Main Article Content

Abstract

Flow akademik siswa selama masa peralihan dari pandemi ke endemik dinilai masih rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui relasi antara self-efficacy, dukungan sosial teman sebaya, task commitment dan flow akademik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 451 siswa SMP di Kota Surakarta dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi R= 0,844 dengan p = (p < 0,05), artinya self-efficacy, task commitment, dan dukungan sosial teman sebaya memiliki hubungan signifikan terhadap flow akademik. Nili R2 sebesar 0,712 atau sebesar 71,2%, selebihnya dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Selanjutnya, self-efficacy memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap flow akademik dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis (H1) diterima. Dukungan sosial teman sebaya memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap flow akademik dengan nilai signifikansi 0,000 <0,05 sehingga hipotesis (H2) diterima. Task commitment memiliki hubungan positif dengan flow akademik dengan signifikansi 0,000< 0,05 sehingga hipotesis (H3) diterima.


Kata Kunci: Dukungan sosial, flow akademik, self-efficacy, task commitment, teman sebaya

Keywords

-

Article Details