingga hipotesis (H2) diterima. Task commitment memiliki hubungan positif dengan flow akademik dengan signifikansi 0,000< 0,05 sehingga hipotesis (H3) diterima.
Kata Kunci: Dukungan sosial, flow akademik, self-efficacy, task commitment, teman sebaya
Keywords
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
With the receipt of the article by the Editorial Board of the Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan and it was decided to be published, then the copyright regarding the article will be diverted to Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan.
Cakrawala: Jurnal Ilmu Pendidikan hold the copyright regarding all the published articles and has the right to multiply and distribute the article under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
A copyright transfer from the author to the journal is done by filling out the copyright transfer form by the author.
Copyright Transfer Letter: Download
Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License